danau rawa pening

Rawa Pening, Legenda Danau Klasik yang Menawan

Total
0
Shares

Apa yang ada dalam benak Sobat Hello saat mendengar Rawa Pening?

Selain terkenal dengan cerita legenda sejarah dan asal-usul Rawa Pening, danau ini juga terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu menawan.

Hamparan air yang luas bagai permadani alam berkilauan memantulkan cahaya matahari. Dikelilingi dedaunan hijau, membuat suasana di rawa ini terasa begitu alami.

Alamat Rawa Pening

Harga Tiket Masuk Rawa Pening

Danau alam yang terkenal dengan legenda asal-usul nya ini (Rawa Pening) terletak di Kabupaten Semarang, membentang dari kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru dengan luas 2.670 hektare.

Tidak salah jika tempat ini menjadi salah satu wisata alam unggulan Jawa Tengah jika potensinya digarap secara maksimal.

Karena itu jika berencana liburan ke Semarang sempatkan untuk mampir ke sini, hanya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Semarang.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk pada hari biasa adalah Rp3 RB. Sementara untuk akhir pekan harga tiket masuk yaitu Rp3,5 RB. Sementara jam buka adalah di mulai dari jam 08.00 sampai jam 21.00.

Pesona Danau Rawa Pening

danau rawa pening
Sumber: suaranusantara.com

Rawa Pening ini terletak di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Meski danau yang menjadi hulu bagi Sungai Tuntang ini mengalami pendangkalan, namun tidak melunturkan pesonanya.

Banyak tempat wisata di sekitar Rawa Pening. Baik itu yang terletak di rawa maupun di pegunungan atau perbukitan yang menawarkan pemandangan rawa.

Beberapa waktu lalu saya mencoba menikmati keindahan Rawa Pening dari dua tempat yang berbeda, yaitu dari jauh dan dari dekat di salah satu sudut rawa.

Tepatnya dari Goa Rong View dan Jembatan Biru.

Goa Rong View

Goa Rong View
Sumber: jejakpiknik.com

Suasana pedesaan yang masih asri mengantar para pengunjung yang akan memasuki kawasan wisata Goa Rong yang terletak di daerah Tlogo Tuntang, Kabupaten Semarang.

Jalanan yang sempit dengan tebing dan jurang di sebelahnya serta pepohonan yang rimbun, membuat perjalanan jadi terasa menyenangkan.

Tidak begitu lama dari jalan raya, tak terasa kendaraan sudah memasuki kawasan Goa Rong.

Begitu masuk kawasan ini terlihat taman bermain yang sejuk dan beberapa bangunan terbuka untuk menikmati suasana alam.

Dari tempat parkir ke Goa Rong View sangat dekat, tidak lebih dari 5 menit jika berjalan kaki.

Saat melangkah terasa suasana alam yang begitu sejuk, apalagi saat mulai mendekati Goa Rong View, pamandangan alam di bawah terlihat begitu indah.

Terlihat beberapa pengunjung tengah menikmati berbagai permainan yang disediakan di taman bermain.

Berdiri dengan batas pagar dan memandang hamparan alam yang mengelilingi menjadi tawaran utama tempat wisata ini.

Dari Goa Rong View inilah kita bisa menikmati pesona Rawa Pening dan gugusan pegunungan yang mengelilinginya.

Bagi yang suka fotografi, tempat ini sangat tepat untuk mengabadikan moment matahari tenggelam dan terbit dan suasana alamnya.

Bisa jadi hampir semua pengunjung yang ke sini mengabadikan gambar di tempat ini.

Bagi yang ingin menikmati suasana, Goa Rong juga menyediakan beberapa gazebo terbuka. Di sini pengunjung juga bisa menikmati dengan jelas hamparan indah Rawa Pening.

Sambil menikmati suasana, pengunjung juga bisa memesan beberapa menu yang disediakan. Sangat menyenangkan bersantap, ngobrol di tengah suasana alam yang indah.

Jembatan Biru Rawa Pening

Jembatan biru rawa pening
Jembatan biru

Jembatan ini terletak di salah satu sudut Rawa Pening, tepatnya di dusun Sumurup, Desa Asinan, Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang.

Untuk menuju ke tempat ini dari jalan raya Semarang – Solo tidak lah jauh, sekitar 1 km.

Jika bingung lokasinya, ketika sudah sampai daerah Rawa Pening bisa menanyakan lokasinya kepada penduduk sekitar.

Di sini kita bisa menikmati langsung suasana rawa, baik pemandanganya maupuan naik perahu menyusuri dan menikmati gemercik air di rawa.

Untuk naik perahu ada beberapa paket yang bisa dipilih. Pertama, Standar (sampai bendera sebelah barat karamba) Rp 30-40 ribu per paket maksimal 5 orang.

Kedua, Kampoeng Rawa Rp 75-90 ribu per paket maksimal 5 orang. Ketiga, Bukit Cinta Rp150 ribu per paket maksimal 5 orang.

Jembatan Biru ini menjadi salah satu tempat favorit fotografer berburu foto indah. Saat matahari terbit dan tenggelam menjadi dua momen favorit.

Begitu pula bagi yang suka selfie, latar belakang yang hamparan air dan pegunungan akan membuat foto menjadi menarik dan instagramable.

Tidak heran tempat ini menjadi salah satu tempat spot foto yang banyak diunggah ke media sosial terutama Instagram.

Tentu selain dua tempat tersebut, masih banyak tempat untuk menikmati indahnya Rawa Pening, baik dari ketinggian maupun langsung.

Seperti dari Bukit Cinta, Kampoeng Rawa, maupun tempat-tempat wisata yang berada di sekitar Rawa Pening yang terus bermunculan.

Kunjungi Juga:

5 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like