Laksa Bogor

15 Kuliner Bogor yang Khas dan Enaknya Bikin Ketagihan

Total
0
Shares

Kuliner Bogor – Jika Anda sedang berlibur atau berkunjung ke Kota Bogor, jangan lewatkan untuk mencicipi aneka kuliner khasnya yang jarang dijumpai di kota-kota lainnya.

Sebagaimana yang kita ketahui, Bogor terkenal dengan kuliner khasnya yaitu asinan Bogor nya yang sangat enak.

Namun tak hanya itu, ternyata masih banyak jenis kuliner khas Kota Hujan ini yang masih belum banyak terekspos.

Kawasan Surya Kencana merupakan daerah yang seringkali disebut-sebut sebagai surganya wisata kuliner Bogor.

Sehingga, bagi Anda yang berkunjung ke Kota Hujan, tak ada salahnya jika mampir sejenak untuk mencicipi ataupun membawa jajanan-jajanan tersebut sebagai oleh-oleh khas Bogor.

Berikut ini beberapa kuliner Bogor yang perlu Anda coba, antara lain.

1. Laksa Bogor

Laksa Bogor
Sumber: beritasatu.com

Tahukah Anda jika Bogor dan Palembang memiliki kemiripan kuliner khas yaitu laksa.

Uniknya, yang membedakan kuliner khas Bogor ini yaitu terdiri dari oncom, tahu, bihun, tauge, ketupat, dan telur yang kemudian disiram dengan kuah kuning hangat.

Soal rasa jangan ditanya, tentu sangat nikmat dan gurih.

Umumnya, kuliner ini dijual secara umum baik di kawasan warung kaki lima, pasar, dan lain sebagainya. Harga untuk seporsi laksa Bogor ini sekitar Ro 10.000 saja.

2. Doclang

Doclang
Sumber: cookpad.com

Tentunya Anda pasti tahu ketoprak, bukan? Nah, kuliner Bogor satu ini bisa dibilang hampir sama, tapi tanpa bihun dan tauge.

Kandungan karbohidrat pada kentang dan protein pada telur membuat doclang sangat cocok disantap pada pagi hari. Uniknya, Anda bisa memakannya dengan ketupat maupun lontong.

Doclang ini merupakan salah satu makanan yang sudah cukup langka di Bogor.

Namun, masih ada beberapa penjual yang menyediakan menu doclang ini dan tetap populer di kalangan masyarakat hingga saat ini.

Untuk harga makanan ini relatif terjangkau yaitu berkisar Rp10.000-Rp12.000 per porsinya.

3. Asinan Bogor

Asinan Bogor
Sumber: indonesiakaya.com

Selanjutnya, ada asinan Bogor yang merupakan salah satu kuliner Bogor paling populer. Makanan ini dijamin bikin ketagihan.

Beragam rasa mulai dari manis, asin, pedas, dan juga asam bercampur jadi satu. Anda juga bisa mencampur asinan sayur dan asinan buah, sehingga lebih banyak serat yang bisa diserap oleh tubuh Anda.

Ditambah lagi, kuah cuka yang bikin asinan tambah segar sangat cocok dijadikan cemilan di sore hari.

Anda juga bisa menjadikan asinan Bogor ini sebagai oleh-oleh.Untuk seporsi asinan Bogor ini dibanderol sekitar Rp17.000-Rp20.000 saja.

4. Sop Buah Khas Bogor

Sop Buah Khas Bogor

Jika pada menu-menu sebelumnya kita membahas soal makanan, kali ini Bogor juga punya minuman khas yaitu sop buah yang sudah populer sejak tahun 2005.

Sop buah Pak Ewok ini merupakan satu-satunya sop buah favorit di Kota Bogor. Untuk semangkuk sop buah berisikan melon, nangka, stroberi, hingga sawo.

Ada banyak varian seperti sop duren, sop buah susu, dan juga sop buah yoghurt.. Harga sop buah disini sangat terjangkau yaitu berkisar Rp 4ribu – Rp 30ribu

5. Cungkring Bogor

Cungkring Bogor
Sumber: bogor.net

Berkunjung ke Kota Hujan, tak lengkap rasanya jika tidak hunting kuliner khasnya. Salah satunya yang patut Anda coba yaitu cungkring.

Di kawasan Surya Kencana khususnya pagi hari, biasanya banyak sekali dijumpai penjual cungkring. Kisaran harga cungkring ini yaitu Rp 15.000 per porsinya.

Cungkring ini cukup langka di Bogor. Berisikan keripik tempe, dua potong kaki sapi, dan juga lontong menjadikan makanan ini sangat lezat dan bikin nagih.

Sarapan dengan cungkring tentu akan sangat mengenyangkan.

6. Bapatong

Bapatong
Sumber: bogor.net

Kuliner Bogor berikutnya yang juga jarang dijumpai yaitu Bapatong. Apa itu Bapatong? Ya, makanan ini merupakan singkatan dari “bakso kupat gentong”.

Untuk penyajiannya hampir sama dengan bakso pada umumnya. Bakso kuah dengan tambahan bihun, mie kuning, dan pangsit yang kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi.

Uniknya, bakso ini dibubuhi dengan ketupat dan juga iga sapi yang sudah dipotong dadu. Bisa kebayang kan bagaimana nikmatnya jika makan Bapatong ketika hujan melanda Kota Bogor.

Harga untuk satu porsi Bapatong yaitu sekitar Rp 15ribu – Rp 20ribu.

7. Pepes Sagu

Pepes Sagu
Sumber: goodindonesianfood.com

Anda juga bisa mencicipi kuliner Bogor lainnya seperti pepes sagu. Ya, makanan tradisional khas Bogor satu ini memang cukup asing didengar.

Selain itu, pepes sagu ini juga sulit ditemukan. Biasanya, Anda bisa menjumpai para penjual pepes sagu ini di kawasan Surya Kencana.

Makanan ini memiliki cita rasa yang legit karena berbahan dasar sagu, pisang, dan juga gula jawa.

Jika Anda pernah mencoba lemet (makanan khas Jawa Timur), tentu akan mengira pepes sagu hampir sama.

Untuk harganya, pepes sagu ini sangat terjangkau meski jarang dijumpai yaitu sekitar Rp 3.000 – Rp 15.000 saja.

8. Roti Unyil

Roti Unyil

Bogor juga punya makanan khas yang cukup unik seperti roti unyil. Memang sudah tak asing lagi mendengar nama kuliner satu ini.

Roti unyil ini berukuran sekitar 5 cm dan merupakan cemilan khas Bogor. Ada beberapa brand roti unyil yang populer di Kota Hujan salah satunya roti unyil Venus.

Outlet pusatnya sendiri terletak di Jalan Pajajaran. Ada banyak rasa yang bisa Anda coba, mulai dari mocha, cokelat, susu, stroberi, jagung, hingga keju sosis.

Berlibur ke Bogor, tak lengkap rasanya jika tidak membawa roti unyil ini sebagai oleh-oleh. Harga untuk roti ini sangat terjangkau mulai dari Rp 1.500 – Rp 21.000.

9. Toge Goreng

Toge Goreng
Sumber: bogor.net

Anda pernah mencoba toge goreng khas Bogor? Kuliner Bogor satu ini cukup populer dan sedang naik daun. Salah satunya toge goreng milik Ibu Hj. Omah yang pernah dibeli oleh Bapak Presiden RI.

Uniknya, makanan ini berisikan toge, mie kuning, tahu, dan juga lontong yang kemudian disiram dengan bumbu campuran tauco, gula, oncom merah, cabai, kecap manis, dan bawang.

Ciri khas yang menjadikan toge goreng ini unik yaitu berkat tauco nya. Harga untuk satu porsi toge goreng ini berkisar Rp 15.000.

10. Lapis Bogor Sangkuriang

Lapis Bogor Sangkuriang
Sumber: marketeers.com

Tentu Anda pernah mendengar nama makanan satu ini, bukan? Ya, lapis Bogor adalah modifikasi dari kues lapis Surabaya yang berbahan dasar dari talas.

Berkat talas inilah warna kue lapis menjadi keunguan. Mengapa harus talas? Hal ini dikarenakan Kota Bogor terkenal identik dengan talas.

Sehingga, beberapa orang berupaya untuk menciptakan sebuah inovasi dari kue lapis tersebut. Harga kue lapis Bogor ini biasanya dibanderol sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000.

Tak hanya kue lapis, Anda juga bisa menjumpai beragam kue berbahan dasar talas lainnya seperti brownies talas, cake talas, hingga beraneka macam varian kue lapis dengan rasa yang berbeda.

11. Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar
Sumber: cookpad.com

Selain asinan Bogor yang terdiri dari buah dan sayur mayur, Anda juga bisa mencicipi asinan jagung bakar khas Bogor.

Tentu penasaran, bukan?

Ya, jagung bakar di bikin menjadi asinan sudah pasti nikmat dan gurih. Jagung ini dibakar seperti biasa dan kemudian dicampur dengan rasa asam dari cuka.

Jika ingin mencobanya, Anda bisa datang ke Bogor. Asinan jagung bakar ini cukup mengocek harga sekitar Rp 12.500 – Rp 20.000 per porsinya.  Dijamin bikin ketagihan.

12. Lumpia Basah

Lumpia Basah
Sumber: luthfan.com

Jika umumnya lumpia basah sudah banyak dijumpai, lain halnya dengan lumpia basah khas Bogor ini. Biasanya lumpia berisikan rebung, toge, dan juga ebi.

Namun, lumpia Bogor ini mengganti rebung tersebut dengan bengkuang. Nantinya, bengkuang tersebut ditumis dengan tahu kuning.

Uniknya lagi, penyajiannya tidak dengan cara digulung melainkan dengan diletakkan di atas kulit lumpia. Untuk harganya relatif murah berkisar Rp 12.000 saja.

Anda bisa menjumpai para penjual lumpia basah ini di kawasan Surya Kencana.

13. Dodongkal

Dodongkal Bogor

Anda pernah mencoba kuliner khas Bogor yang satu ini? Dodongkal merupakan jajanan tradisional yang hampir mirip dengan kue putu khas Jawa.

Makanan ini terbuat dari tepung beras dengan lelehan gula jawa di bagian dalamnya. Uniknya, dodongkal ini disajikan dalam bentuk kerucut.

Jajanan ini sudah sangat langka di Bogor. Selain itu, para pembeli dodongkal bisa bebas minta dibuatkan secara fleksibel bisa seharga Rp 5.000 saja jika penjual menyanggupi.

Untuk dodongkal besar sendiri biasanya dipatok sekitar Rp 60.000 dan untuk dodongkat berukuran separuh sekitar Rp 30.000 saja.

14. Soto Kuning

Soto Kuning
Sumber: resepkoki.id

Anda tentu sudah tidak asing jika mendengar nama soto. Ya, soto kuning khas Bogor ini cukup unik dan sangat direkomendasi bagi Anda yang sedang berkunjung ke Bogor.

Soto ini merupakan soto daging yang disiram dengan kuah rempah dan campuran santan. Soto kuning khas Bogor ini juga tidak disandingkan dengan mie melainkan jerohan sapi.

Bisa kebayang bukan betapa nikmat dan lezatnya soto ini. Penyajiannya yaitu dengan nasi putih, jeruk nipis, dan juga sambal bagi Anda yang menyukai pedas.

Kombinasi rasa kuah bersantan dengan daging tentunya sangat ciamik dan memanjakan lidah.

Harga untuk satu porsi soto kuning ini berkisar Rp 20.000 – Rp 30.000, tergantung berapa banyak potong daging yang Anda minta.

Coba Juga: 10 Wisata Kuliner Jogja yang Hits di Tahun 2019

15. Bir Kotjok

Bir Kotjok

Jangan cemas dulu jika mendengar kata bir. Ada juga kok bir yang tidak memabukkan, melainkan sangat segar dan nikmat untuk dicoba yaitu Bir Kotjok khas Bogor.

Minuman satu ini sudah populer dari tahun 1948. Awalnya, minuman ini hanya disajikan khusus pada acara pernikahan saja. Barulah sekitar tahun 1960-an, bir kotjok diperjual belikan secara umum.

Hal yang unik dari bir kotjok ini yaitu terdiri dari kandungan cengkeh, jahe, aren, dan juga kayu manis. Bahan-bahan tersebut tentu sangat baik untuk kesehatan.

Kemudian, seluruh bahan tersebut diaduk dalam gayung aluminium hingga mengeluarkan buih. Wajar saja jika minuman ini disajikan dalam gelas besar.

Sangat cocok dinikmati kala cuaca dinging ataupun hangat. Harganya sangat terjangkau yakni hanya Rp 5.000 saja per gelasnya.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Berkunjung ke Bogor jangan lewatkan untuk singgah sejenak ke kawasan Surya kencana yang menjadi surganya wisata kuliner khas Bogor.

Selain harga yang ditawarkan relatif murah dan pas dikantong, daerahnya juga sangat nyaman dijadikan tempat nongkrong bersama teman, keluarga, bahkan pacar.

Ada beragam jenis makanan khas Bogor mulai dari yang langka ditemukan hingga makanan populer sekalipun.

Tentunya, Anda perlu membawa uang lebih jika ingin mencicipi semuanya satu per satu.

Kunjungi Juga:

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like