Oleh-oleh khas semarang

13 Oleh-oleh Khas Semarang Original yang Enak dan Terkenal

Total
0
Shares

Oleh-oleh Khas Semarang – Bagi orang Indonesia, membawa oleh-oleh merupakan sebuah tradisi ketika berkunjung ke tempat saudara atau pulang dari luar kota.

Jika Anda berkunjung ke Kota Semarang, jangan lupa membawa oleh-oleh khas Semarang untuk keluarga, kerabat atau teman-teman dekat Anda.

Mencari oleh-oleh khas Semarang memang tidaklah sulit, karena Kota Semarang memiliki banyak makanan khas.

Selain oleh-oleh dari jenis makanan, ada juga oleh-oleh Semarang lainnya. Coba kunjungi:

Apabila budget dan ukuran tas terbatas, maka Anda tidak perlu membeli semuanya. Anda pilih beberapa oleh-oleh yang benar-benar menjadi makanan khas Kota Semarang.

1. Lunpia Semarang

Lunpia Plain

Oleh-oleh khas Semarang yang paling populer yaitu Lunpia. Jika dipikir-pikir, kita semua sering menjumpai pedagang lumpia di mana saja.

Namun, saat menikmati menikmati lumpia dari kota asalnya akan menimbulkan sensasi tersendiri.

Bahkan rasa lumpia Semarang berbeda dengan jenis lumpia yang ada di kota lain. Setiap gigitannya akan membuat Anda merasa ketagihan.

Ketika Anda berkunjung ke kota Semarang, jangan sampai melewatkan oleh-oleh yang satu ini.

Untuk mendapatkan lunpia Semarang, Anda dapat dengan mudah membeli di pusat oleh-oleh Semarang, di toko-toko pinggir jalan kota Semarang atau di agro wisata Semarang.

Namun jika Anda ingin membeli lumpia langsung dari pembuat asli resep lunpia Semarang, maka Anda bisa datang ke Gang Lombok yang berada di kawasan Pecinan Semarang.

Kunjungi Juga: Menjelajahi Rasa Kuliner Khas Kota Semarang di Lunpia Delight

2. Bandeng Presto

Bandeng Presto

Siapa yang tidak mengenal Bandeng Presto asli semarang? Salah satu jenis bandeng Semarang yang cukup terkenal yaitu Bandeng Juwana.

Ada beberapa olahan bandeng yang dapat Anda bawa pulang ketika berkunjung ke Kota Semarang yaitu bandeng duri lunak, otak-otak bandeng dan bandeng asap.

Bagi Anda yang menyukai oleh-oleh khas Semarang yang satu ini, jangan sampai lewatkan untuk mampir di Jalan Pandanaran 57 dan Jalan Pamuarsih 70.

Di tempat itu Anda bisa mendapatkan Bandeng Juwana.

Selain bisa dijadikan oleh-oleh, Anda juga dapat menikmati hidangan bandeng langsung di warung makan Bandeng Juwana yang tepatnya berada di lantai 2.

3. Tahu Bakso

Tahu Bakso

Tahu bakso khas Semarang ini tidak kalah terkenalnya dengan lumpia, oleh-oleh khas Semarang yang satu ini wajib Anda bawa pulang saat berkunjung ke Kota Semarang sebagai buah tangan untuk keluarga ataupun teman.

Rasa tahunya yang nikmat, bagi Anda yang menyukai pedas akan lebih lengkap jika dikonsumsi menggunakan cabai rawit hijau.

Ada dua jenis tahu bakso yang dapat Anda pilih ketika membeli oleh-oleh ini di Semarang, Anda bisa memilih tahu bakso rebus atau tahu bakso goreng.

Untuk mendapatkan tahu bakso yang lezat, Anda dapat berkunjung langsung ke Tahu Bakso Bu Pudji di Ungaran, beliau ini sudah berjualan tahu bakso sejak tahun 1995.

Selain tahu bakso, Anda juga dapat menemukan oleh-oleh khas semarang yang lainnya. Maka Anda bisa sekalian untuk berbelanja oleh-oleh selain untuk mendapatkan tahu bakso yang sudah cukup terkenal.

4. Wingko Babat

Wingko Babat

Wingko babat ternyata tidak hanya terkenal di Yogyakarta saja, namun Kota Semarang juga terkenal dengan wongko babatnya.

Salah satu makanan yang terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa muda dan gula. Jajanan yang satu ini memiliki ciri khas rasanya yang legit dan dapat memanjakan lidah.

Salah satu wingko babat Semarang yang cukup terkenal yaitu Wingko Babat Capa Kereta Api dan Anda bisa dapatkan langsung di Jalan Cendrawasih 14, Kota Semarang.

5. Mochi / Maochi Gemini

Mochi Semarang

Jika selama ini Anda hanya menikmati mocha khas Jawa Barat seperti Bandung dan Sumedang, yang merupakan makanan oleh-oleh disana.

Anda dapat mencoba mocha dari Kota Semarang, mochi ini menjadi salah satu makanan khas Semarang yang populer dan dapat dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Kota Semarang.

Jika Mochi di Jawa Barat pada umumny berwarna putih, namun mochi Semarang terbuat dari tepung ketan yang di dalamnya berisi kacang cincang atau gula yang dibaluti dengan wijen.

Jika dilihat dari bentuknya, makanan ini sama dengan onde-onde, slah satu makanan cemilan yang ada di Jawa Barat.

Namun mocha ini memiliki isi dan rasa yang berbeda dengan onde-onde.

Mochi Gemini bisa Anda dapatkan di berbagai pusat oleh-oleh di Kota Semarang, di berbagai agrowisata hingga di toko-toko pinggir jalan.

Tampilan dan rasa kenyal yang menggugah selera, membuat orang yang berkunjung untuk membelinya.

Anda bisa membeli mocha ini dengan harga sekitar Rp.44.500 untuk setiap dusnya dan berisi 25 biji.

6. Lontong Spekkoek Waiki

Lontong Spekkoek Waiki

Nama makanan oleh-oleh yang satu ini memang cukup unik, bagi yang baru pertama kali mendengarnya.

Namun di masyarakat sekitar atau mereka yang bernah berkunjung ke Ibu Kota Jawa Tengah ini memang bukan pembahasan baru.

Belum lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Kota Semarang dan tidak mencicipi atau membawa oleh-oleh khas Semarang Lontong Spekkoek Waiki.

Jika dilihat dari namanya, mungkin dipikiran Anda yaitu sebuah lontong yang terbuat dari tepung beras seperti lontong yang sering Anda temui.

Namun lontong yang satu ini ternyata sebuah kue lapis legit yang bentuknya menyerupai lontong dan kemasannya juga menggunakan daun pisang.

Kue ini memiliki rasa yang lezat, tekstur yang lembut sehingga menambah kenikmatan saat mencicipinya.

Untuk mendapatkan Lontong Spekkoek Waiki, Anda bisa datang langsung ke Jalan Senjoyo 2, No.1 Kota Semarang.

Untuk mendapatkan 1 buah Lontong Spekkoek Waiki, Anda cukup mengeluarkan uang Rp.180.000 untuk satu buah lontong.

Untuk mendapatkan Lontong Spekkoek Waiki bisa datang langsung ke Jalan Senjoyo 2 no 1 Semarang dan siapkan uang sekitar Rp. 18.000 untuk satu biji Lontong.

7. Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu

Oleh-oleh Sarang Madu merupakan Kue Sarang madu yang wajib Anda cicipi jika berlibur ke Semarang.

Kue khas Semarang ini terbuat dari tepung beras, santan dan bagian atasnya di olesi dengan manggunakan gula merah.

Kue Sarang Madu ini merupakan salah satu makanan kuno khas Welahan yang banyak dijumpai di toko-toko daerah Kudus, Jepara dan Semarang.

Harga untuk satu dus kue Sarang Madu dibandrl sebesar Rp.28.000 dan kue ini bisa bertahan hingga 2 bulan.

8. Roti Briliant

Oleh-oleh khas semarang

Roti Briliant atau sering disebut juga dengan nama Brilliant Super Cake, kue ini menjadi salah satu oleh-oleh favorite dan banyak diburu para wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Kue yang satu ini sangat laris karena memilki rasa yang lezat dan terbuat dari bahan pilihan terbaik serta menjadi salah satu makanan yang paling unik yang menggunakan resep kuno dan masih terjaga keasliannya.

Roti Brilian ini dapat bertahan cukup lama meskipun dalam pembuatannya tanpa menggunakan bahan pengawet, bahkan bisa tahan hingga 60 hari.

Jadi bagi Anda yang rumahnya jauh dan membutuhkan waktu lama diperjalanan, tidak perlu khawatir roti ini akan cepat basi karena kue ini tahan lama.

Roti Briliant ini memiliki berbagai varian, mulai dari keju, coklat, almond hingga kismis.

Anda bisa mendapatkan Roti Briliant langsung di Istana Brilian Jalan Simpang Lima, Kota Semarang dan cukup menyiapkan uang sebesar Rp. 100.000 untuk setiap dos.

9. Brownies Opium

Brownies Opium

Oleh-oleh khas Semarang lain yang cukup populer yaitu Brownies Opium. Jika Anda sudah familiar dengan namanya tentu tidak akan bertanya-tanya.

Namun bagi Anda yang masih asing akan beranggapan bahwa makanan yang satu ini terbuat dari bahan yang tidak halal.

Jangan salah, karena Opium Premium Brownis dan Choclate merupakan nama toko yang menjual brownis premium di Semarang.

Jadi sesuai dengan namanya, brownis ini dibikin nagih dan membuat kecanduan karena rasanya yang cukup lezat dan nyoklat banget.

Untuk mendapatkan Brownis Opium, Anda bisa langsung datang di Jalan Jati Raya No.F-12 C Banyumanik atau di Jalan Erlangga Barat 7 No.6, Semarang.

Harga yang ditawarkanjuga bervariasi mulai dari Rp.25.000 untuk per dusnya.

10. Torakur

Torakur

Jika Anda masih bingung mencari oleh-oleh khas Semarang yang tahan lama, Anda bisa mecoba Torakur. Torakir ini merupakan manisan unik khas Bandungan, Kabupaten Semarang.

Manisan ini terbuat dari tomat yang dikeringkan dan memiliki tekstur dan bentuk yang menyerupai kurma Arab dan rasanya sangat lezat. Nama Torakur sendiri merupakan singkatan dari tomat rasa kurma.

Hanya dengan harga Rp.20.000, Anda sudah bisa mendapatkan Torakur dalam kemasan kotak kecil dan dapat Anda jadikan buah tangan untuk keluarga ketika Anda berkunjung ke Semarang.

11. Tumpi

Tumpi

Bagi Anda yang sedang mencari makanan kering khas Semarang, Tumpi bisa Anda jadikan pilihan.

Tumpi merupakan sejenis peyek yang diberi topping kacang hijau dan rasanya cukup renyah, gurih dan lezat.

Tumpi ini selain cocok dibuat camilan saat bersantai, juga dapat digunakan sebagai pelengkap saat makan.

Hanya dengan membayar Rp11.000, maka Anda sudah bisa mendapatkan 1 bungkus Tumpi. Makanan yang satu ini juga bertahan lama apaila kemasannya belum dibuka.

Namun ketika Anda membeli Tumpi, pastikan juga tanggal expired date nya atau bisa Anda tanyakan kepada penjualnya.

Salah satu tempat yang paling terkenal untuk berbelanja Tumpi yaitu di daerah Karangbolo, Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang.

12. Roti Gandjel Rel

Roti Ganjel Rel

Jika dilihat dari namanya, nama makanan yang satu ini terlihat aneh. Cemilan yang satu ini terbuat dari bahan tepung tapioka, air nila, santan, kayu manis dan dengan taburan wijen diatasnya.

Kue ini memiliki tekstur keras dan berwarna cokelat sehingga membuat masyarakat setempat menyebutnya dengan nama bantalan rel api.

Jadi, dari situlah kenapa kue tersebut dinamakan Roti Ganjel Rel. Menurut ahli kesehatan, tekstur keras pada roti ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

13. Tahu Petis

Tahu Petis

Makanan khas Semarang yang populer lainnya yaitu Tahu Petis, makanan ini dapat Anda jadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Semarang.

Tahu petis dibuat dari tahu kuni yang diisi dengan petis, kemudian digoreng.

Sambal petis ini memiliki rasa yang cukup lezat karena berasal dari udang yang ditumbuk halus dan dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya.

Untuk membawa pulang tahu petis, Anda dapat membelinya di gerobak-gerobak penjual gorengan.

Akan tetapi untuk jenis makanan yang satu ini biasanya buka sore hari menjelang malam.

Untuk mendapatkan tahu petis yang cukup terkenal, Anda dapat berkunjung di kawasan Jalan Mataram, atau sekitar Simpang Lima.

Agar makanan ini dapat tahan lama, Anda bisa minta pada penjual untuk memisahkan antara tahu dan sambal petisnya.

Dengan begitu, Anda dapat menghangatkan tahu petis ketika sudah di rumah.

Ada banyak sekali bukan, oleh-oleh khas Semarang yang dapat Anda bawa pulang ketika berkunjung ke Kota Semarang.

Anda dapat membeli beberapa jenis makanan khas Semarang yang dapat Anda jadikan buah tangan untuk keluarga atau teman Anda.

Hello Semarang

4 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like