pantai pok tunggal

√ Pantai Pok Tunggal : Harga Tiket, Rute dan Objek Wisatanya

Total
0
Shares

Pantai Pok Tunggal – Pantai ini termasuk pantai dengan sebaran pasir putih yang serta lembut dan juga memiliki pemandangan indah yang masih sangat alami

Dengan ombak yang cukup besar, pantai ini mempunyai tepi pantai yang agak panjang, selain itu disekitar wisata pantai ini, terdapat dua perbukitan yang bisa sobat naiki.

Pantai ini memang terbilang agak tersembunyi, karena berada dideretan bukit yang ada di kawasan Gunungkidul.

Maka tak heran jika ada yang menyebut pantai ini sebagai The Hidden Paradise Of Beach, karna dibalik tersebunyi Pantai ini terdapat pemandangan alam yang mempesona

Sedang dua bukit tersebut yang sebelah barat dinamakan bukit tirta pok tunggal asri dan disebelah timur dinamakan bukit panjong.

Selayang Pandang Pantai Pok Tunggal

sejarah pantai pok tunggal

Nama “Pok Tunggal” ini sendiri sebenarnya diambilkan dari sebuah pohon yang bernama duras yang  ada dipinggir wisata Pantai ini

Pohon Duras ini tersebut hanya memiliki satu buah saja, maka dari itu pantai ini dinamakanlah dengan nama Pok Tunggal.

pohon duras pantai pok tunggal
Gambar : Pohon Duras Pantai Pok Tunggal

Masyarakat disini juga merangkap sebagai pihak penanggungjawab atau pengelola pantai ini, sehingga pantai ini terlihat sangat bersighpantai dari sampah-sampah.

Disini, sobat tidak segan-segan akan dikenai sanksi jika ketahuan membuang sampah sembarangan, untuknya nominal dendanya yaitu sebesar Rp. 10.000

Keunikan lainya dari Pantai ini adalah adanya aliran sungai yang berada dibawah tanah.

Aliran sungai tersebut mempunyai air yang tawar yang tidak tercampur dengan air laut, sungai ini juga menjadi sumber mata air utama yang menghidupi masyarakat sekitar pantai ini.

Lokasi dan Rute Pantai Pok Tunggal

lokasi pantai pok tunggal

Secara geografis lokasi wisata Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Jogjakarta.

Akses menuju pantai ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk sobat tempuh kok, hanya saja sekitar dua kilometeran sebelum masuk kawasan pantai ini terdapat jalan tanah yang masih berbatu.

Keberadaannya yang terletak diantara dua pantai lain yaitu Pantai Indrayanti dan pantai Siung, akses menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan beragam moda transportasi seperti motor, mobil sampai kendaraan umum.

Jika sobat memulai perjalananya dari kota Jogjakarta, maka jarak yang harus ditempuh sekitar 75 km atau 2 jam perjalanan dengan kendaraan.

Dari pusat Kota Jogjakarta – lewat Jalan KH. Ahmad Dahlan – Jalan Panembahan Senopati 9 – sampai diperempatan kearah selatan lewat Jalan Brigjen Katamso – perempatan kearah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono – sampai dipertigaan ke arah selatan lewat Jalan Sisingamangaraja – Jalan Imogiri Barat.

Lokasi Pantai Pok Tunggal
Gambar : Peta Dari Kota Yogyakarta

Jalan bakulan Imogiri –  Jalan Imogiri Siluk – Jalan Siluk Panggang – Jalan Siluk Panggang – Jalan Raya Panggang Wonosari – Jalan Pantai Selatan Jawa – Jalan Pok Tunggal, lalu sobat ikuti terus jalan tersebut hingga sampai di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

tiket masuk pantai pok tunggal

Harga tiket masuk di Pantai ini sangat murah lho, sobat hanya dikenai biaya Rp. 10.000 per orang.

Biaya tersebut juga sudah termasuk tiket masuk dilokasi wisata pantai lain yang berdekatan dengan Pantai Pok Tunggal, whoooo, murah banget kan …… he he he.

Untuk biaya parkirnya yaitu : Sepeda Motor Rp. 3.000, Mobil Rp. 5.000 dan Minibus Rp. 15.000

Juga karena di pantai ini diperbolehkan untuk camping, sobat akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 5000 sampai Rp. 10.000 permalam (jika sobat bermalam disini)

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal

Fasilitas Pantai Pok Tunggal

Fasilitas di Pantai ini sudah cukup lengkap lho sobat, diantaranya yaitu :

  1. Toilet dan kamar mandi
  2. Parkiran yang luas
  3. Payung Pantai
  4. Tenda dome
  5. Area Camping dan penyewaan peralatan camping
  6. Warung Makan dengan menu bervariasi
  7. Penginapan
  8. Tempat ibadah

Objek wisata di Pantai Pok Tunggal

Obyek wisata Pantai Pok Tunggal

– Aliran Sungai dibawah Tanah

Aliran sungai bawah tanah

Seperti yang sudah sobat sebutkan diatas, bahwa hal unik yang selalu menimbulkan rasa penasaran pengunjung adalah adanya sungai bawah tanah di pantai ini.

Menariknya, aliran sungai tersebut yang tawar tidak tercampur dengan air laut yang asin.

Keberadaan sungai tersebut juga menjadi sumber mata air tawar utama yang dijadikan sumber oleh masyarakat disini.

– Diving dan Snorkeling

Diving pantai

Disini sobat bisa melakukan permainan atau olahraga akuatik seperti diving dan snorekling.

Sobat tidak perlu takut akan terseret arus, karena ombak disini  cukup tenang, selain itu kondisi air lautnya juga sangat bening, sehingga sangat mendukung aktivitas tersebut.

– Spot Foto Seru

Spot Foto pantai pok tunggal

Jika sobat berkunjung di pantai ini, sobat jangan lupa membawa kamera ya …., karena lokasinya yang sangat recomended sekali untuk dijadikan swafoto dan sobat upload dimedia sosial.

Ada banyak sekali spot foto yang bisa sobat pilih, diantaranya yaitu naik tangga menuju puncak bukit karst untuk memotret suasana sunrise maupun sunset terbaik.

Jika sobat malas untuk menaiki puncak bukit tersebut, sobat bisa berfoto dengan background laut dan langit yang kebiruan.

Atau sobat juga bisa memanfaatkan beragam properti yang ada di pantai ini, seperti payung berderet yang berwarna-warni dan yang lainya

Panjat Tebing Pantai

Panjat Tebing Pantai

Keadaan Pantai ini yang terdiri dari tebing-tebing karst yang berjejeran dan berhimpitan sangat mendukung untuk melakukan kegiatan tersebut.

Pokoknya disini sobat bisa menguji adrenalin sobat dengan mencoba menaiki atau menuruni tebing-tebing karst yang cadas tersebut.

– Camping di Pinggir Pantai

Camping di Pinggir Pantai

Seperti wisata pantai lainnya, disini sobat juga bisa melakukan camping, terlebih pada akhir pekan serta hari libur, kawasan camping disini menjadi satu daya tarik tersendiri para wisatawan.

Oh ya, pantai ini dibuka selama 24 jam nonstop, jadi sobat mau kesini pada jam berapapun akan tetap dilayani pihak pengelola, dan juga buka pada setiap hari.

Nah, itulah ragam informasi yang bisa sobat jelaskan, pokoknya sobat tidak akan menyesal dech berlibur di pantai ini dan semoga perjalananya seru serta menyenangkan.

Kunjungi Juga Artikel Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like