pantai sawarna

Pantai Sawarna, Wisata Murah yang Sangat Memukau

Total
0
Shares

Pantai Sawarna – Hallo sobat, pernah mendengar kata Pantai Sawarna, ya …. sebuah kawasan yang ada di Banten ini membentangkan berbagai pantai-pantai yang menjadi ikon provinsi Banten.

Tempat wisata ini menjadi rekomendasi destinasi liburan yang seru bagi para traveller, selain pesona alamnya yang sangat indah dan unik juga sangat eksotis.

Di Pantai Sawarna terdapat sebuah goa dan tujuh pantai dengan pemandangan alam yang berbeda antara satu dan lain lainya, menambah pemandangan pantai semakin eksotis.

Sedang yang disebut Pantai Sawarna sendiri adalah kawasan dari pesisir pantai yang menghampar dari Pantai Pulo Manuk hingga Pantai Karang Taraje.

Bahkan pantai ini pernah mendapat julukan The Hidden Paradise In Banten, dan pernah tayang di On The Spot Trans7 sebagai “7 Pantai Tercantik di Indonesia”.

Sawarna sendiri adalah nama sebuah desa yang terletak di kawasan pesisir lebak tepatnya di kawasan Pantai Selatan Jawa.

pantai sawarna
Desa Sawarna

Rute Pantai Sawarna

Pantai ini terletak di Jalan raya Sawarna Km. 12 No. 1, desa Sawarna, kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, provinsi Banten.

lokasi pantai sawarnaAda dua rute yang bisa sobat lewati untuk menuju ke Pantai Sawarna.

1. Rute Pertama
Pantai Sawarna tidak terlalu jauh dari lokasi wisata Pelabuhan Ratu, untuk itu sobat bisa menggunakan cara yang pertama, yakni lewat rute Jakarta – Ciawi – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok sampai ke Sawarna.

Jalannya sudah beraspal dan ramai dilalui kendaraan, namun tidak disarankan sobat kesana dengan mengendarai bus berukuran besar karena posisi jalan yang berkelok dan banyak tanjakan yang cukup curam.

2. Rute Kedua
Dari arah Jakarta sobat bisa lewat Serang Timur – Pandeglang – Malimping – Bayah sampai ke Sawarna.

Rute ini sebenarnya lebih dekat, namun karena kondisi ruas jalanya saat ini banyak yang rusak, membuat perjalanan tentu harus pelan sehingga waktu tempunya menjadi agak lebih lama.

Sobat juga bisa menggunakan kendaraan umum, Naik bus dengan trayek Bogor – Pelabuhan Ratu, kemudian lanjut menggunakan angkutan umum jurusan Bayah atau Sawarna.

Tiket Masuk Pantai Sawarna

Pantai Sawarna bantenTiket masuknya cukup murah kok sobat, hanya Rp 5.000. per orang. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir bila sobat membawa kendaraan pribadi, biaya parkirnya hanya Rp 2.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 5.000 untuk mobil

Di kawasan Pantai Sawarna juga menyediakan jasa pemandu wisata yaitu masyarakat sekitar sana, Biayanya cukup terjangkau sobat, yaitu Rp 60.000 dan itu sudah termasuk harga tiket.

Keuntungan menggunakan jasa pemandu yaitu sobat bisa sambil ngobrol dengan guide untuk lebih mengenal lebih jauh tentang tempat wisata di Desa Sawarna, tidak tersasar serta terhindar dari pungutan liar yang tidak diketahui.

Pilihan Objek Wisata di Pantai Sawarna

Di pantai sawarna ini, sobat bisa menikmati objek-objek wisata lain yang tidak kalah indahnya.

Berikut penjelasan semua obyek wisata di pantai sawarna yang bisa membuat liburan sobat semakin tambah seru.

1. Pantai Karang Bokor

Pantai Karang BokorPantai Karang Bokor, adalah sebuah pantai dengan pesona yang tak kalah eksotis meskipun tidak terlalu populer.

Di pantai ini terdapat berbagai karang besar yang melindungi pantai dari ganasnya ombak. Terjangan suara ombak menambah keeksotisan pantai dengan sejuta pesona alam.

2. Pantai Karang Taraje

Pantai Karang TarajePantai di kawasan Sawarna yang kedua yaitu pantai Karang Taraje Sawarna.

Jika sobat mencari pantai anti mainstream dan sangat berbeda dari pantai pada umumnya, anda bisa memilih pantai Karang Taraje, karena spot-spot pantai eksotis yang tek lepas dari keunikannya.

Di pantai Karang Taraje ini terdapat dereta batu karang yang bertingkat-tingkat, dengan bentuk yang menyerupai tangga.

Uniknya lagi, ombak yang menghantam karang dari sisi yang berbeda membuat karang ini seolah seperti air terjun.

Ditampah lagi pemandangan disekitarnya bercampur dengan indahnya langit biru. hmmm Sungguh pantai yang sangat memukau sobat.

3. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar

Keunikan di pantai Tanjung Layar ini adalah adanya karang raksasa yang menancap di tengah laut menyerupai layar kapal.

Konon, layar kapal tersebut adalah milik Sangkuriang yang menurut versi legenda telah membalikkan kapalnya hingga menjadi gunung tangkuban perahu.

Pemandangan karang berbentuk layar kapal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri ditempat wisata ini, sehingga menarik banyak pengunjung.

Menjadikannya sebagai background selfie sangatlah cocok, sobat akan mendapatkan hasil foto yang menarik dan beda dari yang lain.

4. Pantai Karang Seupang

Pantai Karang SeupangTidak hanya pantai-pantai yang sudah disebutkan di atas, sobat pun bisa mendapatkan keseruan liburan dengan mengunjungi pantai ini.

Lokasinya pun tidak jauh dari desa Sawarna, saking indahnya pemandangan di pantai tersebut, sampai-sampai banyak pengunjung yang ingin mengunjungi tempat wisata indah ini untuk menghiasi liburan mereka.

5. Pantai Ciantir

Pantai Ciantir

Pantai yang bisa dikunjungi selanjutnya yaitu pantai Ciantir, sobat bisa menemukan pemandangan eksotik saat matahari terbenam.

Bagi sobat yang suka hobi surfing, pantai ini sangatlah rekomended. Ombak di pantai ini sangat tinggi, bisa mencapai tujuh meter pada bulan-bulan tertentu.

6. Pantai Teluk Legon Pari

Pantai Teluk Legon Pari

Selanjutnya pantai keren yang ada di kawasan Sawarna ini adalah Pantai Teluk Legon Pari.

Berbeda dengan pantai lainnya di Banten, sobat bisa menikmati sajian keindahan dari pantai Legon Pari ini berupa pemandangan matahari saat akan terbit dan tenggelam.

Pertama kali masuk lokasi pantai, sobat akan disambut suara deburan ombak, Saat surut pantai ini memiliki pesona yang indah lagi memukau.

7. Goa Lalay

Goa LalayGoa ini berada di kampung Cipanas, Sawarna, Banten, dan merupakan salah satu goa yang paling banyak dikunjungi oleh para traveller.

Ketika memasuki goa Lalay ini, sobat akan melihat berbagai stalaktit dan stalakmit yang bergantungan di sepanjang goa.

Goa Lalay ini juga biasa digunakan para kelelawar untuk beristirahat, jadi sobat harus berhati-hati dalam melangkah karena semakin dalam memasuki goa, semakin dalam pula tanah berair yang harus diinjak.

Bagaimana sobat, sangat bervariasikan objek wisata di sawarna, Pergi berlibur ke pantai Sawarna tidak akan menyesal karena suguhan obyek wisata dan pesona alamnya yang tak habis – habis.

Selamat berlibur sobat, semoga perjalananya menyenangkan …..

KUNJUNGI JUGA ARTIKEL TERKAIT :

0 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like