Strada Coffee

Strada Coffee, Cara Asyik Menikmati Kopi & Belajar Mengolah Kopi

Total
1
Shares

Angkat tangan yang gemar ngopi! Sudah pernah berkunjung ke tempat ngopi-ngopi cantik yang bernama Strada Coffee?

Jika belum pernah, tempat yang satu ini beneran asyik loh. Strada Coffee merupakan salah satu cafe di Semarang yang rekomended.

Emang ada apaan saja sih di kafe tersebut, bukannya dimana-mana kafe itu ya hidangannya sama saja.

Biasanya kan sajian kopi dan berbagai penganannya ya just so so saja. Bukankah nongkrong cantik di kafe bareng teman dan kolega itu yang penting ngobrol-ngobrolnya?

Jangan salah ya, seiring dengan perkembangan dan persaingan kuliner, kini tiap kafe berlomba-lomba untuk menampilkan berbagai cara penyajian dan pelayanan yang sebisa mungkin berbeda dibanding kafe lain.

Jika sama-sama ada tempat ngopi di Semarang ini, maka tentu saja masing-masing kafe akan berusaha untuk membuat tempat ngopinya berbeda dengan tempat ngopi yang lain.

Tersedia Semua Jenis Kopi Nusantara

kopi nusantara

Di Strada Coffee ini kita mau kopi Nusantara jenis apa saja ada. Strada memang berusaha memanjakan keinginan para pencinta kopi agar mudah mendapatkan kopi favorit sesuai pilihan masing-masing.

Nah di kafe yang satu ini coffee lovers bisa menikmati kopi dari Bali, Jawa Barat, Flores, Toraja, Gayo dan kopi-kopi lainnya.

Begitu memasuki pintu depan Strada, hmmm… wangi kopi sudah tercium dengan sedapnya. Belum lagi kalau pas melangkah melewati meja yang digunakan oleh barista untuk brewing kopi, luaaarrr biasa sedapnya.

Melihat Proses Pengolahan Kopi

strada coffee

Di sinilah letak keistimewaan Strada. Para pengunjung, khususnya pencinta kopi, bakalan diajak tur menikmati kopi.

Bila kalian inginkan, para barista bisa menunjukkan proses pengolahan kopi mulai dari biji mentah hingga menjadi kopi yang sudah siap untuk dinikmati.

Taukah Sobat Hello, kopi yang enak itu berawal dari pemilihan jenis kopinya itu sendiri. Kita tentu sudah sering mendengar istilah kopi arabica dan robusta.

Namun tau kah apa perbedaan dari kedua jenis kopi tersebut?

Kopi jenis robusta tumbuh di ketinggian yang lebih rendah dibandingkan dengan yang arabica. Kadar kafeinnya pun lebih tinggi yang jenis robusta.

Nah, bila nongkrong ngopi-ngopi di Strada ini, para penikmat kopi bisa memilih jenis kopi apa yang ingin dinikmati dan disajikan dengan cara bagaimana.

Belajar Tentang Seluk Beluk Kopi

strada coffee Semarang
twitter @stradacoffeesmg

Beberapa waktu yang lalu Strada Coffee menyelenggarakan acara rutin AADC alias Ada Apa Dengan Coffee.

Tentunya ini bukan untuk menyaingi ketenaran Rangga dan Cinta loh yaaa… Event ini dilakukan dengan pertimbangan masih minimnya pengetahuan masyarakat luas seputar kopi.

Selama ini kopi selalu dijadikan kambing hitam atas timbulnya perut yang mual, perih, kembung, dan juga penyebab degup jantung berlebih.

Padahal, asalkan setiap penikmat kopi tau jenis kopi apa yang sesuai dengan kekuatan lambungnya, berbagai keluhan di atas tadi tidak akan dialami.

Di kelas-kelas AADC yang diadakan oleh Strada, pencinta kopi bakal diajak lebih tau secara mendalam mulai pertama kopi itu dipilih.

Kopi jenis bagaimana yang termasuk kopi berkualitas akan ditunjukkan. Lalu biji kopi mentah tadi akan dimasak menggunakan peralatan khusus.

Kopi akan dipanggang dengan suhu tertentu dan waktu yang telah ditentukan hingga biji-bijinya merekah, pertanda kopi tersebut sudah siap untuk diolah lebih lanjut lagi.

Selepas dimasak, kopi akan dihaluskan dan untuk kemudian siap diseduh dengan beberapa metode berbeda.

Belajar Cara Menyeduh Kopi yang Benar

Menyeduh kopi strada coffee Semarang

Bagi yang belum pernah mengikuti kelas AADC taunya menyeduh kopi itu ya menggunakan air yang mendidih.

Padahal sebenarnya jika air mendidih yang telah melewati suhu seratus derajat celcius, justru akan mengurangi kenikmatan aroma kopinya.

Waduuuh… ternyata penting juga pengetahuan seperti ini ya.

Coba kita lihat di warung-warung kopi, biasanya kan air panas mendidih dari atas kompor langsung dituang ke dalam gelas untuk membuat kopi.

Selain mengurangi kenikmatan aromanya, kandungan kopinya pun sudah berubah. Kenapa kopi terasa pahit sekali tatkala diseduh?

Ya karena penggunaan air mendidih yang melampaui suhu yang seharusnya sesuai ketentuan. Kalau tidak salah sih suhunya di kisaran 80 hingga 90 derajat celcius saja.

menu strada coffee

Apakah hanya kopi saja yang ada di Strada Coffee?

Selain menikmati kopi kesukaan kita masing-masing, di Strada Coffee kita bisa hang out bersama teman-teman sembari mencicipi berbagai hidangan yang semuanya yummy looh…

Berbagai hidangan, mulai dari makanan ringan hingga makanan yang mengenyangkan ada semua. Salah satu cemilan ringan yang lumayan menggugah selera adalah Fish and Chips.

Potongan-potongan kecil ikan dori yang digoreng renyah, berpadu dengan french fries dan barbeque mayo bakalan asyik dicocol-cocol sembari ngobrol.

Kita juga bisa memesan Philly Burger, Lasagna, bahkan makanan asli Indonesia juga ada loooh… Nah kalau mau menikmati dessertnya bisa mencicipi q yang satu ini :

Woww… looks so yummy, right? Pisang yang dipanggang dan dipadukan dengan saus karamel dan dihias dengan chocolate crepes.

Duuuh duuuhh.. gimana enggak pengin berlama-lama di sana kalau menikmati kopi saja terasa luar biasa menyenangkan seperti ini.

Silakan loh bagi yang ingin ke Strada Coffee bisa langsung cuuuzz ke Jalan S. Parman 47A. Kalau dari Rumah Sakit William Booth ikuti saja tanjakannya.

Setelah melampaui pom bensin nanti sekitar beberapa ratus meter Strada ada di sebelah kanan jalan. Cafe yang cozy ini terletak di komplek ruko yang berbarengan dengan beberapa tempat kulineran lainnya.

Kunjungi Juga:

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like