pantai balekambang

Pantai Balekambang : Harga Tiket Masuk, Rute Lokasi dan Sejarahnya

Total
0
Shares

Pantai Balekambang – Sobat tidak asing kan dengan nama dari pantai ini, pantai ini berada di pesisir selatan kota Malang.

Pantai ini memang memiliki ombak yang cukup keras, sehingga sangat cocok untuk kegiatan selancar sobat ditambah air lautnya yang berwarna kebiruan khas samudera Indonesia.

Daya tarik wisata balekambang yang utama adalah tentang pemandangan alamnya, gelombang ombak yang memanjang serta hamparan pasir putih yang luas.

Pantai Balekambang ini mendapat julukan “Tanah Lotnya Jawa Timur”, hal tersebut dikarenakan wisata pantai ini memiliki topografi dan lanskap yang menyerupai Pantai Tanah Lot Bali.

Hal inilah yang menjadikan wisata pantai ini jadi tujuan destinasi favorit baik oleh turis lokal ataupun mancanegara.

Bahkan terkadang pantai ini dijadikan tempat latihan klub sepak bola Arema dan Persema Malang.

Sejarah Pantai Balekambang

sejarah pantai balekambang

Pantai ini mulai berkembang dan ditempati oleh masyarakat luas sekitar tahun 1978.

Setelah dibukanya akses jalan yang dilakukan oleh kepala desa Srigonco Tukiran, nama balaikambang sendiri kian terkenal setelah secara resmi dibuka sebagai salah satu lokasi wisata oleh Bupati Malang Bapak Eddy Slamet pada tahun 1983.

Saat itu, pantai ini juga diresmikan pula sebagai tempat perkemahan kegiatan kepramukaan Kabupaten Malang.

Konon, yang pertama membuka hutan di kawasan Pantai ini bernama Syaikh Abdul Jalil, beliau seorang ulama’ yang berasal dari Yogyakarta.

makam Syaikh Abdul Jalil
Gambar : Makam Syaikh Abdul Jalil

Saat ini, makam beliau ada disekitar 1 kilometer dari Pantai Balekambang, makam ini sering dikunjungi para peziarah muslim dari berbagai daerah.

Pada bulan Muharram jumlah orang yang berziarah melonjak, ada yang sekalian memperingati tahun baru hijriyah atau sekedar ingin melihat ritual ‘Suroan’

Pantai ini merupakan salah satu wisata unggulan kabupaten Malang dari tahun 1985 sampai sekarang.

Mitos Pantai Balekambang

mitos pantai balekambang

Salah satu mitos yang beredar di pantai ini adalah bahwa hubungan pasangan muda mudi yang belum sah dalam suatu ikatan pernikahan akan berakhir jika mereka datang berkunjung ke pantai ini.

Mitos lain yang beredar adalah air yang ada disekitar area pantai ini bisa membuat seorang awet muda, sehingga sobat akan banyak menjumpai para pengunjung yang berendam atau mengusapkan air ke wajah mereka agar terlihat awet muda.

Rute dan Lokasi Pantai Balekambang

lokasi Pantai Balekambang

Secara administratif wisata pantai ini terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Pantai ini berjarak kurang lebih 60 kilometer ke arah Selatan dari pusat kota Malang, untuk akses jalan menuju Pantai sudah beraspal mulus.

Namun, sobat harus sedikit berhati-hati, karena jalan menuju lokasi ini terdapat beberapa tanjakan serta tikungan tajam.

Disepanjang perjalanan, sobat akan disuguhi pemandangan indah berupa pepohonan hijau dengan hawa udara yang sejuk.

Untuk rutenya, paling mudah sobat mengawalinya dari pusat kota Malang, dari sini ada dua jalur alternatif menuju wisata balekambang yang bisa sobat tempuh.

Alternatif 1 : Pusat kota Malang – Bululawang – Gadang – Kendalpayak – Gondanglegi – Pagelaran – Bantur – Pantai Balekambang

Alternatif 2 : Pusat kota Malang – Kepanjen – Gondanglegi – Pagelaran – Bantur – Desa Sri Gonco – Pantai Balekambang

Namun jika sobat dari kota Blitar, sobat bisa langsung menuju Kecamatan Pagelaran – Bantur dan langsung menuju Pantai ini

Harga Tiket Masuk di Pantai Balekambang

Harga Tiket Masuk di Pantai Balekambang

Biayanya berwisata di pantai ini cukup murah kok, sobat hanya dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk hari senin – sabtu dan Rp. 15.000 per orang pada hari libur serta akhir pekan

Sedang untuk biaya parkir kendaraan, sobat akan dipungut Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil

Hal Seru di Pantai Balekambang

Obyek Wisata Pantai Balekambang

Selain keindahan pemandangan pantainya yang sangat eksotis, dilokasi wisata balekambang juga terdapat berbagai wahana serta hal menarik yang lain, diantaranya sebagai berikut :

– Flying Fox

Flying Fox balekambang

Jika sobat ingin merasakan sensasi outbond flying fox diatas birunya air laut, Silahkan sobat menuju ke pulau Ismoyo, sobat bisa dengan puas bergelantungan diatas pemandangan biota laut menuju bibir pantai dengan area pasir putih yang luas.

Pokoknya kegiatan ini benar-benar bisa membuat menambah adrenalin sobat dech ….. namun sayangnya wahana yang seru ini hanya dibuka pada akhir pekan dan hari libur saja.

– Melihat Upacara Nyepi

Upacara Nyepi

Pada saat hari raya Nyepi, pengunjung dipantai ini sangat banyak sekali, hal ini karena letak pura amarta jati yang berada di pulau Ismoyo menjadi tujuan upacara oleh penganut agama Hindu yang ada dikota Malang.

Upaca tersebut menjadi satu tontonan menarik tersendiri yang bisa sobat saksikan, ritual upacara tersebut sangat bermanfaat karena memberikan tambahan pengetahuan budaya kepada sobat.

Tapi sobat juga wajib untuk mematuhi etika yang ada saat menyaksikan upacara tersebut dari dekat, ini dilakukan guna menjaga kerukunan antar umat beragama.

Sobat juga bisa melihat dari dekat seperti apa keunikan bentuk pura serta menjelajahi pemandangan sekitarnya.

– Camping di Pinggir Pantai

Camping di Pinggir Pantai

Menginap di hotel mungkin sobat sudah biasa, tapi bagaimana rasanya jika camping dipinggir pantai ? hmm, pasti asyik dan seru sobat.

Tapi sobat mendirikan tendanya agak sedikit jauh dari bibir pantai ya, supaya tidak terkena ombak pasang dimalam hari.

– Mengunjungi 3 Pulau

pulau di pantai balekambang

Wisata pantai ini memiliki tiga pulau eksotis yang ada diatas bebatuan karang lho sobat.

Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni.

Semua pulau tersebut bisa dijangkau dengan mudah karna adanya jembatan beton yang menjadi penghubungnya, pokoknya sobat bisa mengunjunginya satu per satu untuk menikmati keeksotisanya masing-masing.

Penginapan di Pantai Balekambang

Penginapan di Pantai Balekambang

Bagi sobat yang rumahnya jauh jangan kawatir, karna disekitar lokasi wisata pantai ini terdapat banyak penginapan yang bisa sobat pilih, diantaranya :

– Homestay Dhilpratis

hotel Homestay Dhilpratis

Di homestay ini tersedia kamar kelas Standard yang dipatok dengan harga Rp. 265.000 saat weekday, sedangkan saat akhir pekan harganya Rp. 275.000per malam.

Layaknya homestay pada umumnya, fasilitas yang disediakan oleh homestay pun standar yaitu 1 ranjang double bed, kipas angin, meja, mushola dan kamar mandi dengan shower.

Jika sobat ingin menginap disini diharuskan untuk booking dan membayar DP lebih dulu.

Bisa dengan menghubungi nomor 082333223335 atau bisa lewat agen travel online yang telah bekerjasama dengan Homestay ini seperti Traveloka.

– Wibisono Hotel

Wibisono Hotel PANTAI BALEKAMBANG

Hotel Wibisana ini menawarkan pilihan variasi, yakni Wibisono 1 tarif sewanya Rp. 350.000 per malam saat weekday atau Rp. 400.000  saat weekend.

Fasilitas yang tersedia diantaranya double bed, kamar mandi, dan sarapan gratis untuk 4 orang.

Selanjutnya untuk Wibisono II dipatok Rp. 250.000 per malam (all season) serta didalamnya ditunjang dengan fasilitas single bed serta kamar mandi.

Untuk info pemesanan kamar di Hotel ini, sobat bisa menghubungi nomor telepon (0341) 365411 atau 362863.

– Villa Wisma Berbunga

Villa Wisma Berbunga pantai balekambang

Villa ini dilengkapi dengan area parkir yang luas, warung makanan dan kamar mandi yang nyaman, baik dilantai 1 maupun lantai 2.

Akan tetapi, sobat dianjurkan untuk melakukan booking terlebih dulu sebelum menginap di Villa ini.

Soalnya kamar di Villa ini seringnya selalu terisi penuh, apalagi jika masuk musim liburan.

Untuk reservasi Villa Wisma Berbunga ini, sobat bisa menghubungi nomor telepon 08139405920.

Oh ya, pantai ini buka selama 24 jam nonstop kok sobat, jadi kesini jam berapapun sobat akan tetap dilayani oleh pihak pengelola serta buka setiap hari.

Bagaimana sobat, tertarik berlibur ke wisata balekambang ini ? Silahkan saja sobat agendakan bersama keluarga atau teman-teman, pokoknya dijamin seru dan menyenangkan.

Kunjungi Juga Artikel Terkait :

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like