simpang lima

7 Tempat Favorit Ngabuburit di Semarang

Hello Semarang – Alhamdulillah, akhirnya kita memasuki Bulan Ramadhan. Bulan yang penuh dengan rahmat, berkah dan ampunan.

Selama Bulan Ramadhan, beberapa hal yang menjadi bahasan menarik di tengah-tengah masyarakat, yaitu takjil dan ngabuburit.

Takjil itu berkaitan dengan makanan pembuka untuk berbuka puasa. Sedangkan ngabuburit merupakan istilah untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Soal ngabuburit, ada delapan tempat favorit di Kota Semarang yang bisa digunakan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Berikut tujuh tempat favorit ngabuburit di Semarang:

1. Simpang Lima

simpang lima
Simpang Lima Semarang

Simpang Lima yang menjadi pusat kota jadi tempat favorit untuk ngabuburit. Selain menyediakan lapangan yang begitu luas, di Simpang Lima juga terdapat jasa sepeda biasa dan sepeda hias untuk berkeliling lapangan Simpang Lima.

Selain itu, di lapangan juga sering untuk kegiatan olahraga. Seperti sepak bola, jogging, bola voli, dan basket.

Simpang Lima memiliki letak yang strategis. Terletak dekat tempat makan dan masjid. Sehingga ketika memasuki waktu berbuka puasa, sahabat Ezytraveler bisa langsung menuju tempat makan atau masjid.

Menu yang disediakan di tempat makan juga bervariasi. Baik makanan untuk cemilan, maupun makanan utama. Simpang Lima pun menjadi tempat favorit ngabuburit di Semarang.

2. Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan

Pada Bulan Ramadhan seperti saat ini, Jalan Pahlawan sering digunakan untuk berjualan takjil untuk berbuka puasa. Takjil yang dijajakan sangat bervariasi dan harganya terjangkau.

Para penjual ini menjajakan takjil mereka kepada para pengguna jalan yang melintas di Jalan Pahlawan. Sepanjang Jalan Pahlawan juga disediakan tempat duduk.

Hal inilah yang menjadikan Jalan Pahlawan tempat favorit ngabuburit di Semarang.

3. Taman Menteri Supeno

Taman Menteri Supeno

Setelah direnovasi, Taman Menteri Supeno selalu ramai dikunjungi warga Kota Semarang. Taman ini juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan.

Seperti tempat latihan komunitas skate board. Selain itu juga terdapat area bermain yang disediakan untuk anak kecil.

Di sekitar taman banyak tenda-tenda makanan dengan menu yang bervariasi, seperti tahu gimbal, jagung bakar, roti bakar, dan es campur.

Pengunjung Taman Menteri Supeno tidak hanya anak muda, namun juga mereka yang sudah berkeluarga dan para lansia.

Tempat yang selalu ramai dan dekat dengan Jalan Pahlawan dan Simpang Lima ini menjadi tempat favorit ngabuburit di Semarang.

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah yang sudah menjadi ikon wisata relgi di Kota Semarang ini selalu ramai dikunjungi masyarakat ketika sore hari.

Ketika bulan Ramadhan, Masjid Agung juga menyediakan takjil yang dibagikan secara gratis kepada jamaah masjid.

Selain itu, pihak pengurus masjid sering mangadakan kajian tentang agama Islam menjelang waktu berbuka puasa.

Dengan adanya kajian ini, Masjid Agung Jawa Tengah menjadi tempat favorit ngabuburit di Semarang.

5. Kawasan Kota Lama

Kawasan Kota Lama
Kawasan Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama yang berpusat di Taman Sri Gunting selalu ramai dikunjungi warga kota Semarang dan sekitarnya.

Selain suasana taman yang begitu nyaman, di sekitar taman juga terdapat beberapa penjual barang antik.

Waktu ngabuburit ini bisa dimanfaatkan dengan cara berkeliling melihat gedung-gedung tua dan melihat atau membeli barang-barang antik.

Bagi pencinta fotografi, Kawasan Kota Lama menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan gambar yang menarik.

Dengan banyaknya kegiatan yang bisa dikerjakan di sini, Kawasan Kota Lama menjadi salah satu tempat favorit ngabuburit di Semarang.

6. Masjid Pekojan

Masjid Pekojan
Masjid Jami’ Pekojan @kanimarurun

Masjid Pekojan terletak di kampung Pekojan, Semarang. Mayoritas penghuni kampung pekojan adalah etnis keturunan Pakistan atau Gujarat yang menikah dengan orang pribumi.

Diperkirakan masjid ini sudah berusia lebih dari 150 tahun. Bangunan masjid masih terjaga keasliannya.

Selain itu, yang menjadi keunikan dari masjid Pekojan adalah pembagian bubur India gratis setiap bulan Ramadhan.

Sekitar 300 porsi bubur India setiap harinya dibagikan kepada jamaah dan warga sekitar sebagai menu berbuka puasa.

Bubur India hanya dihidangkan pada saat Bulan Ramdhan saja. Menu bubur India dilengkapi dengan kurma, buah-buahan, dan susu atau teh.

Sebelum berbuka puasa, masjid selalu mengisi waktu ngabuburit dengan tausiyah dengan tema yang berbeda di setiap harinya.

Karena keunikan menu bubur India ini, masjid Pekojan bisa menjadi tempat ngabuburit di Semarang.

7. Pantai Marina

Pantai Marina
Pantai Marina Semarang

Di Pantai Marina tidak banyak tempat makan untuk berbuka puasa. Namun di luar area pantai terdapat pujasera yang menyajikan berbagai menu berbuka puasa.

Di Pantai Marina ini bisa menikmati suasana senja dan deburan ombak dari Laut Jawa. Jika memiliki hobi memancing, Pantai Marina menjadi tempat yang cocok untuk menyalurkan hobi sekaligus menunggu waktu berbuka puasa.

Selain itu, tedapat perahu yang siap mengantar berkeliling Pantai Marina. Pantai Marina pun menjadi salah satu tempat favorit ngabuburit di Semarang.

****

Itu tujuh tempat favorit ngabuburit di Semarang. Dengan ini khususnya yang berada di Kota Semarang atau yang ingin berkunjung ke kota ini. Tak perlu khawatir atau bingung ketika akan menghabiskan waktu ngabuburit dimana dan dengan siapa.

Selamat menunaikan ibadah Puasa.

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like