10 Tempat Wisata di Ketinggian Semarang

Total
0
Shares

Hello Semarang – Semarang merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang menyimpan banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Tak hanya terkenal akan objek wisatanya seperti Ambarawa dan Lawang Sewu, Semarang juga memiliki banyak objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa di atas ketinggian.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tempat wisata di ketinggian Semarang.

Destinasi ini sangat tepat sebagai referensi jika memang ingin mengisi liburan dengan suasana yang berbeda dan juga lebih tenang.

Dan berikut ini adalah beberapa tempat wisata di ketinggian Semarang yang bisa dikunjungi:

1. Bukit Diponegoro

Wisata di ketinggian semarang

Yang pertama adalah Bukit Diponegoro, pada dasarnya Bukit Diponegoro ini merupakan suatu medan yang mana dijadikan sebagai tempat latihan untuk para tentara yang berada di Kawasan Universitas Diponegoro, Tembalang, Semarang.

Untuk bisa menuju ke lokasi Bukit Diponegoro ini sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi, namun memang akan lebih nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi.

Sedangkan untuk akses jalannya sendiri bisa dibilang sudah cukup lancar dan nyaman. Dan untuk sejauh ini, dalam mengunjungi tempat tersebut belum dikenakan biaya sehingga kamu bisa mengunjunginya.

2. Air Curug Kembar

Wisata di ketinggian semarang

Kemudian yang kedua adalah Air Curug Kembar, salah satu tempat wisata di ketinggian Semarang ini merupakan objek wisata air terjun yang ada di Kecamatan Banyubiru, Semarang dan memang sudah sangat terkenal.

Ketinggian dari air terjun ini sendiri adalah 50m dan juga 70m. Untuk akses menuju ke lokasi ini sendiri memang sangat mudah dijangkau.

Jika dari pertigaan lingkungan Kauman Banyubiru, maka bisa jalan lurus dan menuju ke arah Desa Wirogomo dengan jarak sekitar 7km dengan kondisi jalan yang menanjak.

3. Gunung Kelir

Wisata di ketinggian semarang
Sumber: ngadem.com

Lalu yang ketiga adalah Gunung Kelir, lokasi dari objek wisata ini sendiri adalah Ambarawa, Semarang, lokasi ini memang memberikan suatu sensasi yang berbeda.

Dengan ketinggian lokasi 715 Mdpl dan juga hamparan hijau dari alam yang sangat menawan, tentu saja akan sangat memanjakan setiap mata.

Selain itu gardu pandangnya juga menjadi suatu ikon pada tempat ini. untuk sampai ke lokasi tersebut menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 jam.

4. Goa Jepang Promasan

Wisata di ketinggian semarang
Sumber: seputarsemarag.com

Tempat wisata di Semarang yang keempat adalah Goa Jepang Promasan yang merupakan salah satu goa yang menjadi peninggalan Jepang di saat menjajah Indonesia.

Lorong pada goa ini sendiri adalah 1,8 sampai dengan 2 meter yang berbentuk L. Kamu sendiri memang membutuhkan cahaya dari lampu ataupun senter untuk bisa menerangi goa tersebut.

Dan untuk akses lokasinya sendiri adalah jika Anda dari arah Semarang, maka bisa melewati Pasar Jrakah – Boja, dan nantinya setelah sampai ke Taman Rejo, maka bisa menuju ke Medini yang memiliki jalan berbatu, setelah itu terdapat petunjuk jalan untuk ke Goa Jepang ini.

5. Kebun Teh Medini

Wisata di ketinggian semarang

Lalu yang kelima adalah Kebun Teh Medini, yang mana terdapat hijaunya hamparan pohon teh dan dengan udara yang sangat sejuk sehingga dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Letak ketinggian dari tempat ini sendiri adalah 1.500 DPL yang mana menjadi salah satu wilayah di Kendal.

Untuk bisa menuju ke lokasi ini sendiri memang tidak mudah karena kamu perlu menggunakan standar truck dan bukan mobil mewah, bisa juga dengan mobil jeep.

Untuk aksesnya sendiri adalah melalui jalur Pasar Ungaran – Gunung Pati – Cangkringan. Dan nantinya akan melewati beberapa desa yang lainnya dengan kondisi jalan yang berkelok.

6. Gunung Telomoyo

Sumber: ngadem.com

Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata di ketinggian Semarang seperti Gunung Telomoyo yang mana ada di ketinggian 1.894 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini berada di lembah yang terbentuk karena runtuhnya Gunung Suropati di zaman Pleistosen. Letaknya ada di sebelah utara Gunung Merbabu.

Untuk aksesnya sendiri bisa lewat Kota Magelang dan mlalui jalan arah Semarang kemudian belok kanan setelah Secang, nantinya kamu bisa menyusuri jalan ke Grabag dan ke timur menuju Ngablak.

Selanjutnya nanti akan sampai ke Desa Dalangan yang ada di kaki Gunung Telomoyo. Untuk tiket masuknya sendiri bisa dibilang gratis dan hanya perlu membayar biaya parkirnya saja yaitu Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

7. Rumah Pohon Kali Kulon

Rumah pohon kali kulon
Sumber: wisatabaru.com

Lalu ada juga Rumah Pohon Kali Kulon yang ada di Desa Sepakung, Banyubiru, Semarang. Untuk bisa sampai ke lokasi ini sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Semarang.

Untuk akses jalannya sendiri sudah cukup baik dan untuk bisa sampai ke lokasi tersebut, kamu bisa bertanya kepada warga setempat atau bisa menggunakan google maps.

Sampai sekarang ini belum dikenakan tiket masuk sehingga bisa mengunjunginya secara gratis.

8. Wisata Alam Bantir Hills

Sumber: ngadem.com

Selanjutnya ada Wisata Alam Bantir Hills yang merupakan salah satu spot baru yang ada di Dusun Bantir, Losari, Sumowono, Semarang.

Dan lokasinya sendiri ada di ketinggian 1.000 mdpl, untuk aksesnya sendiri adalah jika Anda sudah ada di Kecamatan Sumowono, maka nantinya bisa memperhatikan sisi jalan karena terdapat sebuah petunjuk untuk menuju ke Bantir Hills tersebut.

9. Umbul Sidomukti

Sumber: amazingindonesia.id

Ada juga Umbul Sidomukti yang merupakan sebuah kawasan yang berada di atas bukit, lokasinya ada di Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang.

Untuk menuju ke lokasi tersebut, maka dari Semarang bisa menuju ke Solo dan setelah sampai di pom bensin Lemah Abang, maka kamu bisa belok kanan ke arah Bandungan, dan setelah sampai Pasar Jimbaran, maka akan mendapatkan petunjuk ke lokasi tersebut.

Kunjungi Juga:

10. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Sumber: jejakpikinik.com

Dan tempat wisata di ketinggian Semarang yang terakhir adalah Candi Gedong Songo. Lokasinya sendiri ada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Dan untuk menuju ke sana, maka kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 40 menit jika dari Ambarawa, sedangkan dari Bandungan 10 menit. Selain itu juga terdapat jasa ojek di pintu masuk kawasan wisata tersebut.

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like