Rumah Kopi

Persiapan Rumah dalam Menghadapi Musim Hujan

9 Persiapan Rumah dalam Menghadapi Musim Hujan – Jika bulan September telah habis berarti sudah hampir datang musim penghujan. Itu artinya kita akan menjalani hari-hari dengan guyuran hujan baik intensitas rendah maupun tinggi.

Hujan yang tidak menentu kadang membuat rumah kita banjir, genteng bocor dan kejadian-kejadian yang lainnya. Oleh karena itu sebelum musim penghujan tiba alangkah baiknya kita melakukan persiapan persiapan untuk kenyamanan kita selama musim hujan.

Selengkapnya kita akan membahas 9 persiapan untuk rumah menghadapi musim penghujan.

Periksa Genteng

Persiapan rumah menghadapi musim hujan

Selama musim panas kerusakan genteng tidak begitu berdampak signifikan. Tidak ada hujan sehingga tidak terdeteksi bagian mana yang bocor dan rusak. Sebelum musim penghujan tiba dan rumahmu dipenuhi air hujan karena genteng yang bocor. Sebaiknya cek genteng yang retak patah maupun kurang presisi. Sedikit sentuhan untuk membenarkan posisi genteng akan menyelamatkan interior dan beberapa perkakas rumah dari kerusakan.

Periksa Talang

Persiapan rumah menghadapi musim hujan
Pastikan talang rumahmu terbebas dari kotoran dedaunan dan endapan yang lain.

Selama musim panas bagian atap tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Pasalnya tanpa ada sentuhanpun atap akan berfungsi dengan baik. Paling hanya ada beberapa kotoran dari dedaunan yang menumpuk di sela-sela genteng dan cekungan talang.
Jika masuk pada musim penghujan dengan kotiran yang menumpuk. Berhati-hatilah karena akan ada luapan air yang melimpah.

Sebaiknya persiapkan rumahmu untuk menghadapi musim hujan dengan membersihkan dan merapikan kerusakan pada talang air. Jika harus menggunakan jasa renovasi rumah pastikan tanggung jawab dan profesional.

Memangkas Ranting Pohon

Persiapan rumah s3belum datang hujan

Musim hujan datang tidak hanya membawa air yang banyak. Dampak dari banyaknya curah hujan yang disertai angin akan menjadikan pohon-pohon disekitaran rumahmu banyak tumbang.

Tumbangnya pohon baik utuh maupun hanya beberapa ranting disebabkan karena tidak kuat menahan terpaan angin dan air hujan.

Maka dari itu menjadi penting untuk diperhatikan beberapa pohon disekitaran rumahmu. Sekedar memangkas maupun menebang pohon untuk keselamatan rumah dan seisinya.

Baca juga : 10+ Cafe di Semarang yang Paling Asyik dan Hits

Pesiapkan Lilin dan Senter

Lilin dan senter menjadi benda yang sangat berguna saat musim penghujan tiba. Pasalnya saat musim penghujan akan banyak pohon tumbang yang menyebabkan aliran listrik kerumahmu akan putus.

Jika kedua hal tersebut dipersiapkan sebelum mati lampu. Kamu tidak khawatir. Walaupun saat ini sudah ada lampu disetiap smartphone.

Cek Sirkulasi Udara

Saat musim penghujan sirkulasi udara yang buruk akan mengakibatkan kelembaban di dalam ruangan. Jika keadaan ini dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan lapisan cat mengelupas. Plafon gypsum akan cepat mengendur dan akhirnya runtuh. Banyak jamur karena kelembaban udara yang tidak terkontrol.

Sebelum kemungkinan-kemungkinan di atas terjadi alangkah lebih baiknya kita mempersiapkan dan mengecek sirkulasi udara. Supaya pergantian udara bisa maksimal dan menjadikan rumah kita dan seisinya berumur panjang. Terlebih lagi untuk rumah minimalis yang berada di perumahan.

Periksa Saluran Irigasi

Seperti halnya talang air untuk kelancaran pembuangan air hujan. Membersihkan saluran irigasi di depan dan kanan kiri rumah dari dedaunan dan endapan tanah terasa sangat penting. Bisa dibayangkan jika ketika hujan turun plataran rumahmu dipenuhi dengan air seperti air rob.

Periksa sebulan sebelum datang bulan penghujan tiba. Jika perlu tindakan kamu akan siap sebelum datang hujan.

Baca juga : 10 Tempat Nongkrong di Semarang yang Buka 24 Jam

Periksa Kelistrikan

Kulit kabel yang mengelupas tidak akan berbahaya jika tidak bertemu dengan medan magnet. Musim penghujan akan menimbulkan percikan air. Jika percikan tersebut mengenai kabel yang mengelupas dapat menyebabkan percikan api dan korsleting listrik.

Untuk menghindari bahaya kebakaran dan untuk mengutamakan keselamatan. Sebaiknya periksa dengan seksama bagian mana saja yang berpotensi membahayakan. Keep safety.

Cek Performa Mesin Cuci

Selama musim penghujan kemungkinan tidak akan banyak panas matahari yang mampu mengeringkan bajumu.

Memiliki mesin cuci dengan performa yang memadai akan menjadikan kenyamanan untuk kamu dan sekeluarga. Tidak mengandalkan panas matahari sepenuhnya untuk mengeringkan baju.

Jaga Kondisi Tubuh

Dari sekian banyak tips yang kita berikan. Ini yang terpenting, walaupun tidak berhubungan dengan rumah.

Menjaga kondisi dan stamina tubuh saat musim penghujan butuh perhatian yang lebih. Pasalnya intensitas hujan yang tidak mengenal waktu akan mempengaruhi kekebalan tubuhmu. Pastikan suhu tubuh, asupan gizi dan pola makan terjaga dengan baik.

Semoga beberapa tips ini bisa bermanfaat untuk kanu yang sedang menghadapi musim penghujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like