kota semarang

Wisata Sehari Keliling Kota Semarang

Wisata Sehari Keliling Kota Semarang. Ezytravelers, sudah banyak yang tahu kalau Semarang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Bagi kalian yang ingin berlibur tapi nggak mau jauh-jauh keluar kota, cobain deh wisata sehari keliling kota Semarang. Meski hanya di dalam kota, kalian akan tetap merasakan pengalaman yang seru. Kalian bisa menyusuri tempat-tempat ngehits yang menjadi andalan wisata di Semarang.

Beberapa destinasi wisata dalam kota Semarang yang bisa kalian pilih, diantaranya :

Kawasan Kota Lama

Tak bisa dimungkiri, kawasan kota lama Semarang termasuk salah satu destinasi wisata favorit di Semarang. Bukan hanya bagi pelancong tapi juga bagi warga Semarang sendiri. Kawasan kota lama Semarang disebut juga Outstadt. Luas kawasan ini sekitar 31 hektare dan terlihat  seperti terpisah dengan daerah sekitarnya, sehingga nampak seperti kota tersendiri. Kawasan ini merupakan saksi bisu sejarah Indonesia masa kolonial Belanda selama lebih dari 2 abad. Lokasinya berdampingan dengan kawasan ekonomi dan ada sekitar 50 bangunan kuno yang masih berdiri dengan kukuh dan mempunyai sejarah kolonialisme di Semarang. Dalam satu kawasan terdapat beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya Taman Srigunting, Gereja Blenduk, Pasar Klithikan, Gedung Marba, Gedung Marabunta hingga 3D Trick Art Museum. Banyak bangunan-bangunan peninggalan Belanda masih berdiri kokoh di sana. Tak salah bila kawasan kota lama dijuluki “Little Netherland” karena banyaknya bangunan-bangunan bergaya arsitektur Eropa. Berkeliling kawasan kota lama ini bisa membuat kalian memperoleh kepuasan ganda. Selain melihat bangunan-bangunan bersejarah kalian juga bisa mendapat banyak spot untuk berfoto.

wisata kota semarang

Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan Belanda yang dulunya berfungsi sebagai gedung kantor perusahaan kereta api. Gedung berlantai tiga ini bergaya art deco dan merupakan karya arsitek Belanda ternama yaitu Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Bangunan ini  karena memiliki banyak pintu dan jendela yang berukuran tinggi sehingga masyarakat menyebutnya lawang sewu (pintu seribu). Padahal jumlah pintunya nggak ada sewu (seribu), sih. Lawang Sewu yang kini sudah dipugar sehingga tampil lebih cantik dan bersih ini mulai dibuka untuk umum tahun 2011 lalu. Sudah banyak event yang digelar di sana. Wisatawan baik domestik maupun mancanegara pasti menyempatkan datang ke Lawang Sewu ini meski hanya sekedar mengambil gambar. Lawang Sewu kini seolah melepaskan diri dari image bangunan menyeramkan menjadi bangunan bersejarah yang indah. Lawang Sewu dibuka setiap hari dari pagi hingga malam hari. Oh iya, di seberang Lawang Sewu ada sebuah tugu yang menjadi ikon kota Semarang yaitu Tugu Muda. Kalian juga bisa duduk-duduk di tamannya. Tapi ingat, jaga kebersihan ya.

wisata kota semarang

Klenteng Sam Poo Kong

Menurut sejarah, klenteng Sam Poo Kong dahulu merupakan tempat persinggahan dari Laksamana Ceng Ho, seorang laksamana muslim dari negeri Cina. Klenteng Sam Poo Kong terletak di daerah Simongan, Semarang Barat. Nggak terlalu jauh sih, dari Lawang Sewu. Seperti halnya bangunan klenteng, Sam Poo Kong yang didominasi warna merah ini kini dijadikan sebagai tempat persembahyangan bagi masyarakat Kong Hu Cu. Meski Laksamana Ceng Ho seorang muslim, tetapi patungnya tetap berada di dalam area klenteng karena menurut kepercayaan Tau, arwah orang meninggal dapat memberikan pertolongan. Klenteng Sam Poo Kong ini dibuka untuk umum, tapi kalian hanya bisa masuk ke area tertentu saja ya, karena klenteng ini masih digunakan sebagai tempat peribadatan. Setiap bulan Agustus di Klenteng Sam Poo Kong selalu diadakan festival untuk mengenang kedatangan Laksamana Ceng Ho di Semarang. Biasanya sih, festival ini juga di warnai dengan bazar, pawai dan juga festival barongsai.

wisata kota semarang

Saatnya explore Semarang! Ambil promo Tiket pesawat ke Semarang dan Hotel di Semarang yang murah banget. Bisa juga nih kalau mau tour murah keliling dunia, cek di: Paket tour murah

Puri Maerokoco

Salah satu destinasi wisata kota Semarang yang saat ini sedang naik daun adalah Puri Maerokoco. Apalagi kalau bukan karena treking hutan mangrove-nya yang sangat Instagramable. Sebenarnya Puri Maerokoco adalah taman mininya Jawa Tengah dimana di dalamnya terdapat 35 anjungan kabupaten dan kota se Jawa Tengah. Puri Maerokoco diharapkan menjadi tempat rekreasi sekaligus edukasi  untuk memperkenalkan Jawa Tengah bagi masyarakat. Selain anjungan kota/ kabupaten se Jawa Tengah, Puri Maerokoco juga memiliki arena bermain anak dan beberapa fasilitas lain yang bisa digunakan untuk mengadakan event atau kegiatan.

wisata kota semarang

Treking menyusuri hutan mangrove termasuk salah satu yang baru dari Puri Maerokoco. Rupanya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Yang jelas, pengelola Puri Maerokoco kini tengah berjuang untuk membuat Puri Maerokoco menjadi destinasi wisata yang mampu menarik banyak pengunjung untuk datang kesana. Terbukti, kini makin banyak pengunjung yang datang ke Puri Maerokoco yang memiliki suasana dan wajah baru.

Mengisi waktu liburan tak hanya bisa dilakukan dengan pergi ke luar kota atau ke destinasi wisata yang jauh saja. Melakukan wisata sehari di dalam kota pun bisa menjadi salah satu kegiatan yang seru dan memberikan pengalaman yang mengesankan. Selain bisa lebih mengenal potensi wisata kota Semarang, kita juga bisa liburan lebih hemat, kan.

Nah Ezytravelers, mau wisata keliling kota Semarang?

Wisata Sehari Keliling Kota Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 526 times, 3 visits today)


About

Blogger yang pengen jadi "traveller". Suka baca, musik dan kopi.


'Wisata Sehari Keliling Kota Semarang' have 2 comments

  1. April 17, 2017 @ 12:53 pm Nyi Penengah Dewanti

    Yokk jalan-jalan bareng Kak

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool