Rujak cingur

Makanan Khas Indonesia Ini Tak Menarik Tapi Mempunyai Rasa Unik

Total
1
Shares

Kuliner nusantara tak henti – hentinya memanjakan lidah wisatawan. Bahkan makanan lokal nusantara tak kalah dengan makanan asal luar negri.

Karena apa? karena citarasa makanan Indonesia mempunyai kekhasan yang tak dimiliki makanan luar negri.

Jika kamu berkesempatan berkeliling Indonesia, cobalah icipi makanan lokalnya. Memang sih sebagian besar dari kita ingin mencicipi makanan karena tergoda oleh tampilannya.

Tapi lain halnya dengan makanan Indonesia berikut ini, kalian harus mencicipi terlebih dahulu sebelum berkomentar tentang tampilannya.

1. Rawon

rawon
Sumber: wajibbaca.com

Hitam pekat tampilannya tak menandakan makanan ini tak banyak peminatnya. Terbukti, rawon selalu menjadi menu favorit kala berkunjung ke Jawa Timur.

Hitam pekat yang berasal dari kluwek justru memberi rasa nikmat yang lebih. Jangan lihat hitamnya, tapi rasakan uniknya masakan berkuah satu ini.

2. Papeda

Papeda
Sumber: indonesiapostnews.com

Berbentuk seperti lem yang lengket dan transparan, makanan ini dinamakan Papeda.

Papeda sendiri sebenarnya adalah sejenis bubur yang terbuat dari tepung sagu yang diolah dengan mencampurkan air panas.

Makanan pokok pengganti nasi dari Maluku dan Papua dari segi penampilan memang tak menarik. Tapi, kamu harus mencobanya jika berkunjung ke sana.

Ada rasa lezat di dalam tampilan yang kurang memikat. Papeda akan lebih nikmat jika disantap dengan ikan tongkol bumbu kunyit dan sayuran.

Tekstur kenyal dicampur dengan siraman lauk dan sayur berkuah akan menggoyangkan lidah para penikmat makanan lokal dari Maluku dan Papua.

3. Binte Biluhuta

Binte biluhuta
Sumber: cookpad.com

Nah, bagi orang yang tak tinggal di Gorontalo pasti jarang yang mengetahui makanan satu ini. Binte Biluhuta adalah makanan khas asli dari Gorontalo yang terkenal lezat.

Walaupun jika dipandang sekilas tak menarik, tapi memiliki rasa enak.

Sup jagung ini biasa dicampur isian seperti ikan, udang, kelapa parut, belimbing sayur, daun kemangi, bawang merah, bawang daun, dan cabai.

Sensasi rasa yang tercipta dari makanan ini adalah pedas, pahit, dan kecut.

4. Nasi Gila

Nasi gila
Sumber: heytheresia.com

Nasi gila adalah sebutan untuk nasi putih yang dicampur dengan tumisan aneka isi seperti bakso, sosis, telur orak-arik, dan daging ayam, dan berbumbu pedas.

Tampilannya yang acak-acak seringkali membuat orang beranggapan miring terhadap rasanya. Padahal bagi kalian yang suka pergi ke ibukota, makanan satu ini menjadi idola.

Mau versi kaki lima atau restoran, nasi gila tetap bisa ditemui.

Kamu juga harus mencoba jenis satunya yaitu nasi goreng gila, yang membedakannya dengan nasi gila hanyalah nasi yang digunakan yaitu nasi goreng.

Berani mencoba? Sekali makan dijamin ketagihan!

5. Rujak Cingur

Rujak cingur
Sumber: pesona.travel

Jika berkunjung ke Surabaya, tak ada salahnya mencoba rujak cingur.

Memang sekarang rujak cingur tak hanya dapat ditemui di kota asalnya, tapi tak ada salahnya menikmati cita rasa asli. Keunikan dari rujak cingur yaitu pada “cingur” atau moncongnya sapi.

Cingur sapi diracik bersama aneka isian seperti mentimun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kangkung, tauge, lontong, tahu dan tempe.

Semua bahan dicampur dan dibumbui dengan sambal petis udang.

Tampilan rujak cingur memang tak membuat mata berselera apalagi bila tau ada moncong sapi, tapi berikan kesempatan lidah untuk mencicipi. Dijamin kalian akan ketagihan!

6. Botok Tawon

Botok tawon
Sumber: traveltodayindonesia.com

Tawon dibuat botok? Tenang, bukan tawon dewasa yang sering menyengat itu, tapi sarangnya dan juga lava yang berada di sarang.

Dibungkus dengan daun pisang dan dibumbui dengan cabai, gula merah, asem, tomat, bawang merah.

Perpaduan bumbunya menciptakan rasa unik yaitu gurih, manis, pedas, asam, dan asin.

Tampilan sih nomor dua, yang penting rasanya nendang di mulut. Kamu bisa menjumpai makanan ini saat berkunjung ke Banyuwangi.

7. Rempeyek Laron

Rempeyek Laron
Sumber: cookpad.com

Ketika musim hujan datang, laron biasanya berlalu lalang di pagi hari.

Oleh penduduk setempat biasanya dikumpulkan dan diolah menjadi berbagai masakan, ada bothok, laron goreng, ada juga rempeyek laron. Jangan mengernyitkan dahi dulu sebelum mencoba.

Rasanya gurih dan ternyata mengandung banyak protein.

8. Sate Kere

Sate Kere
Sumber: resepnusantara.id

 

Tak seperti namanya, sate ini tak se ‘kere’ yang kamu bayangkan. Disebut kere karena sate ini tak menggunakan daging melainkan tempe menjos (gembus), tempe kedelai, dan kikil.

Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati sate kere, salah satunya di Solo dan Jawa Tengah.

Jangan berpikir dua kali untuk mencobanya ketika melihat tampilannya. Memang tak menarik, tapi nikmat.

Gimana Sobat Hello, berani mencoba makanan di atas? Jangan takut mencicipi selagi kamu berkesempatan menemui makanan lokal Indonesia ini.

Kesempatan nggak datang dua kali lho!

BACA JUGA:

Tahu Gimbal Kuliner Khas Semarang

Jelajah 15 Kuliner Khas Solo yang Paling Enak dan Terkenal

Lezatnya Kuliner Khas Turki yang Mendunia Bikin Ngiler

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like