Lokasi Sapporo Snow Festival

Sapporo Snow Festival, Festival Musim Dingin Unik di Jepang

Total
0
Shares

Musim Dingin di Jepang ada moment yang cukup menarik, yaitu di Hokkaido. Hokkaido adalah perfektur yang terpisah pulaunya dengan pulau Kyushu dan berada di wilayah paling utara di Jepang.

Memang ada apa di sana?

Ada Sapporo Snow Festival atau yang disebut dengan bahasa lokal adalah Sapporo Yuki-matsuri yang menjadi festival musim dingin paling besar di Jepang.

Festival ini bisa menarik hingga jutaan orang baik masyarakat Jepang maupun turis asing untuk melihat keajaiban es yang merupakan karya seni luar biasa dan mencengangkan.

Penasaran seperti apa serunya festival di Jepang satu ini? Yuk cari tahu lebih lanjut.

Mengenal Sapporo Snow Festival

Sapporo Snow Festival

Sapporo Snow Festival adalah festival yang diadakan setiap tahun di mana Sobat Hello bisa melihat ratusan pahatan patung es berukuran raksasa di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan.

Pahatan-pahatan es tersebut adalah karya dari tim-tim pemahat yang berasal dari banyak negara di dunia, termasuk dari Indonesia, kemudian hasilnya akan dipamerkan selama 7 hari selama festival berlangsung.

Sapporo Snow Festival

Festival es ini sebenarnya sudah diadakan sejak tahun 50an, namun International Snow Sculpture Contest baru mulai diadakan pada tahun 1974.

Dan kini sudah diikuti oleh puluhan negara yang mengirimkan tim-tim terbaiknya untuk memahat es-es yang berukuran sangat besar untuk menjadi sebuah bentuk dengan tema yang bermacam-macam.

Lokasi Berlangsungnya Festival

Sapporo Snow Festival Lokasi

Festival di Jepang yang dingin tapi memukau ini biasanya diadakan di Odori Park, Susukino, dan Tsudome yang juga menjadi lokasi berlangsungnya kompetisi memahat es.

Selain patung-patung es raksasa yang jadi daya tarik utama, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai atraksi pertunjukan yang diadakan.

Panggung-panggung kecil, menikmati berbagai jajanan street food khas Hokkaido yang lezat, dan bermain seluncuran di area ski yang sudah disediakan.

Malam hari adalah saat yang paling tepat untuk menikmati suasana Sapporo Snow Festival yang meriah.

Banyaknya kerumunan dan display patung-patung es yang diberikan pencahayaan lampu-lampu cantik nan dramatis membuat suasana jadi tambah asyik.

Tips Menonton Sapporo Snow Festival

Lokasi Sapporo Snow Festival

Kalau memang berniat untuk menonton festival di Jepang yang super seru ini, kalian mesti hati-hati dan jaga diri ya.

Karena festival ini dihadiri lebih dari 2 juta manusia yang juga ingin menikmati suasana di tengah cuaca musim dingin di Hokkaido yang pastinya dingin sampai ke tulang.

Ini dia beberapa tips yang bisa kalian catat untuk menikmati Sapporo Snow Festival lebih nyaman:

1. Tonton Semua Display Patung Es

Tonton semua display patung es di sepanjang Odori Park dengan naik ke Sapporo TV Tower yang menjulang dan menghadap ke arah barat.

Di sini kalian bisa mendapatkan pemandangan lampu-lampu yang semakin menambah kecantikan suasana festival. Biaya untuk naik atas tower ini sekitar 720 yen untuk satu orang dewasa.

2. Kunjungi Hari Paling Ramai Festival

Hari paling ramai sepanjang Sapporo Snow Festival berlangsung adalah pada akhir pekan, pada hari pembukaan, dan hari penutupan.

Sedangkan pada saat hari-hari biasa di pagi hari adalah waktu yang paling sepi dari kerumunan orang yang ingin melihat patung es.

3. Kenakan Pakaian Hangat

Musim dingin di Hokkaido sangat dingin, suhu rata-rata selama beberapa tahun belakangan berkisar antara -3.2 derajat Celcius sampai -9.2 derajat Celcius.

Kenakan pakaian hangat dengan layer yang banyak. Jangan lupa lindungi tangan dan juga telinga dengan menggunakan earmuffs atau jaket dengan hoodie.

Kenakan sepatu boots tau trekking boots karena akan licin. Hindari terlalu banyak minum air hangat karena antrian toiletnya dijamin akan sangat panjang.

4. Gunakan Transportasi Umum

Transportasi yang bisa kalian gunakan saat berpindah dari satu lokasi viewing ke lokasi lainnya adalah subway atau menggunakan bus.

Jarak antara 3 lokasi viewing Sapporo Snow Festival sebenarnya tidak terlalu jauh, bisa ditempuh dengan jalan kaki selama 10-15 menit kalau kalian tidak capek.

Berkendara dengan menggunakan mobil rental tidak direkomendasikan karena akan sangat ramai dan kalian bisa kesulitan cari tempat parkir (plus tarif parkir mobil cukup mahal).

Itu dia beberapa tips yang bisa kalian catat kalau berencana liburan di Hokaido untuk melihat festival di Jepang yang selalu jadi highlight ini. Kalau jadi ke sana, jangan lupa foto-foto yang banyak ya.

Kunjungi Juga:

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
N Seoul Tower

Serunya Liburan Di Korea Selatan

Siapa yang tak suka dengan rekreasi. Waktu liburan merupakan waktu yang sangat dinanti-nantikan oleh setiap orang. Karena pada saat itulah mereka dapat sejenak melupakan kesibukan akibat aktivitas mereka sehari-hari dan…
Selengkapnya