pantai ujung genteng

Pantai Ujung Genteng, Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Lokasi

Total
0
Shares

Pantai Ujung Genteng – Orang menyebutnya dengan pantai kesepian, he he he ….. karena letaknya yang jauh dari keramaian, menyendiri serta dikelilingi dengan nuansa pepohononan yang sejuk dan rindang.

Pantai ujung genteng terletak di kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat, Nama ujung tak lain adalah tafsiran dari ujung genteng yang dimaknai sebagai wilayah yang berada di ujung bawah.

Kebalikan dari istilah ujung kulon yang artinya ujung atas, karena lokasi pantai ini yang sangat terpencil dan masih jarang dikunjungi manusia.

Pantai ini hampir mirip dengan pantai yang ada di pulau-pulau terpencil yang masih asri dengan hawa udara yang sejuk.

Di pantai ini tersedia berbagai fasilitas umum, yaitu mushola, toilet, parkiran luas, penyewaan papan selancar, mini market, warung makan, toko cinderamata khas Sukabumi serta penginapan.

Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng

Tiket Masuk di Pantai Ujung Genteng

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, sobat hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10. 000 per orang.

Biaya tersebut sudah termasuk asuransi keselamatan serta adanya petugas keamanan yang bertugas menyelamatkan jika ada pengunjung yang terseret ombak atau tenggelam

Sedang untuk tempat penginapanya, terdapat tempat pnginapan dengan variasi harga antara Rp. 70. 000 – Rp. 160. 000

Selain tempat rumah penginapan, juga disediakan villa dan hotel dengan fasilitas yang lengkap untuk memanjakan para traveller yang berkunjung kesini.

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng


Pantai Ujung Genteng ini terletak di Kabupaten Sukabumi dengan jarak yang tidak jauh dari Pelabuhan Ratu atau Pantai Cibangban atau Pantai Cimaja dan Pantai Karang Hawu.

Sehingga tidak sulit bagi sobat yang berasal dari wilayah Sukabumi, dengan jarak kurang lebih sekitar 81 km dari pusat kota Sukabumi yang bisa dicapai dengan kendaran pribadi maupun umum.

Juga pengunjung dapat dengan mudah menggunakan aplikasi GPS untuk menemukan wisata ini atau sobat bisa menggunakan layanan ojek online yang aksesnya sudah tersedia diwilayah ini.

Bagi sobat yang dari Jawa Tengah yang menggunakan kendaraan pribadi disarankan untuk melalui jalan Tol Cipali dibanding jalan Raya Pantura. Hal tersebut akan menghemat perjalanan selama 1 jam. Lalu, dari Tol Cipali sejauh 515.4 km menuju Sukabumi.

Juga sobat yang datang dari wilayah Jakarta, Tangerang atau Bekasi dapat melalui jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tangkil – Agrabinta. Bagi yang berasal dari Jakarta Pusat hanya akan memakan waktu 4 jam 30 menit atau 139.1 km.

Bagi sobat dari arah Banten bisa menggunakan Jalur Raya Pantura, Tol Merak atau jika lewat Jakarta dapat lanjut ke Tol Tangerang dengan jarak waktu tempuh total sekitar 6 jam.

Obyek Wisata Pantai Ujung Genteng

Dengan panorama alam yang sangat indah, wisata pantai ujung genteng memiliki beberapa obyek wisata yang juga sangat menakjubkan, yang tentu sangat disayangkan jika soba melewatkanya, berikut ini daftar obyek wisata di pantai ujung genteng :

Pantai Pengumbahan

pantai pangumbahanPantai Pengumbahan ini memiliki kelebihan tersendiri, yakni pantainya yang masih sepi dari pengunjung.

Ini merupakan kesempatan bagi sobat yang suka menikmati keindahan pantai tanpa harus terganggu dengan ramainya pengunjung.

Walau sepi bukan berarti pantai Pengumbahan ini pantai yang jelek lho sobat. Di sini bahkan pasirnya sangat lembut, tak ada batu karang, serta pantainya yang bebas dari sampah.

Yang unik dari pantai ini ialah sobat bisa melihat indukan penyu saat bertelur. Tetapi ingat, sobat harus menjaga keseimbangan ekosistem di sana, Jangan merusak atau mengambil telur penyu tersebut.

Di pantai Pengumbahan terdapat pos pengamatan sebanyak 6 buah, yang bertujuan mengamati aktivitas dari induk penyu saat bertelur. Nah, sobat bisa mengamatinya dari pos ini.

Pantai Cipanarikan

Pantai CipanarikanSelain pantai Pengumbahan juga ada pantai Cipanarikan yang tidak kalah eksotis.

Di pantai ini sobat bisa melihat hamparan pasir putih yang membentang luas serta pemandangan hutan lindung.

Sama seperti pantai Pengumbahan, di sini juga terbilang masih sepi pengunjung, jadi pantainya masih terjaga keasriannya dan terlihat sangat bersih, hmmm jadi kebayang seperti apa indahnya. he he he ….

Keunikan dari pantai Cipanarikan ini adalah tempat pertemuan air laut dengan aliran sungai Cipanarikan.

Alasan masih sepinya pengunjung mungkin karena untuk bisa sampai di pantai ini tidaklah mudah, dimana sobat harus menelusuri hutan lindung lebih dulu.

Pantai Cipanarikan juga sangat cocok bagi sobat yang ingin mencari spot untuk melihat cantiknya sunset.

Pantai Tenda Biru

Pantai Tenda BiruMasih di kawasan Ujung Genteng Sukabumi, sobat juga bisa menyempatkan untuk melihat ke pantai yang namanya cukup unik yaitu pantai Tenda Biru.

Di sini sobat bisa melihat pantai dengan pemandangan yang bersih dan mempesona. Air lautnya pun juga sangat jernih, ditambah warna pasir pantainya yang putih bersih.

Tetapi sobat jangan macam-macam di pantai Tenda Biru, karena pantai ini termasuk ke dalam daerah hutan lindung, dan dipantau oleh TNI angkatan laut, ha ha ha …. serem juga sobat.

Untuk ke pantai Tenda Biru, sobat dikenakan tiket masuk lagi yakni Rp 5.000 murah bukan …..

Keunikan dari pantai ini adalah saat air laut sedang surut, sobat bisa jalan-jalan di tengah pantai hingga 300 Meter jauhnya.

Tetapi memang ada kelemahan dari pantai Tenda Biru, kebanyakan disini orang-orang yang berkunjung agak kurang bertanggung jawab dan masih sering membuang sampah sembarangan.

Curug Cigangsa

Curug CigangsaDi kawasan wisata Ujung Genteng juga ada air terjun alami lho, pemandanganya bukan main.

Air terjun ini disebut dengan Curug Cigangsa, Lokasi Curug Cigangsa sendiri ada di kawasan Dusun Batusuhunan, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Bagi sobat yang ingin melihat pemandangan Curug Cigangsa, diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp 3.000 juga murah banget kan …….. cocok pokoknya lah ..

Pilihan Hotel Di Pantai Ujung Genteng

HOTEL PANTAI UJUNG GENTENGSebenarnya sobat bisa juga mendirikan tenda, tetapi harus dengan seizin pihak setempat. Jadi tidak boleh serta merta langsung mendirikan tenda begitu saja.

Sebaiknya sobat membawa uang tambahan jika memang hendak mendirikan tenda dan berkemah di tepi pantai. Untuk berjaga-jaga jika dikenakan biaya.

Tetapi pastinya dengan sobat mendirikan tenda di tepi pantai, selain suasana yang berbeda dan pengalaman yang seru akan sobat dapatkan, biaya yang harus Anda bayarkan pastinya lebih murah dibandingkan menginap di hotel …. opsss hitung-hitung pengiritan ya sobat.

Berikut ini adalah pilihan tempat penginapan di dekat pantai Ujung Genteng

1. Legon Pari Beach Resort (Bintang 3)

  • Lokasi : jalan Raya Pelabuhan Ratu, Bayah. Kilometer 12, Kawasan pantai Pelabuhan Ratu
  • Tarif per malam Rp. 350. 000

2. Sawarna BimBim Seaview Homestay

  • Lokasi : Jalan Pasir Putih, Tanjung Layar, Kawasan Pantai Pelabuhan Ratu, Indonesia
  • Tarif per malam Rp. 250. 000

3. Ketapang Resort (Bintang 4)

  • Lokasi : jalan Pantai Cikembang, Kawasan Pantai Pelabuhan Ratu
  • Tarif per malam Rp 800. 000

Tips Berwisata di Pantai Ujung Genteng

pantai ujung genteng

Saat berkunjung di pantai tersebut, sobat jangan lupa membawa jaket. Sebab hawa malam di pantai tersebut sangatlah dingin.

Apalagi waktu yang akan sobat habiskan untuk menunggu penyu bertelur di pantai tersebut cukup lama sekitar 3 jam.

Juga bawalah persediaan makanan dan minuman sendiri, Sebab saat tengah malam, warung-warung makan disekitar kawasan pantai tutup semua.

Jadi sobat akan kesulitan untuk mencari makan apabila tidak membawa bekal sendiri.

Selamat menikmati keindahan pantai ujung genteng ya sobat, eits …. jangan lupa abadikan momen sobat setiap kali mengunjungi tempat wisata, buat kenang-kenangan.

Semoga perjalanan sobat lancar, Amin !

KUNJUNGI JUGA : 

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like