Danau Toba

Menikmati Keindahan Danau Toba Sumatera Utara

Total
0
Shares

Jika berbicara mengenai Sumatera Utara. Hal yang pertama kali terpikirkan adalah suku bataknya, Ibu kotanya dan danau terbesarnya yaitu danau Toba.

Terlepas dari cerita Legenda Danau Toba, yang jelas danau ini adalah danau terbesar di Indonesia bahkan danau ini di klaim sebagai danau terbesar di Asia Tenggara.

Jika melihat luasnya saja danau ini mempunyai panjang mencapai 100 KM dengan panjang sebesar 30 KM.

Hal yang unik dari danau ini yaitu terdapat pulau kecil yang berada di tengah danau bernama Pulau Samosir. Keindahan danau yang patut Anda coba jika berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara.

Selain keindahan Danau Toba, kegiatan yang bisa kalian lakukan di sekitar danau adalah dengan cara menyebrangi danau menuju Pulau Samosir.

Keindahan Danau Toba akan semakin terlihat jika Anda berada di Pulau Samosir ini.

Desa Ambarita

Desa Ambarita

Berkunjung ke Pulau Samosir, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Desa Ambarita. Di sini banyak sekali peninggalan sejarah dari zaman Megalitikum.

Salah satunya yang bisa Anda temukan adalah batu yang berbentuk cobek besar. Selain itu, di desa Ambarita ini dulunya terdapat situ-situs yang cukup misterius.

Terdapat batu yang menjadi tempat eksekusi bagi para terdakwa yang terbukti bersalah yang diadili para tetua pada zamannya. Situs ini menjadi peninggalan sejarah dan sebagai bukti bahwa hukum Batak Kuno itu ada.

Desa Tomok

Desa Tomok

Desa kedua yang wajib Anda kunjungi bila di Pulau Samosir adalah desa Tomok. Desa Tomok juga memiliki peninggalan sejarah yang cukup banyak.

Salah satunya adalah terdapat makam Raja Sidabutar. Sebelum memasuki makam ini, Anda diwajibkan menggunakan kain Ulos (kain adat Batak).

Ketika Anda masuk ke dalam Makam Raja Sidabutar, kalian akan menemukan 3 peti batu yang tidak ditanam di dalam tanah, melainkan di atas permukaan tanah.

Kota Berastagi

Kota Berastagi
karokab.go.id

Jika Anda menikmati keindahan Danau Toba dan berkunjung ke Pulau Samosir, kalian akan melewati Kota Berastagi jika ingin kembali ke Kota Medan.

Selama perjalanan, kalian bisa berhenti di tempat wisata air terjun Si Piso-Piso yang terkenal sebagai air terjun tertinggi di Sumatera Utara.

Sesampainya di Kota Berastagi, Anda bisa ke pasar buah Kota Brastagi yang menjual berbagai macam buah dan oleh-oleh khas Sumatera Utara.

Danau Toba memang sudah terkenal dengan keindahannya. Danau yang terbesar di Asia tenggara ini menjadi alasan para wisatawan mengunjunginya!

Kunjungi Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like