pantai gili labak

Pantai Gili Labak – Rute, Harga Tiket Masuk dan Objek Menariknya

Total
0
Shares

Pantai Gili LabakMungkin sobat masih sedikit asing dengan nama pantai ini, ya ….. pantai ini memang tidak sepopuler pantai-pantai lain di Indonesia.

Mungkin sobat juga belum tahu bukan letak pantai ini, Pantai gili labak ini berada di Kota Sumenep, pulau Madura.

Kawasan wisata ini sebenarnya juga merupakan sebuah pulau dengan nama yang sama, yaitu pulau Gili Labak atau kadang juga disebut dengan labek.

Letak tepatnya yaitu di kawasan Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep. Dilokasi yang luasnya hanya sekitar lima hektar ini dihuni oleh kurang lebih tiga puluh lima kepala keluarga.

Jika sobat berlibur ke pantai ini, sobat bisa mendapatkan spot menarik dan juga memberikan pengetahuan, yaitu keindahan dari biota bawah lautnya.

pantai gili labak
Pantai Gili Labak

Bagi sobat pecinta snorkeling atau menyelam tentunya akan sangat puas berada di pantai ini.

Pemandangan gugusan terumbu karang yang terbentang luas dengan ragam warnanya akan langsung menyambut para penyelam. Selain itu juga bisa melihat ikan-ikan di laut didalamnya.

Keadaan tersebut juga kontras dengan hamparan pasir putihnya yang bersih serta pemandangan lautnya yang biru. Hmmm sungguh Pesona keindahan pantai gili lambak ini memang asri.

Harga Tiket Masuk di Pantai Gili Labak

tiket masuk gili labak

Sebenarnya harga tiket yang ditawarkan tidak pasti untuk tiket masuknya saja, karena umumnya wisatawan yang datang selalu menggunakan paket Wisata yang disediakan oleh agen biro perjalanan.

Harganya bervariasi, paket lengkap mulai dari Rp 200.000 sampai jutaan tergantung dari pilihan pelayanan yang sobat ambil.

Saat ini di daerah Surabaya sudah banyak agen perjalanan yang menyediakan paket wisata khusus menuju Pantai Gili Labak, Jika dihitung-hitung harganya pun lebih murah dan menguntungkan.

Rute Menuju Pantai Gili Labak

lokasi pantai Gilik Labak

Sobat bisa melalui kota Surabaya dengan melewati jambatan suramadu, lalu menuju kabupaten Sumenep yang berada di pulau Madura paling timur dengan jarak tempuh sekitar empat hingga lima jam perjalanan.

Waktu tempuh tersebut baik dengan mengendarai kendaraan pribadi ataupun bis, Sampai di pesisir Tenggara kabupaten Sumenep, sobat tinggal menggunakan perahu menuju ke pulau gili labak.

Alternatif lain yang bisa sobat gunakan sebagai akses menuju pantai ini yaitu lewat pelabuhan kalianget yang merupakan pelabuhan terbesar di Sumenep dan sering digunakan sebagai akses menuju pantai dari pulau gili labak.

Selain itu masih ada opsi akses lainya lho sobat,  yaitu melalui desa Lobuk yang ada di kecamatan Bluto.

Rute ini adalah akses terdekat jika dibandingkan dengan rute yang lain, karna rute ini memiliki sebuah dermaga mini dengan akses ke pulau gili raja dan gili genting.

pantai gili labak
Pesisir Pantai Gili Labak

Di kecamatan Bluto tepatnya dipertigaan dari kecamatan tersebut, ada desa bernama Lobuk, yang disitu terdapat dermaga kecil yang bisa digunakan sobat untuk memesan perahu menuju ke pantai ini.

Akses lainnya yaitu bisa lewat tanjung yang berada di Kecamatan Saronggi, kecamatan yang letaknya setelah kecamatan Bluto.

Di sini juga terdapat dermaga yang menyediakan transportasi berupa perahu kecil yang siap mengangkut sobat menuju ke pantai pulau gili labak.

Tempat Penginapan di Pantai Gili Labak

pantai Gilik Labak

Jika sobat ingin menginap di pantai ini, ada 2 opsi penginapan, pertama dengan menginap dirumah penduduk dan yang kedua mendirikan tenda di pinggir Pantai.
Karna untuk penginapan resmi seperti hotel memang belum tersedia di lokasi wisata pantai labak ini.

Objek Seru di Pantai Gili Labak

Wisata Pantai Gili Labak juga menawarkan objek-objek wisata yang bisa dilakukan sambil menikmati keasrian pantainya, diantaranya yaitu :

Snorkeling dan Diving Bawah Laut

pantai Gilik Labak

Bukan hanya dipesisir nya saja lho sobat, keadaan bawah laut Pantainya sangatlah jernih dan indah mempesona.

Jika sobat termasuk pecinta snorkeling dan menyelam, maka di sinilah rekomendasi yang pas, disini juga disediakan penyewaan alat menyelam

Ditambah keramahan dari para nelayan yang dengan senang hati jika sobat tumpangi menuju spot penyelaman yang diinginkan.

Kemah di Pinggir Pantai

pantai Gilik Labak

Di pantai ini, sobat diperbolehkan untuk mendirikan tenda dan bermalam dipinggir pantai.

Yang terpenting adalah sobat tetap menjaga kebersihan dan keindahan pantai, juga tetap berhati-hati lebih-lebih saat air laut sedang pasang.

Bisa menikmati suasana pantai pada malam hari ditemani teman atau keluarga dengan pemandangan langit berupa taburan bintang adalah salah satu keuntungannya.

Sobat juga bisa menikmati suasana sunset dan sunrise bila sobat bermalam di pantai ini

Menyusuri Sepanjang Pinggir Pantai

pohon kelapa pinggir pantai

Luas Pulau Gili Labak tidak begitu besar, sobat bisa melakukan kegiatan menyusuri bibir Pantai sambil sesekali berhenti dan bermain pasir.

Atau sobat juga bisa sekedar hanya jalan-jalan di sepanjang bibir Pantai sembari mengobrol bersama.

Tentu saja sajian pemandangan eksotis disepanjang Pantai ini memberikan ketenangan dan kesejukan tersendiri yang sulit sobat dapatkan dikota.

Fotografer Keliling Pantai

fotografer

Bagi sobat yang suka foto-foto, di pantai ini sangatlah cocok untuk melakukan kegiatan fotografi, dan nantinya hasil jepretan sobat bisa memukau semua orang yang melihat hasilnya.

Selain pemandanganya yang sangat mempesona, ditambah hamparan pasir putih dan jernihnya air biru di Pantai ini bisa menjadi latar belakang sempurna yang menyegarkan bagi penikmatnya.

Naik Perahu Keliling Pulau

pinggir pantai

Jika ingin naik perahu mengelilingi sekitar pulau gili labak, sobat bisa menyewa perahu atau kapal kecil milik nelayan disini.

Ini bisa sebagai alternatif buat sobat jika tidak mau basah-basahan menyelam melihat keindahan lautnya.

Kondisi air Pantai yang sangat jernih, sehingga berada diatas kapalpun masih memungkinkan sobat melihat ikan atau karang yang ada didalamnya.

Bagaimana sobat, menarik bukan berwisata di pantai gili labak …. jangan lupa ya abadikan setiap momen disana dan lihatkan pada teman-teman bahwa ada tempat yang sangat indah nan mempesona dikawasan pulau gili labak.

Selamat berlibur sobat !

Kunjungi Artikel Terkait :

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like