Wisata Pantai Klayar: Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Lokasi

Total
0
Shares

Pantai Klayar – Hai sobat, tahukah kalian, di daerah Pacitan Jawa Timur ada satu tempat wisata yang mulai banyak dikenal oleh para wisatawan.

Namanya wisata Pantai klayar, tempat wisata ini mulai terkenal namanya dan menjadi tujuan para traveller setelah sering terekspos dimedia sosial dan internet.

Pantai klayar ini termasuk masih dalam serangkaian pantai selatan. Sehingga menawarkan suasana khas pantai selatan seperti pantai pasir putih, ombak besar dan bentang pantai yang indah.

Kilas Balik, Asal-usul Nama Hingga Judul Lagu

pantai klayar
Pesisir Pantai Klayar

Kawasan pantai klayar ini dulu pernah dijadikan sebagai judul lagu oleh maestro campursari ternama yaitu Didi Kempot.

Nama dari klayar sendiri sebenarnya diambil dari bahasa jawa yaitu kluyar-kluyur yang berarti jalan-jalan.

Seperti halnya beberapa pantai di daerah pacitan, kawasan ini juga mempunyai sebuah keunikan dan ikon yang sulit terlupakan.

Ada satu hal menarik di pantai klayar, Yaitu semburan air laut dari sela-sela karang.

Sebenarnya semburan air tersebut adalah semburan air laut yang terkena tekanan dari bawah tebing. Karena arus air laut di bawah lebih tinggi, maka terjadilah semburan air laut ke atas lewat sela-sela karang.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

pantai klayar

Sobat travel bisa menikmati semua pemandangan yang indah diatas, hanya dengan membayar harga tiket sebesar Rp. 5.000 saja, murahkan …..

Tetapi, saat libur dan malam minggu biaya masuk Pantai ini akan naik harganya sebesar Rp. 10.000

Sedang untuk parkir, sobat akan dikenai biaya sebesar Rp. 5.000 bagi yang menggunakan mobil, dan Rp. 2.000 untuk pengguna kendaraan.

Rute Pantai Klayar

Wisata Pantai klayar terletak di desa Kalak kecamatan Donorojo kabupaten Pacitan, kurang lebih sekitar 35 KM arah barat kota Pacitan.

Perjalanan ke pantai ini dapat ditempuh kurang lebih 1 Jam dari kota pacitan, Kondisi jalannya memang agak sempit ditambah dengan jalan yang berkelok-kelok dan naik-turun, tapi sobat jangan kawatir, semua itu akan terbayar tuntas dengan keindahan panorama alam di pantai ini.

Lebih mudahnya, sobat bisa mengikuti google maps berikut ini:

Fasilitas yang Ada di Pantai

fasilitas pantai klayar

Di pantai ini fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai, disana sudah tersedia kamar mandi dan toilet yang bersih.

Bagi sobat yang beragama islam juga sudah tersedia mushola di kawasan pantai ini, apalagi untuk urusan perut sobat tenang saja.

Warung-warung makanan dipinggiran pantai siap memanjakan perut sobat dengan variasi menu yang sangat lezat.

Bagi sobat yang ingin menginap tersedia tempat penginapan, Tetapi sobat juga boleh kok mendirikan tenda atau camping dipinggir pantai, dengan catatan sebelumnya harus laporan lebih dahulu kepada pengelola pantai ya ……

Objek Wisata di Pantai Klayar

Di pantai klayar juga ada beberapa lokasi dan wahana yang menjadi objek wisata, yang tentunya juga sayang jika terlewatkan, yaitu :

– Batu Karang di Tengah Pantai

batu karang pantai klayar

Di Pantai ini, dibagian tengah terdapat sebuah batu-batuan karang yang tidak hanya sekadar hasil dari erosi air laut.

Konon ceritanya adalah merupakan hasil pertarungan makhluk  gaib yang terjadi di Pantai Klayar, he he he …. srem kan sobat.

Batu Karang tersebut tersambung dengan bebatuan Karang yang ada dipinggir tepi Pantai, bahkan sekarang sobat bisa mendakinya karena sudah disediakan tangga dari beton.

– Seruling Samudra

seruling samudera pantai klayar

Bagi sobat yang mengunjungi Pantai ini, jangan lewatkan untuk melihat atraksi dari Seruling Samudra ya …… karena hal tersebut adalah momen yang paling dinanti.

Seruling Samudra adalah sebutan untuk sebuah Lubang Batu Karang yang berada di balik tebing.

Dinamakan demikian karena saat angin dan air laut menembus lubang tersebut, maka akan terdengar seperti suara seruling dari laut.

– Air Mancur di Tengah Laut

pantai klayar

Di pantai ini, sobat akan disuguhi pemandangan indah berupa air mancur ditengah Pantai, air Mancurnya alami lho sobat, he he.

– Batu Sphinx dan Sumur

batu Sphinx pantai klayar

Ada Fenoma Alam yang terjadi di Pantai ini, yaitu berupa bebatuan yang mirip dengan Patung Sphinx yang ada di Mesir.

Yaitu Patung Singa dengan Kepala Manusia, Itulah alasan mengapa tebing tersebut juga di namakan sebagai Batu Sphinx, dahulu Masyarakat sekitar memberi nama Watu Lumbung.

Keunikan dari tebing batu tersebut sering kali oleh para wisatawan dijadikan sebagai objek spot foto.

Selain itu, dicelah-celah bebatuan karang terdapat sebuah Lubang yang oleh warga sekitar disebut Sumur, Sumur pertama yang paling lebar dan luas dulunya dijadikan tempat pemandian dan pengobatan kuda balap.

Sedangkan dua sumur lainnya berukuran lebih kecil yang masing-masing dinamakan sumur Ciderlaras dan Suranyata yang keduanya dipercaya dapat membawa berkah.

– Gradasi Warna Pasir yang Indah

Pantai Klayar

Keunikan selanjutnya dari Pantai klayar adalah pasirnya yang memiliki warna yang cukup menarik yakni putih dan cokelat.

Dimulai dari warna yang agak putih pada bagian tepi yang jika semakin mendekati air laut pasir tersebut bertransisi atau berubah menjadi agak kecokelatan.

Gradasi warna tersebut bisa dilihat dari arah atas atau menggunakan kamera pesawat drone.

Bagaiman sobat, kebayang keindahanya kan …… langsung saja jadikan pilihan destinasi wisata yang harus sobat kunjungi berikutnya.

Kunjungi Artikel Terkait :

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like