Bukit Panguk Kediwung

11 Tempat Wisata di Jogja Terbaru yang Hits di Tahun 2019

Total
0
Shares

Adakah tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ? Tidak ada yang wajib. Kalo wajib yang tidak datang nanti dosa. Hehe

Meskipun tidak wajib, tapi sayang untuk dilewatkan jika kamu sedang berwisata ke Jogja.

Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu provinsi di Indonesia dengan segudang tempat wisata yang menarik, unik dan menghibur tentunya.

Wisata Jogja menjadi primadona bagi banyak kalangan, mulai dari tua, muda hingga kakek nenek. Beberapa tempat memiliki nilai sejarah yang tinggi, tetapi tak sedikit pula tempat wisata yang hits dan kekinian.

Wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner dan yang paling baru adalah tempat-tempat kekinian kesukaan kaum milenial atau generasi muda saat ini.

Kunjungi Juga: Mencicipi Pedasnya Oseng-oseng Mercon dan Segarnya Bakmi Kadin Jogja

Tak perlu khawatir, selain memberikan hiburan, tempat-tempat ini ternyata juga memberikan edukasi bagi para setiap pengunjungnya, penasaran dimana saja?

11 Tempat Wisata di Jogja yang Hits

Sudah taka sing lagi Jogja menjadi destinasi yang banyak dikunjungi banyak wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tempat-tempat wisata di Jogja tak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga edukasi dan pembelajaran, tentunya bagi kaum muda generasi saat ini atau kaum milenial.

Hampir setiap pekan, Kota Jogja ramai akan pengunjung. Yang dari luar kota, tentunya akan mencari penginapan murah di Jogja.

Dari anak muda, orang tua bersama anak-anak mereka, atau bahkan sampai keluarga yang mengajak serta kakek nenek mereka tumpah ruah menikmati suasana Kota Gudeg ini.

Berikut adalah tempat-tempat wisata Joga yang patut untuk dikunjungi.

1. The Lost World Castle

The Lost World Castle
Sumber: sobatjogja.com

The Lost World Castle bukanlah tempat yang harus dilewatkan begitu saja, meskipun tempat wisata ini masih belum selesai sepenuhnya atau masih dalam proses pembangunan.

The Lost World Castle terdiri atas bangunan kuno yang mirip dengan benteng takeshi di acara televisi. Tempat wisata ini cocok untuk anak atau bersama keluarga.

Di tempat ini wisatawan dapat mengajak keluarga, teman atau kekasih tidak hanya liburan tetapi juga belajar.

Menurut pihak pengelola, tempat wisata ini dibuat dengan tujuan edukasi mengenai erupsi besar Gunung Merapi yang pernah terjadi beberapa tahun silam.

Besarnya erupsi Merapi bahkan mampu menyebabkan Desa Kepuharjo lenyap begitu saja.

Proses pembangunannya memang memakan waktu yang cukup lama karena luas tempat ini yang dapat dikakatan sangat besar, yakni hingga mencapai 1,3 hektar.

Meski belum 100 persen rampung, tempat ini terbukti banyak menarik perhatian para wisatawan, terlebih bagi mereka yang gemar berfoto dengan nuansa kuno seperti berada di Eropa masa lalu.

Ketika berada di Lost World Castle, para pengunjung dapat dengan jelas menyaksikan gagahnya Gunung Merapi, tetapi hanya bisa dilihat jika cuaca sedang cerah dan tidak berkabut.

Tempat ini cocok dikunjungi pada pagi dan sore hari, karena pada saat-saat itulah cuaca di tempat ini terasa sangat sejuk.

2. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark
Sumber: kurumawisata.com

Perlu diketahui bahwa tempat wisata kekinian ini setidaknya memiliki 19 wahana, salah satu wahana unggulan adalah ‘How to survive in tsunami and earthquake’.

Tak hanya menawarkan wisata air tetapi juga edukasi bagi para pengunjungnya.

Jogja Bay adalah tempat wisata alternative yang cocok bagi semua umur, remaja hingga orang dewasa mencari hiburan dengan suasana lain di kota ini.

Wahana permainan yang ditawarkan pun tak kalah menarik seperti Waterbom di Bali dan Orlando, Amerika Serikat.

Selain itu, diantara semua tempat wisata di Joga, tempat wisata bermain air menjadi salah satu destinasi kelas dunia, bahkan menjadi waterpark terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, tentunya juga menyimpan segala tantangan dan keseruan yang menarik.

Tempat wisata ini dibangun diatas tanah seluas kurang lebih 7,7 hektar, semua wahana permainan dilengkapi system canggih dan yang terlengkap dari semua waterpark di Indonesia.

Dua konsep yang diangkat adalah tradisi Jogja dan tokoh bajak laut Eropa yang asyik dan menyenangkan.

3. Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksi

Indah seperti Bastei Rocks di Jerman atau Grand Canyon di Amerika Serikat,Taman Tebing Breksi mencuri perhatian para wisawatan.

Bahkan, seorang Barack Obama bersama keluarganya juga pernah mengunjungi tempat wisata Jogja ini.

Taman Tebing Breksi menjadi tempat wisata yang paling hits bagi kalangan kaum muda milenial atau generasi saat ini.

Tempat yang satu ini tak boleh terlewarkan ketika ada kesempatan berkunjung ke Jogja. Wisata Jogja yang satu ini menyajikan keindahan alam seperti Brown Canyon, salah satu wisata di Semarang.

Ketika berada di puncak tebing, para wisatawan dapat melihat dengan jelas keindahan milik Candi Ijo dan Candi Ratu Boko.

Tak hanya itu, latar Gunung Merapi menjadikan tempat ini semakin layak untuk dikunjungi.

Pada bagian tebing, juga terdapat Tlatar Seneng, biasanya tempat ini sering digunakan sebagai tempat pertunjukkan.

4. Upside Down World Jogja

Upside Down World Jogja
Sumber: hargatiket.net

Wisata Yogyakarta kembali diramaikan dengan hadirnya obyek wisata bernama Upside Down, bertema sensasi suasana terbalik seperti di luar angkasa.

Tempat ini menjadi destinasi yang kekinian banget. Di tempat ini Kamu bisa menemukan spot-spot bagus untuk berfoto, dijamin keren abis.

Pengunjung yang memasuki tempat wisata ini akan disuguhi dengan segala perabotan rumah tangga yang tertempel di dinding dan atap bangunan, seperti tempat tidur, sofa, meja makan bahkan hingga closet tertempet di langit-langit bangunan.

Tempat ini bisa dikunjungi bersama keluarga, temman atau bersama dengan pasangan. Setidaknya terdapat spot hunting foto disini yang kebanyakan merupakan ruangan-ruangan di rumah seperti kamar mandi, ruang tamu, kamar tidur dan lain sebagainya.

5. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung
Sumber: backpackerjakarta.com

Tempat wisata alam Jogja ini dapat terbilag baru karena baru saja dibuka tahun 2016 lalu, Bukit Panguk Kediwung menjadi tempat hits dan kekinian bagi kalangan anak muda.

Khususnya, bagi mereka yang ingin mencari dan menyaksikan langsung keindahan sunrise atau terbitnya matahari di pagi hari.

Rute menuju salah satu wisata alam di Jogja ini tidak sulit karena lokasinya tak jauh dari tempat wisata Kebun Buah Mangunan, jika nanti sudah sampai di kebun buah tersebut, para wisatawan dapat bertana kepada warga sekitar menuju Dusun Kediwung.

Karena jalannya yang cukup ekstrim, maka para pengunjung disarankan menggunakan sepeda motor, tak perlu khawatir parkir motor di tempat ini terbilang sangat mudah, yakni hanya Rp2000 saja, sementara bagi mereka yang membawa mobil dikenakan tarif Rp5000.

6. Jembatan Gantung Pantai Timang

Jembatan Gantung Pantai Timang
Sumber: alodiatour.com

Tempat wisata Jogja selanjutnya ini dapat terbilang cukup ekstrim, pasalnya Jembatan Gantung Pantai Timang berada di bibir pantai yang menjorok ke tengah laut.

Wisata disini terkenal akan kereta gantung dan memiliki jembatan gantung sebagai akses menuju Bukit Karang Pantai Timang.

Untuk merasakan sensasi berada di kereta gantung atau jembatan gantung pantai timang ini, para wisatawan perlu menggocek Rp100 ribu dari kantong mereka.

Perlu nyali untuk berjalan diatas jembatan atau duduk di kereta gantung jembatan pantai timang ini.

Berjalan diatas laut dengan deru ombak dan angit laut yang kencang tentu dapat memacu andrenalin dan rasa takut dalam diri.

Untuk itu sangat disarankan bagi para wisatawan yang kurang bernyali atau phobia ketinggian tidak nekat mencoba wisata ini.

7. Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran
Sumber: travelistaid.com

Ayunan Watu Jaran merupakan salah satu tempat wisata hits dan baru di Kulon Progo, obyek wisata alam Jogja ini menawarkan sensasi berayun dari ketinggian yang tak tanggung-tanggung mencapai 800 meter dari tanah, mantab bukan?

Tempat wisata ini memiliki latar bukit Menoreh, wisata ala mini juga sangat cocok bagi para wisatawan yang hobi melakukan foto selfie.

Keselamatan dari para wisatawan juga sangat diperhatikan, jadi tak perlu khawatir.

Pengelola Ayunan Watu Jaran telah berkerja sama dan bersinergi dengan SAR Jogja untuk pengembangan tempat wisata ini.

Ayunan ini juga dapat menampung bobot hingga 500 kg, anti korosi karena terbuat dari baja.

8. Bukit Kali Kuning

Bukit Kali Kuning
Sumber: alodiatour.com

Tempat wisata ini juga termasuk salah satu destinasi wisata alam Jogja yang hits dan populer di kalangan para generasi milenial.

Bukit Kali Kuning menawarkan pesona keindahan dari lereng Gunung Merapi, salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Para wisatawan dapat berswafoto bersama teman, kekasih atau keluarga.

Di tempat wisata ini, para pengunjung memiliki kesempatan berfoto dan melihat burung hantu, menariknya burung hantu ini adalah spesies atau satwa asli Gunung Merapi.

Tak hanya menikmati keindahan, jika berkenan, para pengunjung dapat berkemah di kawasan Bukit Kali Kuning.

Tarifnya pun sangat murah, cukup membayar Rp 30 ribu untuk berkemah, sedangkan untuk masuk ke tempat wisata pengunjung hanya perlu membayar Rp3 ribu.

9. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan
Sumber: piknikasik.com

Jurang Tembelan juga merupakan salah satu tempat wisata alam di Jogja. Di tempat ini para pengunjung dapat berburu sunrise atau melihat terbitnya matahari di pagi hari.

Bayangkan lagi asyik nongkrong dengan cuaca segar lalu mata disegarkan dengan terbitnya matahari dari ufuk timur.

Akan tetapi, waktu yang pas untuk menikmati suasana sunrise ditempat ini adalah ketika musim kemarau.

Jalur atau rute menuju tempat wisata Jogja ini tidaklah sulit karena berada di kawasan kebun buah Mangunan, untuk masuk para pengunjung hanya dikenai tarif Rp2 ribu saja.

10. Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit
Sumber: nativeindonesia.com

Wisata baru ini terdapat di kawasan Dlingo, dinamakan seribu batu songgo langit karena obyek wisata ini memiliki banyak batu raksasa dan juga rumah-rumah Hobbit yang sangat unik.

Selain itu, terdapat pula jembatan yang menghubungkan pohon ke pohon yang menarik.

Tempat ini juga memiliki flying fox, seribu batu songgo langit terdapat di Dusun Sukarame, Mangunan, Dlingo.

Dapat ditempuh dua jam perjalanan dari Jogja, untuk memasukinya para pengunjung hanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

11. Puncak Watu Goyang

Puncak Watu Goyang
Sumber: travelingyuk.com
Puncak Watu Goyang
Sumber: jogjarentcar.id

Wisata Jogja lainnya yang menawarkan keindahan alam adalah Puncak Watu Goyang yang terdapat di pedukuhan Cempluk, Desa Mangunan, Bantul.

Tempat wisata alam ini dapat dikunjungi para wisatawan dari pagi hingga malam hari, sangat disarankan berada di tempat ini pada sore hari karena dipastikan para pengunjung akan dimanjakan dengan pemadangan indah.

Puncak Watu Goyang tepat menghadap ke barat, jadi sensasi sunset tentu dapat dirasakan oleh para pengunjung di tempat ini.

Selain itu, alasan tempat ini dinamakan puncak watu goyang juga menjadi daya Tarik para wisatawan.

Batu-batu yang berada di puncak tempat ini apabila disentuh akan bergoyang dan batu tersebut dapat terjatuh.

Meski demikian, batu-batu ini berada dalam posisi yang aman. Selain itu, meski berada di atas puncak, kawasan ini sangat aman bagi para pengunjung.

Setelah puas jalan-jalan, jangan lupa beli oleh-oleh khas Jogja buat yang di rumah ya.

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like