french-fries

Tahukah Kamu Asal French Fries dari Negara Mana?

Total
1
Shares

French fries sangat ahli dalam memikat peminatnya. Terbukti semua orang menyukainya, mulai dari anak-anak sampai yang sudah berumur pun juga menyukainya.

Rasanya yang gurih dan crunchy membuat lidah tak berhenti memakannya. Makanan ini juga dapat dimakan kapan pun.

Tapi dari negara mana sebenarnya french fries berasal? French fries atau kentang goreng tidak berasal dari Amerika, tidak juga dari Perancis.

Padahal dari namanya saja, kalian akan menganggap french fries dari Perancis ya? French memang bahasa yang digunakan negara Perancis, tapi bukan berarti berasal dari sana.

Pelopor atau biang keladi pembuat kentang goreng pertama ternyata adalah Belgia. Wow, di luar dugaan kan Sobat Hello?

French Fries Deliciouse

french-fries

Menurut penuturan sejarawan Belgia bernama Jo Gerard, resep kentang goreng ini sudah ada di Belgia sejak tahun 1680.

Dahulu penduduk miskin yang berada di lembah sungai Meuse, mempunyai kebiasaan makan ikan kecil yang digoreng.

Tapi saat ikan kecil tak ada akibat sungai membeku di musim dingin, sebagai gantinya mereka menggoreng kentang yang dipotong-potong panjang.

Dan pada tahun 1857, seorang pengusaha Belgia bernama Fritz yang menjual kentang goreng di pekan raya. Pada tahun 1862, gerai kentang goreng bernama Max en Fritz didirikan di kota Antwerp.

French Fries dari Belgia

Menurut cerita orang Belgia, tentara Inggris yang datang ke Belgia saat Perang Dunia I sempat mencicipi kentang goreng buatan orang Belgia dan menamakannya “French,” karena pada waktu itu bahasa Perancis merupakan bahasa resmi di ketentaraan Belgia.

Asumsi lainnya menyebutkan bahwa kata “French” pada “French fries” ini berasal dari “to french” yang mempunyai arti memotong sesuatu dengan bentuk memanjang.

Jadi, maksud dari french fries adalah hasil gorengan kentang dengan bentuk potongan memanjang.

Tapi karena french fries dikenal banyak orang dari Perancis, sekarang Belgia ingin orang lain mengakui kalau french fries merupakan milik mereka melalui kampanye.

Kampanye dimulai di bagian Flemish Belgia dan kini telah diperluas ke Prancis dan Jerman, dan berusaha untuk memasukkan french fries yang ditemukan di Belgia dalam salah satu warisan dunia UNESCO.

Kunjungi Juga:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
N Seoul Tower

Serunya Liburan Di Korea Selatan

Siapa yang tak suka dengan rekreasi. Waktu liburan merupakan waktu yang sangat dinanti-nantikan oleh setiap orang. Karena pada saat itulah mereka dapat sejenak melupakan kesibukan akibat aktivitas mereka sehari-hari dan…
Selengkapnya