Tips Membuat Foto yang Instagramable Saat Traveling

Total
0
Shares

Sobat Hello, gak terasa nih kalau kita sebentar lagi memasuki tahun baru 2020. Tahun baru, destinasi traveling baru!

Tentunya Kamu sudah punya list destinasi mana saja yang ingin dikunjungi selama tahun ini. Sekarang, traveling bukan lagi jadi keinginan tetapi juga kebutuhan.

Setelah menjalani aktivitas yang melelahkan seperti bekerja dan belajar, tentunya kita harus melepas penat, salah satu caranya bisa dengan traveling.

Ada banyak objek wisata yang dapat Kamu kunjungi mulai dari wisata pantai, gunung, sejarah, mall hingga ibu kota Negara.

Apapun pilihan traveling Kamu, jangan lupa abadikan setiap momen melalui foto ya! Karena foto merupakan alat penyimpan momen yang bisa disimpan sampai kapanpun, Kamu dapat bercerita tentang apa saja melalui foto.

Berbicara soal foto traveling, rasanya gak afdol kalau sudah foto tapi gak di-upload ke media sosial.

Media sosial apa yang ada dipikiran Sobat Hello yang digunakan untuk share foto traveling?

Instagram!

Yap, media sosial yang satu ini sudah sangat diminati netizen. Instagram mampu menggeser Twitter yang dulu lebih eksis dengan basis layanan berbagi foto dan video pendek bahkan sekarang dilengkapi dengan instagram feed & instagram blog.

Sekarang, bagaimana caranya untuk menghasilkan foto-foto keren di instagram yang dikenal dengan istilah foto instagramable? Simple!

Ini dia 5 Cara bikin foto instagramable saat traveling yang siap bikin followers Kamu gak ragu-ragu kasih love. Yuk simak tipsnya!

1. Fokus Pada Komposisi Foto

Fokus Pada Komposisi Foto

Untuk menghasilkan foto adalah mudah bagi semua orang, namun menghasilkan foto yang menarik itu yang cukup sulit.

Salah satu cara untuk mendapatkan foto yang menarik adalah dengan memperhatikan komposisi foto.

Komposisi merupakan susunan gambar dalam satu jepretan foto. Sobat Hello perlu memahami komposisi untuk mendapatkan foto yang sempurna.

Cara jitu untuk mendapatkan komposisi yang pas adalah dengan menempatkan subjek utama foto atau point of interest (POI) dalam posisi yang sedemikian rupa sehingga di kelilingi objek lainnya.

Untuk mendapatkan foto dengan komposisi yang pas, kamu bisa meluruskan foto, karena dapat membantu perubahan komposisi dan memperkuat hasil foto.

2. Melihat Sesuatu Dari Sudut Pandang Berbeda

Sudut Pandang Berbeda

Ketika traveling dimulai, Kamu akan lihat banyak objek foto Sobat Hello, mulai dari orang setempat, bangunan-bangunan, kendaraan-kendaraan hingga pemandangan di atas langit.

Biasanya, semua terlihat sama dan biasa saja. Namun, cobalah mengambil foto dari beberapa sudut agar terlihat berbeda.

Cari dan pilih sudut pandang yang menurut Kamu berbeda. Dan cobalah mengambil foto dari objek yang sama beberapa kali.

3. Saatnya Self-Portrait, Bukan Lagi Selfi

Self-Portrait

Kebanyakan orang suka mengambil foto dirinya sendiri atau lebih dikenal dengan istilah selfie. Namun untuk sekarang kayaknya emang sudah gak zaman lagi untuk selfie, Sobat Hello!

Untuk menghasilkan foto instagrambale, cobalah mengambil foto diri sendiri tidak dengan selfie sendiri tapi jepret self-potrait dengan sudut yang menarik.

Misalnya dengan foto dengan latar belakang yang unik lalu menggunakan timer atau difotokan orang lain.

Kalau foto diri sendiri dan tidak ada yang bantu foto, Kamu bisa menggunakan aksesori Gorillapod.

Dengan menggunakan Gorillapod memungkinkan kita untuk memasangkan handphone ke batang pohon, tepian, dan apa saja yang bisa ditempelkan.

Konsep foto self-portrait menjadikan diri sendiri berada di dalamnya sebagai obyek self-portrait membuat foto yang dihasilkan terlihat unik.

4. Ciptakan Efek Foto Sesuai Keinginan

Efek Foto

Sah-sah saja sebelum kita upload foto ke instagram, foto yang dihasilkan diedit terlebih dahulu.

Walaupun kadang banyak orang yang menggunakan hashtag #nofilter untuk menunjukkan bahwa foto yang dihasilkan memang menarik tanpa diedit sebelumnya.

Sebetulnya, hasil foto akan lebih sempurna ketika diberikan sedikit editan warna akan terlihat lebih menarik.

Misalnya kamu bisa sedikit mengatur saturasi warna dan menambahkan kontras untuk mendapatkan efek sesuai seperti yang diinginkan.

Jangan lupa perhatikan perpaduan warnanya. Warna yang kontras akan membuat foto instagramable terlihat ‘hidup’.

Biasanya objek yang memiliki warna yang berlawanan dengan latar belakang akan membuat hasil foto fokus kepada objek.

Ada beberapa aplikasi foto yang sering digunakan dan sangat mobile friendly seperti VSCOCam, Snapseed, PicsArt hingga Hyperlapse.

5. Photo Walk

Photo Walk

Lagi-lagi nih, ketika traveling ada banyak hal yang Kamu jumpai, Sobat Hello!

Rasanya akan sangat menyenangkan ketika jalan-jalan di tepi pantai dan kita dapat mengambil gambar tidak hanya laut tetapi juga aktivitas penduduk sekitar.

Atau ketika kita sedang berjalan di bukit, kita bisa mengambil sisi lain dari bukit tersebut. Berjalan di hutan, kita dapat mengambil foto pepohonan yang rindang beserta langit yang cerah.

Dan jangan kaget kalau nantinya kamu melihat hasil foto yang keren dan menakjubkan.

BACA JUGA:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like