Rumah apung

Sumurup Wisata Alternatif di Selatan Kota Semarang

Total
0
Shares

Hello Semarang – Sudah bosan keliling kota Semarang ? Bosan dengan hiruk-pikuk suasana kota?

Jalan-jalan yuk ke selatan Kota Semarang. Lihat yang hijau-hijau untuk menyegarkan mata kita. Tidak hanya hijau yang nanti bisa kita lihat, tetapi berbagai macam warna bisa kita nikmati di sini.

Tergantung jam berapa kita berkunjung. So, bisa dicatat sebagai salah satu destinasi wisata di Semarang.

Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Rawa Pening? Kalau Sumurup? Baru mendengar ada nama Dusun Sumurup?

Dusun Sumurup ini terletak di Kawasan Rawa Pening. Menuju Dusun Sumurup bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum semacam bus ataupun kendaraan pribadi.

Bila menggunakan bus dari Semarang, pilih saja bus jurusan ke Solo. Lalu turun sebelum jembatan Tuntang dan menyebrang jalan raya Semarang – Salatiga tersebut.

Di ujung gang masuk sudah ada angkutan pedesaan berwarna merah yang bisa mengantar Anda ke dusun Sumurup.

Dari gapura desa, cukup dengan jalan kaki sekitar 100 meter Anda akan sampai ke Rawa Pening.

Apa yang menarik melihat Rawa Pening dari Dusun Sumurup? Banyak hal menarik yang Anda bisa lihat. Anda bisa melihat luasnya Rawa Pening dengan pemandangan yang sangat menawan.

Bila cuaca cerah, Anda bisa melihat Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Andong dari kejauhan. Nelayan yang mendayung perahunya pun bisa menjadi pemandangan tersendiri.

Oiya, rata-rata nelayan di dusun ini mencari penghasilan di sekitar Rawa Pening. Selain sebagai pencari ikan, mereka juga petani enceng gondok. Ada juga yang mencari pupuk yang dihasilkan dari tanah gulma enceng gondok.

Penangkaran Enceng Gondok

penangkaran enceng gondok

Selain pemandangan yang bagus, Anda pun dapat berkeliling Rawa Pening dengan menyewa perahu/sampan dari penduduk setempat. Tarif yang dikenakan cukup beragam, antara 50-70 ribu rupiah, tergantung besar kecilnya perahu.

Ada yang cukup didayung dengan tangan manual, ada yang menggunakan mesin. Seberapa jauh yang ingin Anda kelilingi pun mempengaruhi harga sewa. Jadi lebih baik dibicarakan di awal saat Anda akan menyewa perahu.

Nelayan Bersampan

nelayan bersampan

Oiya, masuk Dusun Sumurup tidak ada tarif resmi, karena memang bukan daerah wisata. Anda cukup ke rumah apung nelayan. Dengan membeli makanan atau minuman yang disediakan oleh penduduk, mereka sudah sangat berterima kasih.

Salah Satu Rumah Apung

Rumah apung

Bagi penyuka fotografi, tempat ini sudah tidak asing lagi. Para fotografer sering berburu untuk mengabadikan keindahan alam seperti saat sunrise ataupun sunset. Dari sisi human interest pun mereka juga bisa mendapatkannya.

Kalau hari Sabtu atau Minggu sekitar jam 10.00 pagi, akan ada kereta api uap yang melintas di rel kereta api yang menyusuri Rawa Pening tersebut. Kereta api tersebut merupakan kereta yang di sewa oleh wisatawan dari Museum Kereta Api Ambarawa ke Stasiun Tuntang.

Tetapi ini belum pasti ya….dengan catatan kalau Anda beruntung, hehehe. Anda bisa mengambil foto kereta api dengan latar pemandangan yang bagus.

Jadi….weekend ini Anda akan kemana? Persiapkan dari sekarang.

5 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like