Triglav – Slovenia

Taman Nasional Terbaik di Kawasan Eropa

Keberadaan manusia yang merambah hutan untuk tempat tinggal kian lama kian besar. Hal ini membuat banyak flora dan fauna menjadi terdesak dan akhirnya punah.

Untungnya, keberadaan taman di berbagai negara di dunia menjadi salah satu usaha paling efektif untuk melestarikan flora dan fauna yang hampir punah.

Sebuah daerah yang diberi status taman nasional terlindung dari aktivitas perusakan atau kepemilikan pribadi secara hukum.

Tidak boleh ada yang memiliki taman nasional, termasuk isinya, terkecuali negara. Meski demikian, taman nasional masih dapat dikunjungi oleh semua orang.

Konsep taman sendiri pertama kali dicetuskan pada bulan Juni 1889 di Amerika Serikat oleh John Muir, yang kini dinobatkan sebagai Bapak Taman Nasional.

Kala itu, keinginan untuk melestarikan bentang alam yang indah di daerah Yosemite sangat kuat.

Alasannya, banyak ternak yang merusak alam di daerah tersebut sehingga merusak ekosistem asli Yosemite.

John Muir kemudian mempublikasikan dua artikelnya di The Century Magazine yang kemudian menjadi awal mula pembentukan hukum taman nasional.

Meski demikian, ternyata Taman Yosemite bukanlah taman nasional pertama di dunia.

[powerkit_toc title=”Table of Contents” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Yellowstone National Park

Yellowstone National Park
Sumber: nationalgeographic.com.au

Adalah Yellowstone National Park yang didirikan pada 1 Maret 1872 menjadi Taman Nasional Tertua Di Dunia.

Daerah ini dijadikan taman karena aktivitas geothermal yang tinggi, dimana terdapat sumber air panas alami yang dapat menyemburkan air dari dalam tanah.

Hingga sekarang, lokasi tersebut jadi lokasi wisata yang cukup ramai.

Berbicara tentang taman, berikut ini adalah beberapa taman nasional terbaik yang berada di daerah Eropa.

Taman-taman ini bisa dibilang masih asli dan cocok untuk dijadikan lokasi wisata yang wajib dikunjungi di Eropa. Taman nasional manakah itu?

Gran Paradiso – Italy

Gran Paradiso – Italy
Sumber: reddit.com

Taman Gran Paradiso sering dikunjungi oleh banyak turis mancanegara berkat tiga danau paling terkenal di area ini, Danau Como, Maggiore, dan Garda.

Di musim panas, kalian dapat mendaki gunung untuk merasakan pemandangan yang membelalakan mata. Selain itu, Bukit Orco, Soana, dan Cogne juga cocok untuk kamu jelajahi.

Di sana terdapat pedesaan yang pemukimannya masih terbuat dari batu alam. Pihak berwenang juga menawarkan jasa guide sehingga kamu nggak perlu takut tersesat di taman nasional ini.

Triglav – Slovenia

Triglav – Slovenia
Sumber: niteotours.com

Satu-satunya taman nasional di Slovenia ini terletak di ujung barat laut Slovenia.

Meskipun kamu masih bisa merasakan keindahan taman nasional ini dari Kota Bled yang berbatasan langsung dengan taman, kamu wajib untuk merasakan serunya berinteraksi dengan alam di Taman Nasional Triglav.

Untuk kamu yang suka dengan suasana tenang, Danau Bohinj memiliki pulau kecil di tengahnya.

Bayangkan bagaimana tenangnya berada di tengah pulau kecil yang dikelilingi danau.Peneda-

Geres – Portugal

Geres – Portugal
Sumber: lonelyplanet.com

Kuda poni liar berlarian bebas di taman nasional yang terletak di utara Portugal ini.

Kamu juga masih bisa menunggangi kuda poni yang telah dijinakkan dalam tour yang melalui hutan oak dan sierra.

Kecantikan alami yang ditawarkan di sini berpadu dengan jalan setapak kuno buatan Kerajaan Romawi yang berusia lebih dari 2000 tahun.

Serra do Gerês merupakan daya tarik andalan di taman ini, tempat dimana terdapat kolam alami yang bisa kamu renangi. Pastikan untuk datang pada hari Jumat tanggal 13.

Pasalnya, di Desa Montalegre, yang terletak di daerah perbatasan timur Taman Peneda-Gerês, dirayakan festival Noite das Bruxas dimana kamu dapat merasakan nikmatnya queimada, minuman khas Montalegre yang terbuat dari madu.

Port-Cros – Perancis

Port-Cros – Perancis
Sumber: touropasia.blogspot.com

Siapa yang bilang Perancis hanya punya Menara Eiffel? Taman Nasional Port-Cros akan memberikan kalian sensasi berlibur di Perancis yang berbeda dari biasanya.

Port-Cros merupakan salah satu dari tiga kepulauan besar yang terletak di Cote d’Azur. Pulau ini merupakan pulau kecil yang dikelilingi dengan lautan berkilauan.

Status dilindungi yang disematkan juga melebar hingga 600 meter dari bibir pantai sehingga lautan bening yang terhampar kaya akan biota-biota laut.

Kamu boleh melakukan snorkeling di kawasan ini selama mengikuti tanda-tanda yang ada.

Ordesa – Spanyol

Ordesa – Spanyol
Sumber: booking.com

Photo Source: nothemingwaysspain.blogspot.comTaman Nasional Ordesa merupakan taman tertua di Spanyol.

Salah satu daya tarik utama pada taman ini adalah lembah glasial dengan panjang 3 km. Di lokasi ini terdapat banyak trail hiking dengan segala level.

Para turis kebanyakan memulai hiking di daerah Predera, di pusat informasi Lembah Ordesa, dimana pengunjung dapat memarkir mobil di sana sekaligus menjadi tempat berhentinya bis dari kota Torla.

Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi ini adalah di akhir Juni dan awal Juli, dimana taman ini akan dipenuhi dengan banyak bunga cantik.

Mana yang jadi taman nasional favorit kamu? Selamat berlibur!

BACA JUGA:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like