Wisata Sejarah: 8 Bangunan Karya Insinyur Thomas Karsten di Semarang (2)

Wisata Sejarah: 8 Bangunan Karya Insinyur Thomas Karsten di Semarang (2)
5 (100%) 1 vote

Di masa mudanya, Thomas Karsten memilih menimba ilmu di Technische Hogeschool di Delft, Belanda yang merupakan tempat belajar orang-orang muda yang mempunyai keinginan memperbaiki kondisi sosial masyarakat. Pada tahun 1904 Thomas Karsten terlibat proyek pembangunan rumah rakyat di Amsterdam yang saat itu menjadi satu-satunya kota industri di Belanda. Hingga pada 1914 Thomas Karsten mendapat undangan dari temannya semasa kuliah untuk datang ke kota Semarang, dan di kota inilah Thomas Karsten menemukan tempat yang sesuai untuk merealisasikan ide-idenya di bidang perencanaan kota.

Stop Baca! Supaya Lebih Paham Baca Dulu Wisata Sejarah Part 1 nya

Setelah membaca artikel saya sebelumnya di “Wisata Sejarah: 8 Bangunan Karya Insinyur Thomas Karsten di Semarang (1)”, pada artikel ini akan saya lanjutkan membahas 4 bangunan lainnya karya Ir. Herman Thomas Karsten.

5. Zustermaatschappijen de Semarang (sekarang Kantor PT KAI Daop IV)

kantor pt kai daop 4

Kantor PT Kereta Api Daerah Operasi IV Semarang (DAOP IV SM) adalah salah satu daerah operasi perkeretaapian Indonesia yang berada di bawah Direksi PT Keretea Api Indonesia. Bangunan yang berlokasi di Jalan M.H. Thamrin Semarang ini adalah salah satu hasil karya Ir. Herman Thmas Karsten di Semarang. DAOP IV Semarang kini memiliki enam stasiun besar di bawah kendalinya, yaitu Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Bojonegoro, dan Stasiun Cepu. Sementara itu untuk stasun kereta api kelas menengah di antaranya adalah Stasiun Kedungjati, Stasiun Gambringan, Stasiun Weleri, Stasiun Comal, dan Stasiun Pemalang.

6. Djakarta Llyod Stoomvart Nederland (Kantor PT Persero)

jktloyd1

Salah satu wisata sejarah yaitu Djakarta Lloyd ini bisa kita temukan di Jl. Mpu Tantular 23, Bandarharjo, Semarang Utara, Kota Semarang, masih dalam kawasan Kota Lama Semarang. Gedung ini dirancang oleh Ir. Thomas Karsten pada tahun 1930. Bangunan ini terdapat bagian yang berlantai dua dan berlantai tiga. Atap bangunannya berbentuk limasan dan bahan penutup atapnya adalah genting yang didatangkan dari Belanda. Salah satu ikon unik terdapat pada bagian daun pintu yaitu lubang angin berbentuk bintang di bagian atas.

Old Semarang wisata sejarah

Stoomvaart Maatschappij Nederland (SMN) merupakan salah satu perusahaan pelayaran terbesar di Belanda dan berkantor di Djakarta Lloyd. Perusahaan ini merupakan salah satu yang tertua dan terbesar di antara perusahaan pelayaran lainnya yang didirikan untuk memenuhi permintaan transportasi laut yang meningkat secara signifikan dari Asia ke Eropa setelah pembukaan Terusan Suez pada tahun 1869.

Stoomvaart Maatschappij Nederland juga melayani transportasi umum dari dan menuju Hindia Belanda. Ratusan ribu pekerja perkebunan, pengusaha, tentara, pejabat dan wisatawan dengan keluarga mereka melakukan pelayaran menggunakan jasa perusahaan ini.

SMN mengakhiri masa kejayaannya di Hindia Belanda setelah kemerdekaan dan kemudian dinasionalisasi menjadi Djakarta Lloyd. Sementara itu di Belanda, SMN berhenti beroperasi pada tanggal 20 Januari 1970 setelah bermerger dengan perusahaan lainnya dan berganti nama menjadi Koninkljke Nedlloyd sampai sekarang.

7. Rumah Sakit St. Elizabeth

rs elizabeth

Sekitar tahun 1920an kota Semarang hanya memiliki 2 rumah sakit yaitu Central Burgelijk Zienkenhuis (CBZ) yang merupakan rumah sakit pemerintah (sekarang RS dr.Kariadi) dan Juliana Zienkenhuis yang merupakan rumah sakit milik swasta (sekarang RS Bhakti Wira Tamtama). Namun kedua rumah sakit tersebut sudah tidak mampu lagi menampung orang sakit yang semakin banyak jumlahnya. Maka dari itu para suster OSF berupaya mewujudkan cita-citanya untuk mendirikan rumah sakit Katolik di kota Semarang.

Hingga pada tanggal 3 September 1923 setelah dana terkumpul lalu digunakan untuk membeli sebidang tanah bekas kuburan Tionghoa seluas 34.000 m2 di daerah perbukitan Candi Baru. Bisa kita bayangkan saat itu kawasan Candi masih tenang dengan pemandangan yang sangat indah. Pembangunan dilaksanakan oleh 3 kontraktor dan melibatkan Ir. Thomas Karsten. Pembangunan gedung rumah sakit selesai pada 8 Agustus 1927 dengan menempatkan 50 tempat tidur dan peralatan lainnya.

sejarah4 rs elizabeth

Pada 18 Oktober 1927 RS St. Elisabeth resmi dibuka oleh Mgr. Van Velsen, SJ didampingi Rm. P. Hoeberechts, SJ dan Residen Semarang Van Gulk. Namun pada saat pendudukan Jepang, RS St. Elisabeth dijadikan kantor militer, para suster Belanda ditawan hingga menelan korban jiwa. RS St. Elisabeth diserahkan kembali pada 1 September 1945 dalam keadaan porak poranda dan kekuarangan tenaga. Para suster harus bekerja keras untuk menghidupkan kembali pelayanan di RS St. Elisabeth hingga akhirnya bisa kita nikmati hingga saat ini.

8. Taman Diponegoro

wisata sejarah taman diponegoro

Kawasan Taman Diponegoro, yang masa itu disebut Raadsplein mulai dibangun pada tahun 1925 menjadi pusat dari kawasan pemukiman Candi Baru. Taman ini berbentuk persegi panjang denan ukuran 50×15 meter, dengan bagian tengah terdapat plaza berbentuk bulat. Hingga saat ini kondisi taman masih dipertahankan dengan pohon-pohon yang tertata untuk menambah kesejukan lingkungan dengan memanfaatkan kondisi topografis alami. Taman Diponegoro merupakan pertemuan dari Jalan Sultan Agung, Jalan S. Parman, Jalan Diponegoro, Jalan Kawi, Jalan Argopuro dan Jalan Telomoyo.

Melalui bangunan-bangunan dan perencanaan kota karya Thomas Karsten kita bisa mengenal lebih dekat dengan kota Semarang serta gagasan-gagasan yang disampaikan Ir. Thomas Karsten, sekaligus mengetahui bahwa Semarang memiliki sejarah besar di masa lalu. Mungkin kamu bisa berkunjung langsung di tempat-tempat yang disebutkan di atas untuk mendapatkan pengalaman langsung. Selamat wisata sejarah di Kota Semarang!

Menarik Kan? Pesan Tiket Pesawat ke Semarang sekarang dan Dapatkan Paket Wisata-nya!!

Source:
Sejarahsemarang.wordpress.com| Seputarsemarang.com | Pekakota.or.id | Joharku.blogspot.com | idsejarah.net | picnesia.blogspot.co.id | pamboedifiles.blogspot.co.id
foto:
tribunnews.com | siary.wordpress.com | pasarsemarang.ssndoc.com | rs-elisabeth.com | jalan2.com

(Visited 381 times, 1 visits today)


About

blogger, social media strategist, dan fanboy DC.


'Wisata Sejarah: 8 Bangunan Karya Insinyur Thomas Karsten di Semarang (2)' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool