festival budaya Indonesia

8 Festival Budaya di Indonesia yang Dielukan Turis Mancanegara

Festival Budaya di Indonesia mempunyai daya tarik tersendiri karena memiliki keunikan yang tidak akan pernah ditemukan di negara-negara yang lain.

Di Indonesia sendiri festival selalu diselenggarakan pada momen-momen tertentu dan memiliki ciri khas tersendiri di tiap daerahnya.

Hal ini tidak lepas dari banyaknya suku adat di Indonesia yang menyebabkan banyaknya acara kebudayaan yang diselenggarakan dalam bentuk festival.

Perbedaan ini membuat festival menarik di Indonesia untuk disimak dan dinanti-nantikan.

Bahkan tidak sedikit turis mancanegara rela menyempatkan dirinya untuk hadir dan ikut langsung menyaksikan festival-festival di Indonesia.

Sudah tak terhitung lagi banyaknya festival di Indonesia yang diselenggarakan untuk menarik wisatawan mancanegara.

Banyaknya festival ini membuktikan bahwa Indonesia sangat kaya akan adat dan budaya sehingga mampu menjadi salah satu tempat tujuan terbaik di dunia.

Bahkan beberapa festival ini menjadi festival yang sudah diakui oleh dunia internasional untuk dipelajari dan dibuat penelitian tersendiri akan adanya festival tersebut.

Berikut ini beberapa festival manerik di indonesia yang menjadi primadona di kalangan turis mancanegara.

1. Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival

Pegunungan Dieng tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya. Daerah ini juga terkenal dengan atraksi wisata budayanya.

Dieng Culture Festival adalah event wisata tahunan yang banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat dan para travelers di seluruh pelosok negeri.

Festival ini biasanya tidak hanya dihadiri oleh wisatawan lokal namun juga wisatawan asing.

Festival ini biasanya diadakan di bulan Agustus selama 3 hari. Festival ini memiliki beragam rangkaian acara.

Beberapa diantaranya adalah Jazz Awan, Festival Lampion, kirab budaya, dan pemotongan rambut gimbal. Panggung di festival ini tidak hanya menampilkan music jazz.

Di lain waktu, panggung tersebut juga mempertontonkan musik anak muda, musik tradisional, dan wayang.

Salah satu hal yang menarik dari festival ini adalah upacara pemotongan rambut gimbal.

Anak-anak yang memiliki keistimewaan berupa rambut gimbal akan diruwat terlebih dahulu sebelum di potong rambutnya.

Potongan rambut ini nantinya akan dilarung di Telaga Warna.

Upacara pemotongan rambut ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jika salah melakukannya, rambut anak-anak ini malah akan semakin gimbal.

Selain diruwat, anak-anak ini juga akan diarak dengan kereta kuda.

Acara lain yang juga menarik perhatian ribuan penonton adalah Jazz di Atas Awan. Event music Jazz ini di isi oleh banyak musisi keren.

Sehingga tak heran jika banyak sekali penontonnya. Panggung acara musik ini dibangun di area Candi Arjuna. Walaupun area ini cukup luas tetapi biasanya tetap penuh sesak.

2. Festival Jazz Gunung

Festival Jazz Gunung

Festival Jazz Gunung ini diadakan di Gunung Bromo, tepatnya di desa Wonotoro, Sukapura, Probolinggo.

Festival ini awalnya di adakan pada tahun 2009. Acara ini di gagas oleh Butet Kartaredjasa, Djaduk Ferianto, serta Sigit Pramono.

Mereka memprakarsai festival ini karena ingin memadukan seni dan alam. Selain itu, mereka ingin agar para penonton festival ini dapat sedikit mempelajari kearifan alam pegunungan.

Festival budaya di Indonesia yang satu ini dilaksanakan di sebuah panggung terbuka dan alami. Para musisi Jazz akan tampil di atas panggung beralas rumput.

Keunikan lain dari panggung ini adalah dekorasinya. Panggung musik pada umumnya terlihat modern dengan backdrop yang menarik.

Namun, panggung Jazz Gunung sangat berbeda dari panggung biasa. Panggung ini di dekorasi dengan hiasan artistic dari bambu yang ukurannya sangat besar.

Saat para musisi sedang tampil, penonton dapat menikmati musik serta keindahan alam disekelilingnya. Festival Jazz Gunung biasanya dihadiri oleh musisi terkenal dari dalam dan luar negeri.

3. Yogyakarta Gamelan Festival

festival budaya di indonesia

Selain terkenal dengan wisata alam dan wisata kulinernya, Jogja juga terkenal dengan wisata budayanya. Yogyakarta Gamelan Festival salah satunya.

Yogyakarta Gamelan Festival adalah salah satu event yang telah melegenda.

Acara ini biasanya di gelar sekitar bulan Juni atau Juli dan dilaksanakan selama beberapa hari. Event berskala internasional ini diselenggarakan untuk melestarikan seni gamelan.

Selain itu, festival kebudayaan ini juga ditujukan untuk mengumpulkan pecinta gamelan dan seniman gamelan.

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa gamelan identik dengan wayang, tari, dan musik tradisional.

Namun, dalam acara Gamelan Festival ini, kalian dapat menikmati indahnya musik gamelan yang dipadukan dengan musik modern.

Event budaya ini sangat keren sehingga tak heran jika banyak sekali anak muda yang tertarik dengan festival tersebut.

Yogyakarta Gamelan Festival biasanya juga mengundang grup musisi gamelan dari luar negeri. Jadi jangan heran jika kalian melihat banyak bule yang pandai memainkan gamelan di festival ini.

Baca Juga:

4. Karapan Sapi – Madura

festival budaya di indonesia

Festival budaya di Indonesia yang menarik selanjutnya adalah karapan sapi di madura.

Bagi rakyat madura sapi merupakan hewan yang sangat membantu perekonomian yang ada di pulau garam tersebut.

Sehingga banyak diantara rakyat di madura yang memiliki dan berternak sapi di rumahnya.

Festival karapan sapi sendiri merupakan festival yang diselenggarakan untuk merayakan kesuksesan rakyat madura dalam bercocok tanam.

Misalnya setelah panen padi ataupun panen tembakau. Pada umumnya festival ini dilaksanakan di anatar bulan agustus hingga oktober.

Bentuk festival ini merupakan balapan yang dilakukan dengan cara naik diatas sebuah papan dan ditarik menggunakan sapi.

Diperlukan teknik yang mumpuni untuk mengendalikan sapi dalam kecepatan tinggi sehingga tidak semua orang bisa melakukannya.

Bukan hanya balapan sapi saja yang ada dalam festivalkarapan sapi, akan tetapi masih banyak acara-acara seni lainnya diiringi oleh ritual magis yang menjadikan festival ini layak untuk dielu-elukan oleh turis mancanegara.

5. Festival Erau – Kalimantan Timur

festival erau

Festival di Indonesia yang sudah di akui oleh dunia Internasional salah satunya adalah festival erau atau lebih dikenal dengan Erau Internasional Folkore and art festival (EIFAF).

Festival ini merupakan festival yang diselenggarakan sebagai bentuk syukur masyarakat kalimantan timur khususnya yang tinggal di wilayah kutai kartanegara.

Festival ini berbentuk seperti festival pesta rakyat dan festival budaya dan menjadi salah satu festival terbesar yang diselenggarakan di Indonesia.

Berbagai acara besar diadakan mulai dari pesta kesenian, parade budaya, dan lomba di sungai mahakam.

Festival di Indonesia ini di tutup dengan adanya pesta kembang api yang dimeriahkan oleh seluruh rakyat kalimantan timur sebagai tanda puncak dari anugerah tuhan yang diberikan di wilayah tersebut.

6. Festival Pasola – Nusa Tenggara Timur

festival pasola

Festival pasola adalah sebuah festival rakyat nusa tenggara timur yang khusus diselenggarakan untuk menyambut masa panen dan juga masa tanam.

Festival ini menarik perhatian turis mancanegara karena mempunyai cara yang unik dalam merayakannya dimana rakyat laki-laki akan saling serang dengan menggunakan tombak dan menunggang kuda dan dilakukan di padang rumput yang luas.

Apalagi pesona alam yang dimiliki oleh NTT akan membuat mata terhibur dengan festival ini.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi sebelum di selenggarakan festival pasola terlebih dahulu dilaksanakan tradisi nyale atau memancing cacing laut dan juga tradisi ritual pajura, yaitu ritual dengan menggunakan adu tinju yang dilakukan di pinggiran pantai pada dini hari.

Festival ini diselenggarakan pada bulan februari sampai maret.

7. Festival Lembah Baliem – Papua

festival lembah baliem
Dari sekian banyak festival menarik di Indonesia. Mungkin festival inilah yang paling ditunggu-tunggu dan dielu-elukan oleh turis mancanegara.

Para turis hingga rela melakukan perjalanan jauh nan melelahkan demi mencapai lembah ini.

Festival ini sudah terkenal dan tersohor di dunia internasional karena keunikan dan kemistisan dari ritual ini. Untuk mencapai daerah inipun dibutuhkan tenaga yang tidak sedikit.

Karena minimnya moda transportasi ke daerah tersebut, juga karena suku yang terdapat didalamnya tidak ingin tersentuh budaya dari dunia luar.

Sehingga masih kental akan adat istiadatnya.

Festival ini diselenggarakan dengan menampilkan beberapa ritual peperangan yang terjadi antar suku adat di papua.

Pesona alam yang indah namun tersimpan rasa mistis di setiap sudutnya menambah kesan adat yang kental dan mistis dalam festival ini.

8. Festival Budaya Nias – Sumatera Utara

festival budaya nias
Festival menarik di Indonesia berikutnya adalah festival budaya nias, dimana yang menjadi ciri khas dari budaya ini adalah tradisi melompati batu yang disusun tinggi.

Pada mulanya tradisi ini untuk menunjukkan keberanian dan ketangkasan pemuda suku setempat. Namun dengan berkembangnya zaman akhirnya tradisi ini menjadi festival menarik di Indonesia.

Nah itu semua adalah beberapa festival di Indonesia yang menarik perhatian Turis Mancanegara.

Masih banyak loh festival menarik lain nya di Indonesia untuk di explore lebih lanjut. Sebagai warga negara yang baik kita harus melestarikan semua kebudayaan yang ada.

Jangan lupa untuk share postingan ini ya jika menurut kalian ini bermanfaat.

BACA JUGA:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like