Riomaggiore

Kota Warna-warni Paling Indah di Dunia

Total
1
Shares

Jika di indonesia ada banyak kota warna warni yang unik dan menarik seperti di Kampung Bulak, Kenjeran, Surabaya, Teluk Seribu, Balikpapan, dan Kampung Jodipan, Malang. Kini ada banyak kota di belahan dunia yang memiliki warna nyentrik.

Berikut ini ada lima kota di belahan dunia yang berwarna sangat nyentrik dan menarik.

1. Desa Riomaggiore, Italia

Desa Riomaggiore
Desa Riomaggiore

Salah satu negara penuh seniman di Eropa adalah Italia. Buktinya, kalian bisa melancong ke Desa Riomagiorre yang ada di Cinque Terre, Liguaria,

Provinsi La Spezia. Desa yang sudah ada dari abad ke-13 ini benar-benar penuh warna-warni!

Bayangkan saja, setiap rumah dan bangunan di desa ini punya beragam warna.

Ada warna biru, hijau, merah, kuning, oranye, hingga warna-warna pastel seperti merah jambu dan hijau toska yang terlihat jelas selama Sobat Hello mengitarnya.

Siapa saja akan berdecak kagum saat datang ke sini, bahkan banyak traveler yang menyebutnya sebagai tempat tercantik di dunia.

Desa Riomaggiore berada di kawasan lembah dan berhadapan langsung dengan Laut Mediterania.

Kamu bisa menyusuri pinggiran tebing melalui jalan setapak, untuk duduk di puncaknya sambil memotret keindahan desanya.

Layangkan juga pandangan ke lautannya yang cantik rupawan. Tak sedikit pelukis datang ke desa ini untuk melukis keindahannya dalam kanvas.

Dijamin, kalian pasti langsung jatuh cinta dengan Desa Riomaggiore. Numero uno!

2. Desa Burano, Italia

Desa Burano
Desa Burano

Satu lagi desa berwarna-warni di Italia, yakni Desa Burano di Pulau Burano, Venesia. Setibanya di pulau tersebut, deretan rumah yang berwarna-warni akan menyambut kedatanganmu.

Ada yang unik dari sejarah Desa Burano yang berwarna-warni ini. Tiap-tiap rumah yang punya masing-masing warna di sana bukan hasil kerjaan dari seniman, melainkan dari penduduk setempat.

Pada abad ke-6, penduduk setempat kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Lalu, setiap habis dari melaut mereka selalu tersasar pulang karena rumah di sana bentuknya sama semua.

Akhirnya, mereka mengecat rumahnya dengan tiap-tiap warna. Ada yang berwarna kuning, hijau, merah, biru, oranye, jingga dan masih banyak lagi.

Alhasil hingga kini rumah-rumah di Desa Burano masih berwarna-warni. Tak percaya, coba buktikan sendiri!

3. Bo-Kaap, Afrika Selatan

Bo-kaap
Bo-Kaap

Siapa sangka, ada desa warna-warni di Afrika. Inilah Desa Bo-Kaap di kawasan Cape Town, Afrika Selatan.

Menurut sejarah, pada abad ke-16 desa ini adalah tempat pembuangan para budak dari Belanda. Diyakini, mereka berasal dari Indonesia dan Malaysia.

Namun kini, Bo-Kaap menjadi destinasi wisata yang sangat menarik dikunjungi. Betapa tidak, rumah-rumah yang ada di pinggir jalan semuanya berwarna-warni, dari oranye, hijau, pink, kuning dan lain-lain.

Selain itu, desa ini dihuni oleh mayoritas penduduk yang memluk agama Muslim dan jadi salah satu kawasan Muslim paling terkenal di Afrika Selatan.

Entah apa sejarahnya dan siapa yang memulai pertama kali mengecat rumah dengan warna-warni di sini. Yang pasti, Desa Bo-Kapp selalu mencuri hati para turis yang melancong ke sana.

4. Rainbow Family Village , Taiwan

Rainbow Family Village
Rainbow Family Village

Mungkin, ini adalah desa warna-warni paling unik di dunia. Rainbow Family Village merupakan desa yang ada di bagian luar Taichung, Taiwan.

Desa ini dipenuhi warna-warni dan lukisan di tiap sudutnya, dari rumah, tembok hingga jalanan.

Pelukisnya adalah Huang Yung Fu ini yang dijuluki Grandpa Rainbow. Sehari-harinya, Grandpa Rainbow mewarnai desa tersebut sedikit demi sedikit.

Dia membuat suasana desa kembali bersinar dengan warna cerah dan aneka lukisan. Menurut beberapa sumber, Granda melukis desa karena sedang bosan.

Tapi di lain sisi, beredar kabar kalau itu adalah cara dia untuk menjaga dari penggusuran.

Sebabnya, hanya Grandpa saja yang kini tinggal di sana dan rumornya desa tersebut akan digusur untuk dibangun ulang oleh pemerintah setempat.

Tapi hingga kini, desa pelangi tersebut masih jadi destinasi wisata yang unik untuk turis.

5. Gamcheon Culture Village

Gamcheon Culture Village
Gamcheon Culture Village

Jika Yunani punya Santorini, maka Korea Selatan punya Gamcheon. Desa wisata yang indah dan berwarna-warni. Cocok untuk dikunjungi para pecinta fotografi karena sangat fotogenik!

Kalau berkunjung ke Korea Selatan tidak ada salahnya mampir ke kota Busan. Kota kedua terbesar di Korea Selatan ini memiliki desa unik yang mampu memanjakan para pecinta fotografi.

Desa yang dikenal dengan nama Gamcheon Culture Village ini, dulunya merupakan pemukiman para pengungsi pada zaman perang.

Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah Korea Selatan menyulap desa kumuh ini menjadi sedemikian cantik seperti sekarang.

Semua bangunan di Gamcheon Culture Village dicat beraneka warna dan sebagian ada yang ditambahkan lukisan ataupun patung. Hal ini tentunya menarik perhatian para pelancong dan fotografer.

Desa ini juga diklaim sebagai Santorini-nya Asia loh! Mungkin karena letak desanya yang berada di perbukitan.

Lokasi desa ini juga dekat dengan garis pantai, bisa ditempuh selama tiga puluh menit dengan kendaraan umum dari pusat kota Busan.

Desa ini cukup luas dan bisa menghabiskan tiga sampai empat jam untuk mengelilinginya. Tidak ada pungutan biaya untuk sekedar berkeliling dan berfoto di desa ini.

Agar tidak tersesat, saya sarankan untuk membeli peta di information center.

Uniknya lagi, dibalik peta tersebut, ada tantangan atau misi yang bisa kita selesaikan. Kita harus mengumpulkan stempel di setiap spot utama yang terpencar di desa ini.

Jika sudah menyelesaikan misinya, tunjukkan hasil stempelnya kepada petugas dan kita akan diberikan sebuah kartu pos bergambar Gamcheon Culture Village.

BACA JUGA:

Liburan Romantis Di Tempat Tak Terpublikasi

10 Tempat Warna-warni di Dunia yang Instagramable

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
N Seoul Tower

Serunya Liburan Di Korea Selatan

Siapa yang tak suka dengan rekreasi. Waktu liburan merupakan waktu yang sangat dinanti-nantikan oleh setiap orang. Karena pada saat itulah mereka dapat sejenak melupakan kesibukan akibat aktivitas mereka sehari-hari dan…
Selengkapnya