Film drama

Fakta Unik Tentang Korea Selatan

Total
1
Shares

Dewasa ini tak jarang Korea Selatan menjadi incaran para wisatawan. Perkembangan yang dialami oleh Korea Selatan sangat berbeda dengan negeri saudaranya yang berada di utara yaitu Korea Utara.

Mungkin sedikit info Korea Utara yang dapat diketahui karena sangat tertutup dari sorotan pers internasional sehingga banyak orang yang lebih tertarik untuk mengunjungi Korea Selatan.

Profil Negara Korea Selatan

Lokasi Asia Timur
Ibu Kota Seoul
Bandara Incheon International Airport (ICN)
Bahasa Korea
Mata Uang Won (₩/KRW)
Zone Waktu UTC+9
Kode Telepon +82
Listrik  220V/60Hz (Stop kontak tipe C, F)

Cuaca di Korea Selatan
Musim Panas Juni-September 20-30°C
Musim Gugur September-November 10-25°C
Musim Dingin Desember-Maret (-4)-5°C
Musim Semi Maret-Juni 10-18°C

Kebudayaan, ciri khas dan fakta-fakta yang menarik dari Korea Selatan ini membuat negara yang mendapat julukan sebagai “Negeri Ginseng” ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai negara. Berikut berbagai fakta Korea Selatan yang menarik perhatian :

Negeri Operasi Plastik

Operasi plastik
Sumber: iyakan.com

Fakta Korea Selatan pertama adalah hadirnya tren boy band maupun girl band yang sangat nyentrik dari Korea Selatan membawa pengaruh yang besar bagi industri musik dan fashion di Indonesia.

Faktanya warga Korea Selatan memang sangat mengedepankan fashion. Pembedahan atau biasa disebut operasi plastik sudah tidak asing bagi warga Korea Selatan.

Bahkan untuk seorang siswa yang berprestasi mereka lebih memilih mendapat hadiah operasi plastik ketimbang dengan hadiah berupa gadget atau biasanya.

Orangtua mereka menghadiahkan anak yang sudah lulus dengan operasi plastik.

Model Rumah

Model rumah
Sumber: dekoruma.com

Rumah-rumah di Korea Selatan biasanya memiliki ruang bawah tanah yang dinamakan ondol atau gudeul. Ruangan ini berfungsi sebagai ruang penghangat apabila musim dingin tiba.

Dan tahukah Anda dalam hal memilih atau membangun rumah, orang Korea biasanya memiliki kepercayaan rumah yang dipilih harus berlawanan dengan gunung dan menghadap kearah selatan.

Hal ini bertujuan agar cahaya matahari masuk ke dalam rumah mereka.
Dalam hal berpakaian, gaya berpakaiannya disesuaikan dengan status sosial mereka. Pakaian adatnya disebut Hanbok.

Gaya Berbusana

Gaya busana
Sumber: idntimes.com

Gaya berbusana di Korea identik dengan perpaduan warna-warna yang mencolok namun serasi.

Orang Korea Selatan sangat pintar dalam mengkombinasikan busana yang hendak dipakai. Selain itu pasangan di Korea mempunyai kebiasaan berpakaian yang sama dengan pasangannya.

Disiplin Tinggi

Displin tinggi
Sumber: idntimes.com

Orang Korea juga terkenal kedisplinannya, seperti orang Jepang. Mereka sangat menghargai budaya antri dan tidak suka dengan kegaduhan.

Fakta Korea Selatan yang menarik lainnya dilihat dari segi pendidikan. Budaya dosen atau pengajar di Korea Selatan jika datang terlambat kurang dari 5 menit, dosen tersebut akan meminta maaf kepada mahasiswanya.

Bunuh Diri Akibat Stress

Bunuh diri
Sumber: voaindonesia.com

Banyak artis muda di Korea Selatan yang memutuskan untuk berkarir di dunia entertainment.

Sayangnya apabila mereka belum siap untuk menerima semua konsekuensinya dalam menaati peraturan yang sudah ditentukan, tidak jarang dari mereka yang mengalami depresi tinggi sehingga membuat banyak artis Korea yang memilih bunuh diri karena mengalami stress.

Tidak hanya di kalangan artis fenomena bunuh diri terjadi, dikalangan masyarakat biasa fenomena ini juga sering dijumpai karena depresi atas keadaan ekonomi.

Sampai akhirnya pemerintah Korea membuka kantor konsultasi untuk pengidap depresi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tren Korea Selatan yaitu bunuh diri.

Banyak Situs Sejarah

Situs sejarah
Sumber: korea.panduanwisata.id

Selain terkenal dengan budayanya yang unik dan menarik, fakta Korea Selatan lainnya yang menjadi daya tarik wisatawan adalah karena banyaknya tempat-tempat wisata Korea yang memiliki nilai sejarah yang menarik seperti Situs Dolmen Gochang, Hwasun dan Ganghwa.

Dolmen merupakan tempat kuburan dan pemujaan pada jaman megalitikum, neolitikum serta pada jaman perunggu. Ratusan kuburan kuno ada di tempat ini.

Selain itu destinasi Korea lainnya seperti pulau Jeju yang merupakan pulau terbesar di Korea.

Myeongdong yang terkenal sebagai tempat berlabuhnya para turis yang datang ke Korea Selatan.

Di sana terdapat tempat-tempat belanja yang menjual barang-barang mulai dari merek lokal sampai internasional.

Film Drama

Film drama
Sumber: soompi.com

Korea Selatan juga terkenal dengan produksi film yang bergenre drama. Serial drama yang diproduksi selalu berhasil mendobrak industri perfilman di Korea sendiri maupun di luar Korea.

Ini salah satu yang menarik perhatian para wisatawan untuk berwisata ke Korea Selatan.

Rasa penasaran untuk mengunjungi tempat-tempat yang sempat dijadikan sebagai lokasi syuting dari berbagai serial drama Korea membuat Korea Selatan mempunyai ketertarikannya sendiri.

Wajib Militer Bagi Kaum Pria

Wajib militer
Sumber: idntimes.com

Selain itu fakta Korea Selatan yang menarik lainnya adalah diwajibkannya pria asli Korea yang harus mengikuti wajib militer atau wamil.

Kegiatan wajib militer ini diikuti oleh pria berusia sekitar 18 – 27 tahun.

Wamil biasanya diadakan untuk meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, keberanian dan kemandirian pria itu sendiri.

Tak heran mengapa Korea Selatan menjadi destinasi yang dituju oleh para wisatawan.

Sistem kehidupan yang baik, kebudayaan yang bernilai serta tempat-tempat wisata yang indah membuat Korea Selatan semakin dipandang di mata para wisatawan.

BACA JUGA:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
N Seoul Tower

Serunya Liburan Di Korea Selatan

Siapa yang tak suka dengan rekreasi. Waktu liburan merupakan waktu yang sangat dinanti-nantikan oleh setiap orang. Karena pada saat itulah mereka dapat sejenak melupakan kesibukan akibat aktivitas mereka sehari-hari dan…
Selengkapnya