Yang Terselamatkan Dari Keraton Islam Yang Tak Terlacak

Jalan- jalan ke Demak sebagai tour lanjutan saat wisata ke Semarang akan sekaligus mendapat paket museumnya ketika berkunjung ke Masjid Agung.

Berada di sisi utara masjid, museum ini merupakan bangunan baru yang didirikan sekitar empat tahun lalu. Pada awalnya berupa museum mini yang terletak di area pemakaman Sultan Fatah dan kerabatnya.  Waktu itu hanya bisa mewadahi beberapa prasasti, miniatur masjid, beberapa gentong dan bedug kuno, serta beberapa serat. Sedangkan serpihan soko tatal karena besar dan panjang, terpaksa hanya bisa diletakkan terbujur di seberang selatan museum mini ini, dipagari besi tanpa pengaman kaca dan semacamnya. Akibatnya benda-benda peninggalan sejarah dan artefak  yang berhubungan langsung dengan udara luar ini terancam semakin rusak.

Museum Masjid Agung Demak

Yang sebenarnya secara arsitektural, letak dan bentuk museum ini kurang sesuai. Selain mengurangi ruang pandang bagi Masjid Agung sebagai bangunan utama, juga desainnya biasa saja. Tapi baiklah, mungkin untuk sementara ini museum ini berguna untuk menyelamatkan dan melindungi artefak sejarah.

Berikut beberapa peninggalan Wali Songo dan kerajaan Demak yang bisa kita saksikan dalam museum ini.

 

Masjid Agung Demak

Bagian yang sudah rapuh dari empat soko guru di dalam Masjid Agung Demak, diamankan di dalam museum ini. Kita juga bisa melihat serpihan soko tatal yang sebagian juga sudah diangkut ke sini. Meskipun jika kita naik ke bagian dalam atas masjid, soko tatal asli masih bisa kita lihat dari atas.

Peta Masjid Agung Demak

Peta kompleks Masjid Agung Demak berikut kompleks makam dengan nama-namanya ada di dalam museum. Bersebelahan dengan bagan silsilah Wali Songo dan silsilah Sultan Fatah.

Masjid Agung Demak

Terdapat dua miniature Masjid Agung Demak. Yang pertama adalah yang dibawa dari museum lama, berbentuk miniature masjid dengan kondisi pertengahan sebelum pemugaran besar-besaran. Dan satu lagi miniature dengan bentuk masjid dalam kondisi yang lebih baru.

Koleksi Masjid Agung Demak

Jika ingin tahu lebih jauh seperti apa perkembangan fisik masjid dan lingkungannya, kita bisa melihat satu sisi dinding museum bagian barat. Di sana terpampang  gambar dan foto-foto Masjid Agung Demak dari masa ke masa. Sejak pertama kali didirikan hingga mengalami beberapa kali renovasi sampai dengan saat ini.

Gentong Kong Demak

Kalau kita ziarah ke areal makam , kadang kita menemukan sekelompok orang yang bergerombol  di sisi timur, dekat pagar masuk. Mereka sedang  antri untuk bisa mengambil dan meminum air dari dalam gentong yang diyakini bisa mendatangkan berkah atau semacamnya. (Wallahu a’lam bishshowab) Nah, gentong-gentong kuno yang dulunya juga untuk fungsi yang sama, kini bisa kita temui di dalam museum. Konon, sebagaimana piring-piring putri Campa yang kini menempel di dinding masjid, sebagian gentong ini juga berasal dari Cina.

Batu Besar di Masjid Agung Demak

Selain gentong, ada juga batu-batu besar  dengan cekungan di atasnya. Bentuk-bentuk serupa bisa kita temui berjajar di kolam antara masjid dan museum, yang dulu digunakan sebagai tempat wudhu.

Museum Masjid Agung Demak

TIKET MANADO KE SEMARANG

Di sisi barat museum kita bisa melihat serat-serat peninggalan Wali Songo dan Sultan Fatah dan mushaf Alquran tulisan tangan yang ukurannya lumayan besar.

Koleksi Museum Masjid Agung Demak

Yang Terselamatkan Dari Keraton Islam Yang Tak Terlacak
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,085 times, 1 visits today)


About

penikmat hujan, pecinta purnama.


'Yang Terselamatkan Dari Keraton Islam Yang Tak Terlacak' have 2 comments

  1. March 29, 2015 @ 8:46 am Hidayah Sulistyowati

    Aku sering banget numpang shalat di Masjid Agung, tapi gak pernah mampir ke museumnya tuh mbak. Harus kesana lagi nih 🙂

    Reply

    • April 4, 2015 @ 3:54 am dian

      oh iyakah? berarti kapan-kapan harus mengunjungi museum ini, mbak 🙂

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool