Pantai Indrayanti

√ Pantai Indrayanti, Wisata Asyik Nan Seru di Jogjakarta

Total
0
Shares

Pantai Indrayanti – Membahas wisata daerah Jogjakarta seakan tidak ada habisnya, selain sebagai ikon kota pelajar, daerah ini juga menjadi surga untuk menghabiskan waktu luang atau disaat liburan datang.

Ada satu dari sekian lokasi wisata di daerah Jogjakarta yang sangat recomended untuk sobat, ya namanya Pantai Indrayanti

Sobat pernah mendengarnya bukan, ….. karna memang nama Indrayanti sendiri sudah cukup dikenal dikalangan para wisatawan baik dalam maupun mancanegara.

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah serta air yang bersih, ditambah kebersihan pantainya yang sangat terjaga, hal ini karena pihak pengelola pantai memberlakukan aturan yang ketat untuk menjaga kebersihannya.

Mereka tidak segan untuk  memberikan sanksi kepada wisatawan yang membuang sampah sembarangan.

Salah satu bentuk hukumannya ialah wisatawan akan dimintai denda sekitar Rp. 10.000, bagaimana sangatlah disiplin kan sobat pengelolanya, he he he ……

pantai indrayanti jogja
Gambar : Pemandangan Pesisir Pantai Indrayanti

Kilas Balik Pantai Indrayanti

Sejarah Pantai Indrayanti

Pantai indrayanti ini memiliki latar belakang dan cerita yang cukup unik, kita mendengar namanya saja sepertinya berbeda dengan nama-nama pantai lainya.

Umumnya nama-nama Pantai lain menggunakan nama suatu tempat dimana pantai tersebut berada, sedangkan pantai yang satu ini berbeda.

Nama tersebut justru diambil dari nama sebuah restoran Indrayanti yang letaknya berada tidak jauh dari sini.

Karena Restoran tersebut sangat terkenal dikalangan orang-orang yang pernah berkunjung di pantai ini, sehingga lama-kelamaan seolah menjadi landmark dari tempatwisata ini.

Akhirnya tanpa disengaja dari omongan mulut ke mulut, tempat ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti.

Digunakanya nama Indrayanti tersebut sebenarnya diambil dari gabungan nama pemilik restoran, yaitu bapak Indra dan ibu Yanti, he he he ….. lucu ya sobat.

restoran pantai indrayanti
Gambar : Restoran Pantai Indrayanti

Sebenarnya nama resmi yang dipakai oleh pemerintah untuk mempromosikan destinasi wisata ini adalah pantai Pulang Syawal.

Hanya saja, pengunjung serta masyarakat setempat sudah terlanjur menyebut tempat ini dengan sebutan nama pantai Indrayanti, belum lagi pengaruh pengguna media sosial yang sering menyebut tempat wisata ini dengan nama pantai indrayanti.

Dulu sempat terjadi pro kontra antara pihak pemerintah dan pengelola pantai ini terkait penamaan lokasi ini, tapi tidak berlanjut lebih jauh.

Lokasi dan Rute Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Lokasi pantai ini berada diarea wisata pantai Gunung Kidul, tepatnya di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Jogyakarta.

Lokasi tersebut juga berdekatan dengan lokasi pantai-pantai lainnya, seperti pantai Omandeng, pantai Sundak, pantai Ngandong, dan pantai Sadranan yang justru berada tepat disebelah timur dari pantai ini.

Pantai-pantai terebut juga termasuk yang sering dikunjung oleh para wisatawan selesai mengunjungi pantai Indrayanti

Bagi sobat yang mau berlibur di pantai ini, sobat bisa menggunakan alternatif rute ini :

  • Dari Jogja sobat menuju jalan Wonosari (ringroad timur), lalu menuju kearah Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Tepus.

Dari tepus sobat tinggal ikuti petunjuk jalan menuju arah pantai.

  • Rute alternatif yang kedua, yang bisa sobat gunakan : lewat jalan Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron.

Dari pantai Baron sobat lanjut kearah timur kurang lebih sekitar 10 KM untuk sampai ke pantai ini.

Rute via Wonosari lebih banyak direkomendasikan, karena rute tersebut lebih mudah untuk sobat lalui jika berasal dari luar Jogjakarta.

Untuk lebih mudahnya, sobat bisa mengikuti arah google maps berikut ini :

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

tiket masuk pantai indrayanti

Untuk harga tiket masuk di Pantai ini, sobat akan dikenakan biaya Rp. 10.000 – Rp. 15.000 per orang, cukup murah kan sobat

Karena memang umumnya wisata pantai di Gunungkidul ini sangat terjangkau, juga ada beberapa fasilitas yang sobat nantinya masih akan dikenakan biaya seperti :

  • Sewa payung pantai : Rp. 20.000 (sepuasnya)
  • Sewa Gazebo : Rp 30.000
  • Toilet dan kamar mandi untuk bilas : Rp. 2000 – Rp. 5000
  • Sewa jetski : Rp. 250.000 per 15 menit
  • Parkir kendaraan motor Rp. 2.000 – Rp. 4.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp. 15.000.

Tarif diatas hanya jika sobat menyewa fasilitas-fasilitas tersebut, jika tidak sama sekali, maka sobat hanya dikenai biaya tiket masuk dan parkir kendaraan.

Loket masuk menuju kawasan pantai ini dibuka selama 24 jam full, jadi sobat sampai disini jam berapapun akan tetap dilayani oleh pihak pengelolanya.

Fasilitas Pantai Indrayanti

Fasilitas Pantai Indrayanti

Fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup lengkap kok sobat, terdapat berbagai tempat makan atau cafe untuk sekedar bersantai dan menikmati makanan kuliner khas pantai.

Disepanjang pantai terdapat rangkaian gazebo dan payung pantai yang bisa digunakan untuk istirahat dan menikmati suasana pemandangan disekitar pantai.

Diantara fasilitas-fasilitas yang lainya yaitu toilet dan kamar mandi, penyewaan jetski, wahana bermain anak, penginapan, mushola, toko cinderamata, tempat parkir yang luas bahkan juga ada menara lifeguard beserta petugas yang berjaga.

Penginapan di Pantai Indrayanti

Penginapan di Pantai Indrayanti

Bagi sobat yang berasal dari luar kota, tentunya sangat melelahkan jika langsung meneruskan perjalanan, menginap di losmen sekitar pantai tentu bisa jadi pilihan terbaik.

Di pantai ini tersedia banyak sekali penginapan dengan harga kisaran mulai dari Rp. 100.000an

Nah, jika sobat punya rencana berkunjung disini pada saat hari libur apalagi berencana mau menginap, sebaiknya sobat memesanya jauh-jauh hari, sebab biasanya pada hari tersebut penginapan-penginapan disini banyak yang sudah dipesan.

Berikut ini daftar penginapan-penginapan yang tersedia di area wisata pantai indrayanti :

  • Walet Guest House, Nomor kontak : 0821-3306-5501, 0878-3860-1129, 0852-0017-5454.
  • Penginapan Cemara Udang, Nomor kontak : 0813-2541-4441
  • Penginapan Joglowatukelir, Nomor kontak : 0819-0404-4481, 0823-2737-737
  • Griya Pesisir, Nomor kontak : 0877-3801-7351, 0813-2800-5731
  • Bamboo Lengkung Cottage, Nomor kontak : 0813-9281-4301, 0813-2637-1994, atau 0852-0002-64888
  • Rock Garden Homestay, Nomor kontak : 0822-2531-7339

Selain penginapan diatas, sobat juga bisa menginap ditempat penginapan yang ada di pantai lain yang letaknya berdekatan.

Baca Juga Penginapan Murah di Jogja

Aktivitas Wisata di Pantai Indrayanti

aktifitas di pantai indrayanti

– Bermain Pasir Putih

Sobat bisa mengajak buah hati sobat untuk berkreasi membuat bangunan pasir putih yang bersih dari sampah.

– Mencari Ikan di Sela Bebatuan Karang

Suasana pantai sangatlah bersahabat, jarak antara pasir putih dengan ombak hanya dipisahkan oleh bebatuan karang panjang tempat bersembunyi para ikan-ikan warna-warni serta biota laut lainnya.

– Foto dari Atas Tebing

Disekitar pantai ini terdapat banyak tebing yang telah diberi anak tangga untuk menuju pucuk karang yang telah dibuat secara swadaya oleh penduduk lokal, sehingga kita bisa menikmati indahnya pantai Indrayanti dari ketinggian.

– Adrenalin dengan Jet Ski

Disini sobat juga bisa menikmati sensai adrenalin naik jet ski dengan tarif Rp.250.000,- / 15 menit.

Sobat akan dibawa oleh drivernya dengan manuver dan kecepatan yang membuat jantung berdebar, bahkan terkadang ada penumpangnya yang jatuh ke air.

Namun sobat tidak perlu khawatir karena sudah disediakan baju pelampung kok, aman pokoknya.

– Duduk Santai di bawah Payung.

Banyaknya penduduk lokal yang menyewakan payung dan tikar bisa sobat manfaatkan untuk menikmati ombak pantai dari atas pasir putih tanpa perlu khawatir terkena terik panas matahari.

Tips Wisata di Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

  • Bawalah kacamata hitam dan topi untuk menghindari panasnya terik matahari saat siang hari, jika perlu sobat bisa sekalian membawa tabir surya agar kulit tidak gosong.
  • Bawalah peralatan mandi seperti sabun dan handuk sehingga sobat tidak perlu lagi membeli disini
  • Jangan juga lupa membawa sandal jepit, jika perlu pakailan sandal jepit setelah sobat turun dari kendaraan, hal ini bertujuan untuk menghindari panasnya jalan pasir menuju gulungan ombak

Semoga penjelasan diatas bermanfaat, dan selamat menikmati liburan nya sobat ……

Kunjungi Juga :

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like