Kerajinan Perak Celuk Bali

13 Oleh-oleh Khas Bali Pilihan yang Rekomended Dibawa Pulang

Total
0
Shares

Oleh-oleh Khas Bali – Tidak ada yang meragukan pesona Bali. Pulau Dewata ini seolah tidak pernah kehabisan akan daya tarik keindahannya untuk para wisatawan.

Baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang selalu memenuhi setiap sudut Kota Bali.

Ketika Anda berwisata ke Kota bali, tentunya akan mencari oleh-oleh khas Bali yang cukup terkenal dijadikan buah tangan untuk keluarga atau teman.

Keindahan Bali, kesakralan Pura dan juga kelezatan kulinernya akan membuat para wisatawan tidak ingin pulanh dan meninggalkan kota tersebut.

Sehingga meninggalkan Bali memang sebuah keputusan sulit. Namun Anda tentu saja harus pulang dan kembali beraktifitas.

Jadi untuk mengobati kerinduan Anda pada Bali, Anda dapat membawa oleh-oleh khas Bali untuk di bawa pulang.

1. Pia Legong

Pia Legong

Pia legong merupakan salah satu oleh-oleh khas Bali yang memiliki ciri khas penari Legong yang terdapat pada kemasannya.

Pia Legong ini banyak diburu oleh wisatawan untuk dibawa pulang saat berkunjung ke Bali.

Pia Legong dibuat tanpa menggunakan mesin dan hanya dibuat dalam jumlah yang terbatas demi menjaga kualitas rasa.

Pia Legong terdiri dari tiga varian rasa yaitu cokelat, keju dan kacang hijau.

Untuk mendapatkan Pia Legong, Anda bisa datang langsung ke tokonya yang berada di Jalan By Pass Ngurah Rai.

Namun karena jumlah produksinya tidak dalam jumlah banyak, Anda sebaiknya melakukan pemesanan terlebih dahulu dari hari sebelumnya.

2. Pie Susu

Pie Susu

Pie Susu menjadi salah satu oleh-oleh andalan dari pulau Bali. Bentuknya bulat, ceper dengan pinggiran yang keras garing, dilengkapi fla susu yang creamy dan legit pada bagian tengahnya.

Itu yang membuat pie susu memiliki perpaduan rasa yang cukup istimewa.

Umumnya, pie susu yang banyak dikenal yaitu pie susu original, namun sebenarnya di Bali terdapat pie susu dengan varian rasa seperti topping keju, kismis, almond dan choco chips.

Di Bali terdapat banyak produsen pie susu. Anda dapat menemukan pie susu dengan berbagai merek, yang pasti semuanya sama enaknya.

Pie susu bisa Anda dapatkan banyak tempat pusat oleh-oleh khas Bali.

3. Pia Bintang Baturiti

Pia Bintang Baturiti

Selain pia legong, ternyata ada pia lain yang merupakan salah satu makanan khas Bali yaitu pia bintang baturiti. Pia bintang baturiti sangat terkenal dan cukup legendaris.

Pia ini memiliki 2 jenis packing, ada yang di jual untuk masyarakat lokal dan ada juga yang khusus untuk para wisatawan.

Pia untuk masyarakat lokal di kemas secara biasa, sedangkan untuk wisatawan kemasannya lebih bagus dan eksklusif.

Untuk rasaya juga berbeda, lebih enak pia baturiti yang di jual untuk wisatawan atau dijadikan oleh-oleh.

Harganya pun berbeda, untuk lokal tentunya lebih murah dibanding yang dijual untuk wisatawan.

Pia bintang baturiti bisa Anda dapatkan di toko kue bahagia Jalan Veteran Denpasar atau di toko oleh-oleh Krisna & Erlangga.

4. Kacang Disco

Kacang Disco

Jangan pulang dari Bali jika Anda belum membeli oleh-oleh khas Bali yang satu ini yaitu kacang disco.

Kacang disco merupakan kacang tanah yang digoreng kering, namun sebelumnya dibalut dengan adonan tepung dan bumbu terlebih dahulu.

Kacang disco ini memiliki karakteristik garing dan renyah saat di makan. Selain itu, kacang disco juga terdiri dari beberapa varian rasa seperti rasa manis, barbeque, udang dan pedas-manis.

Sama halnya seperti pie susu, banyak sekali merek dagang dari kacang disco di Bali. Untuk mendapatkan kacang disco, Anda bisa dengan mudah menemukan di pusat oleh-oleh khas Bali.

5. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani

Jika Anda merupakan salah satu penggemar kopi atau keluarga maupun kerabat. Kopi Kintamani ini bisa menjadi pilihan untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Kopi Kintamani ini merupakan salah satu biji kopi dengan kualitas terbaik di Indonesia.

Bersama dengan kopi Flores, kopi Gayo, kopi Kintamani mendapatkan sertifikat Geographical Indication yang artinya kopi tersebut sudah memenuhi standar kopi internasional.

Kopi Kintamani ini memiliki rasa yang unik dan tidak dapat Anda temukan pada kopi lain.

Dengan sistem perkebunan tumpang sari, maka pohon kopi yang berada di lahan berundak bersama tanaman lain seperti jeruk, kakau dan berbagai jenis sayuran.

Hal itu yang mempengaruhi rasa kopi yang sedikit asam karena bercampur dengan aroma jeruk. Anda dapat mendapatkan Kopi Kintamani ini di pusat oleh-oleh khas Bali.

Namun, jika Anda ingin membeli dan melihat langsung proses pengolahannya kopi yang dilakukan secara tradisional maka silahkan datang ke kawasan Kintamani, Bali.

6. Salak Bali

Salak Bali

Tidak hanya Jogja yang terkenal dengan salak pondohnya, Bali juga terkenal dengan salak Balinya yang sering diburu para wisatawan untuk dijadikan buah tangan.

Ada 2 jenis salak bali yang dapat Anda jadikan oleh-oleh yaitu salak biasa (salak ini rasanya kecut, asam dengan tekstur dagingnya tebal.

Jenis salak yang satunya yaitu salak gula pasir (Salak ini rasanya manis, namun daging buahnya lebih tipis dari jenis salak biasa).

Salak gula pasir merupakan kultivar salak Bali. Seperti namanya, salak ini merupakan salak yang paling manis  dibanding dengan jenis salak lainnya, meskipun ukurannya sangat mungil.

Bentuk dari salak Bali yaitu bulat dan terdapat semacam duri-duri kecil pada permukaan kulitnya. Biasanya salak bali dijual dalam bentuk kemasan besek dengan berat 5 kg.

Musim salak Bali pada bulan Februari, jika sedang musim harga per kilogramnya sangat murah hanya Rp.13.000-Rp.25.000, namun jika tidak musim mencapai Rp.60.000-Rp.90.000.

7. Joger

Joger Bali

Oleh-oleh khas Bali tidak hanya terdiri dari berbagai jenis makanan khas saja, namun banyak oleh-oleh khas Bali lainnya.

Salah satu oleh-oleh Bali selain makanan yaitu Joger, belum ke Bali jika Anda belum mapir ke Joger.

Dengan slogannya “Pabrik Kata-Kata”, Joger memang identik dengan desain produknya yang menggunakan permainanan kata-kata yang cukup menggelitik sekaligus sarkastik.

Beragam produk Joger yang dapat Anda beli untuk dijadikan oleh-oleh di antaranya yaitu kaos, mug, sandal, gantungan kunci dan tas.

Anda tidak perlu ragu, langsung saja datang ke Jalan Raya Denpasar, Bengkulu KM 37,5.

Tidak usah ditahan, jika Anda memasuki tokonya dan melihat kalimat-kalimat iseng yang ada di tokonya.

Kunjungi Juga: 10+ Tempat Menginap Murah di Bali yang Cocok Untuk Backpacker

8. Batik Bali

Batik Bali

Tidak hanya Yogyakarta dan Pekalongan saja yang boleh menyombongkan karena memiliki produk batik yang khas, ternyata Bali juga memiliki kain batik khas.

Agar koleksi batik Anda lengkap, jika Anda berkunjung ke Bali jangan lewatkan untuk berkunjung ke Batik Galuh Bali yang berada di Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati.

Dengan Anda datang ke Batik Galuh, Anda tidak hanya dapat membeli produk batik saja.

Namun Anda bisa melihat proses pembuatan kain batik bahkan ikut belajar untuk membatik, hal itu merupakan suatu hal yang cukup menyenangkan bagi para wisatawan.

Selain di jual dalam bentuk lembaran, batik disini juga di jual dalam bentuk produk jadi seperti kemeja, tas, gaun dan lain-lain.

9. Kerajinan Perak Celuk Bali

Kerajinan Perak Celuk Bali

Bali merupakan salah satu daerah yang terkenal penghasil kerajinan perak terbaik sejak tahun 1976. Desa Celuk semakin dikenal oleh wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Kerajinan perak khas Desa Celuk sangat beragam bentuk dan juga jenisnya, mulai dri perhiasan, patung bahkan sampai dengan garpu dan sendok.

Jika Anda tidak memiliki waktu banyak untuk berkunjung langsung ke Desa Celuk, maka Anda tidak perlu khawatir.

Karena, kerajinan perak juga bisa Anda dapatkan di pasar seni yang tersebar merata di Bali seperti Pasar Sukawati dan juga di Kawasan Nusa Dua.

10. Kerajinan Manik-manik Bali

Kerajinan Manik-Manik Bali

Selain terkenal dengan kerajinan peraknya yang sangat cantik, Bali juga memiliki kerajinan manik-manik yang beragam dan tidak kalah cantiknya.

Dengan tingkat kreatifitas ynag tinggi, masyarakat Bali mampu menciptakan berbagai aksesoris manis dengan bahan manik-manik seperti gelang dan kalung.

Selain aksesoris yang dapat dikenakan, manik-manik juga dapat disulap menjadi pouch cantik yang dapat dijadikan hadiah manis untuk keluarga atau sahabat Anda di rumah.

Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Bali yang satu ini tidaklah sulit, karena Anda dapat membelinya di hampir seluruh pasar yang terdapat di Pulau Dewata ini menyediakan kerjaninan tersebut.

11. Mukena Bali

Mukena Bali

Mungkin Anda tidak menyangka jika Bali merupakan salah satu penghasil mukena.

Meskipun mayoritas masyarakat Bali beragama Hindu namun ada juga sentra pembuatan mukena Bali yang cukup tersohor.

Muka tersebut di desain dari bahan rayon yang cukup halus, lembut dan adem saat dikenakan.

Mukena Bali memiliki corak dan warna yang bermacam-macam, sehingga Anda bisa menambahkan koleksi untuk mukena di rumah atau dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman.

Menjelang lebaran, produsen mukena di Bali kebanjiran order bahkan sering tidak sanggup untuk menambah pesanan.

Namun, untuk hari biasa akan jauh lebih mudah bagi para wisatawan untuk mendapatkan oleh-oleh khas Bali yang satu ini.

12. Kain Bali

Kain dan Baju Bali

Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh khas Bali, kain dan baju bali bisa dijadikan elternatif pilihan. Kain dan baju Bali menjadi salah satu favorit yang wajib dibeli saat berkunjung ke Bali.

Kain bali ini sangat adem ketika dipakai dan biasanya dipakai saat berada di pantai, cara memakainya dengan dililitkan sebagai rok atau bisa juga digunakan sebagai syal atau selimut.

Baju Bali yang cukup terkenal dan sering diburu para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh saat berlibur ke Bali.

Baju bali ini bisa Anda dapatkan di pusat oleh-oleh khas Bali atau di pasar Sukowati. Baju Bali memiliki bahan yang cukup adem untuk dipakai di rumah dan harganya juga relative murah.

Kunjungi Juga: Pantai Tanjung Benoa Bali: Harga Tiket Masuk & Rute Menuju Lokasi

13. Bali Home Spa

Bali Home Spa

Oleh-oleh  khas Bali yang satu ini cocok untuk kaum hawa dan dapat dijadikan oleh-oleh untuk sahabat perempuan Anda.

Produk home spa dari Bali akan membuat siapapun merasa sedang melakukan spa sendiri di rumah tanpa harus repot-repot datang ke salaon untuk melakukan perawatan.

Produk home spa Bali tersedia dalam berbagai merek, Anda dapat memilih yang paing tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk varian produk home spa Bali seperti body butter dan body scrub, selain itu juga tersedia body mist dan shampoo.

Produk-produk ini bisa Anda dapatkan di pusat oleh-oleh khas Bli dan di pusat perbelanjaan seperti Discovery Mall.

Beberapa oleh-oleh khas Bali di atas, dapat Anda jadikan referensi sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta atau sahabat jika Anda berkunjung ke Bali.

Coba Juga:

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like