pantai nglambor

Pantai Nglambor : Harga Tiket Masuk dan Info Sebelum Berkunjung

Total
0
Shares

Pantai Nglambor – Hallo sobat, ingin liburan santai di pantai namun dengan suasana dan wahana obyek wisata yang antimainstream …..

Hmmm, kalau itu yang sobat cari, Pantai Nglambor sangatlah recomended untuk jadi referensi destinasi liburan sobat.

Alasannya pokoknya adalah karna pantai ini menyimpan sejuta pesona yang bisa membuat sobat rindu berat setelah mengunjunginya, he he he ….

Pantai nglambor ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga membuat ombak di pantai ini cukup besar.

Meskipun begitu, di pantai ini telah disediakan area khusus agar sobat tetap bisa menikmati wahana snorkeling dan penyelaman.

Selayang Pandang Pantai Nglambor

sejarah pulau nglambor

Umumnya pantai-pantai yang ada di kawasan laut selatan Jogjakarta hampir selalu terselip cerita-cerita mistis didalamnya.

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk pantai Nglambor ini, pantai ini sangat jauh dari kesan mistis.

Hanya saja salah satu ragam budaya upacara sedekah laut masih tetap ada disana, ya layaknya yang dilakukan di pantai-pantai sekitar laut selatan jogja.

Disana tradisi upacara sedekah laut sering disebut dengan istilah “Ngalangi” yang jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia mempunyai arti “melarang”.

Maksud dari kata tersebut yaitu meningatkan kepada siapapun khususnya warga sekitar agar tidak menangkap ikan-ikan disekitar pantai.

Sedang untuk Pengunjung tetap diperbolehkan menangkap ikan disini, hanya saja bisa dilakukan diluar musim pemijahan ikan yang terjadi setahun sekali.

Untuk menangkap ikan di pantai inipun harus menggunakan alat khusus berupa gawar (sejenis jaring ikan tetapi terbuat dari akar pohon Wawar)

Rute dan Lokasi Pantai Nglambor

Peta Pantai Nglambor

Letak dari pantai ini yaitu berada di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta.

Dikarenakan pantai ini diapit oleh dua pantai, yaitu pantai Siung dan pantai Jogan sehingga untuk lokasi pos retribusinya dijadikan satu di pantai Siung.

Dari Jogjakarta, sobat berjalan menuju Jalan Wonosari untuk tiba di Piyungan, sampai di Piyungan sobat akan melewati bukit bintang.

Lalu menuju Patuk dan Sambipitu, Setelah itu melaju kearah Pemda Kota Wonosari, jika sudah sampai sobat bisa menuju ke arah Tepus – Menthel – Cabean lalu Bintaos.

Dari Bintaos ini sobat akan sampai dikantor kecamatan Tepus –  desa Tepus – Gesing – Purwodadi, Nah, dari Purwodadi ini sobat sudah dekat dengan pantai Nglambor.

Arahkan kendaraan sobat menuju simpang tiga Nagun menuju ke jalur pantai Siung, lalu ada tempat pos pemungutan retribusi.

Setelah membayarnya, sobat bisa melanjutkan perjalanan menuju pantai Nglambor yaitu di simpang tiga yang kedua.

Meskipun akses dan rutenya sedikit susah, namun semua itu akan terbayar tuntas dengan keindahan dan keseruan dari obyek wisata di Pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

tiket masuk pantai nglambor

Biaya tiket masuk di pantai ini sangat murah lho sobat, hanya sebesar Rp 5.000 per orang, sedang untuk biaya parkir yaitu, kendaraan motor Rp. 2.000, mobil Rp. 5.000 dan bus pariwisata Rp. 15.000

Dengan harga yang sangat murah tersebut, liburan di pantai tak perlu jauh dan mahal untuk mendapatkan pemandangan dan obyek wisata yang menarik, karena beragamnya wahana obyek wisata di pantai ini.

Obyek Wisata di Pantai Nglambor

Obyek Wisata di Pantai Nglambor Panorama alam di pantai Nglambor sangat menarik dan indah. Namun tak hanya itu, bahkan di pantai Nglambor terdapat banyak obyek wisata yang bisa Anda nikmati bersama keluarga maupun teman. Apa saja obyek wisata yang disediakan di pantai di Gunungkidul ini? Inilah obyek wisata di pantai Nglambor. 1. Wahana Snorkeling

Di pantai juga terdapat banyak obyek wisatanya lho sobat,  yang semuanya bisa sobat nikmati bersama keluarga maupun teman.

Berikut ini daftar objek wisatanya sobat :

– Snorkeling

Snorkeling

Sobat bisa secara langsung melihat biota laut berupa kerang dan ikan khas laut yang bermacam-macam

Meskipun di pantai ini ombaknya cukup besar, namun snorkeling tersebut dilakukan diarea yang aman kok sobat.

Lokasi ini diapit oleh dua kerang besar yang sering disebut mirip dengan kura-kura raksasa penjaga pantai.

Selain itu, disediakan juga alat-alat untuk snorkeling yang lengkap dengan harga sewa terjangkau.

Hal yang perlu diperhatikan saat sobat melakukan aktivitas ini adalah berhati-hati agar tidak menginjak terumbu karang, karna jika sobat menginjaknya bisa membuat terumbu karang jadi rusak.

– Menyusuri Tepi Pantai

tepi Pantai Nglambor

Setelah mencoba objek wisata seperti snorkeling, sobat bisa berjalan-jalan santai menikmati indahnya pantai ini.

Menyusuri tepi pantai sambil bermain pasir ditemani dengan hentakan ombak-ombak kecil pasti sangat menyenangkan.

Sobat juga bisa mampir ke pantai-pantai lainnya yang letaknya berdekatan dengan pantai ini.

– Trekking Bukit

Jalur Trekking pantai nglambor

Letak pantai nglambor yang banyak tebing dan perbukitan bisa sobat coba sebagai wahana trekking.

Jika sobat sudah sampai dipuncak, sobat bisa menyaksikan pemandangan dari atas bukit, lengkap dengan pemandangan area snorkeling, dua batu karang raksasa, dan landscape pantai.

Serta sobat juga bisa melihat pemandangan wisata pantai-pantai lain disekitar pantai ini.

 – Berjemur dan Berendam dalam Air

berjemur di pantai

Pasir putih yang agak kasar serta adanya beberapa penjual makanan ringan membuat sobat bisa lebih puas memanjakan diri.

Apalagi ditambah semilir angin sepoi menjadi sahabat terbaik dalam menikmati secangkir teh atau kopi yang nikmat menggoda.

Tips Berwisata di Pantai Nglambor

Tips Wisata Pantai Nglambor Seperti dijelaskan diatas, jika aktivitas paling menyenangkan disana ialah melakukan snorkeling, oleh sebab itu jangan lupa membawa sejumlah pakaian ganti. Agar mendapatkan liburan menyenangkan, rekomendasi menghubungi pengelola terlebih dulu agar mendapatkan informasi mengenai berbagai hal seperti waktu terbaik, visibilitas air yang ditentukan oleh pasang surut ombak dan tingkat kejernihan. Ya, jangan sampai sudah jauh-jauh demi berlibur, malahan keadaan laut sedang surut. Bila ingin berkunjung ketika akhir pekan atau pun ketika musim liburan, sebaiknya melakukan reservasi terlebih dulu supaya tak kehabisan alat snorkling. Bila sudah memiliki perlengkapan alat snorkling sendiri, sobat tak perlu membayar sewa peralatan, tinggal langsung aja bermain di pantai. Tips terakhir, demi mendapatkan informasi lebih lengkap dan waktu terbaik, maka sobat bisa menghubungi komunitas BNS di nomor berikut 082134692388 dan 087839639249 (telepon dan sms), 32A9ED87 (BBM), 082134692388 (nomor whatsapp) dan Pantainglambor (Line). Juga bisa menghubungi melalui sosial media @PantaiNglambor(Instagram), @PantaiNglambor(twitter) dan Pantai Nglambor(Facebook).

  • Bawalah sejumlah pakaian ganti.
  • Mintalah terlebih dulu informasi dari pengelola mengenai berbagai hal, seperti waktu terbaik, visibilitas air yang ditentukan oleh pasang surut ombak dan tingkat kejernihan, jangan sampai sudah jauh-jauh berlibur disana, keadaan laut malah sedang surut.
  • Jika sobat berkunjung kesini saat akhir pekan atau saat musim liburan, sebaiknya melakukan reservasi lebih dulu agar tak kehabisan alat snorkling, kecuali jika sobat sudah memiliki perlengkapan alat snorkling sendiri, maka tak perlu menyewa peralatanya disini

Bagaimana, menarik kan sobat …… pokoknya wisata pantai nglambor ini sangat recomended untuk sobat kunjungi sebagai destinasi wisata yang seru dan mempesona.

Kunjungi Juga Artikel Terkait :

 

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like