Liburan Ramah Lingkungan

Tips Ramah Lingkungan Saat Liburan ke Pantai

Total
1
Shares

Seringkali ada pepatah gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama. Nah lho pasti sobat hellomikirnya aneh-aneh ya?

Terinspirasi saja dari pepatah ini, bisa juga diartikan kalau berada di suatu tempat kita harus meninggalkan jejak yang baik, termasuk saat pergi liburan.

Seringkali hal ini dilupakan, misalnya saja kita kurang peka dengan lingkungan. Saat berlibur ke pantai kita biasanya membawa banyak bekal dan kebanyakan makanan itu berbungkus plastik.

Secara sengaja atau tidak, bungkus makanan itu kita buang begitu saja. Iya kan? Walaupun kita membuang sedikit bungkus plastik, tetapi harus dipikir juga berapa orang yang pergi berlibur ke pantai?

Sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit kan? Bayangkan saja berapa banyak sampah yang dihasilkan dan seberapa besar kerusakan lingkungan yang dirasakan.

Agar tidak terjadi hal ini, kita harus membawa misi ramah lingkungan saat ingin berlibur ke pantai.

Jangan Buang Sampah Sembarangan
infopublik.id

Tips Liburan Ramah Lingkungan

Untuk itu sobat hello harus ingat dan ada baiknya ikuti tips-tips dibawah ini:

  1. Rencanakan liburan anda dengan matang dan persiapkan daftar barang yang akan dibawa.
  2. Kemasi barang kalian seringkas mungkin, dan jangan lupa bawa pakaian berbahan kaos yang dapat menyerap keringat. Siapkan baju ganti seperlunya sehingga kita tidak perlu membeli baju di tempat wisata dan bisa berhemat.
  3. Jangan banyak membawa makanan berbungkus untuk meminimalisir adanya sampah, sebaliknya bawalah tempat makanan. Selain menjaga lingkungan, makanan yang kita bawa akan terjamin kebersihannya kan? Kalaupun dibungkus, jangan memilih bungkus dengan bahan stereofoam karena bahan ini sulit didaur ulang.
  4. Bawalah tempat minum isi ulang sendiri. Jadi kita dapat mengurangi sampah dari tempat air minum kemasan seperti botol plastik.
  5. Untuk mengurangi penggunaan tisu yang berlebihan, bisa memakai serbet makan yang bisa digunakan berkali-kali.
  6. Bawalah perlengkapan mandi dari rumah karena selain menghemat pengeluaran, kita tidak meninggalkan sampah. Jangan lupa bawa handuk kecil agar tidak perlu membeli di tempat wisata.
  7. Selalu ingat slogan “buanglah sampah pada tempatnya” ketika berada di pantai atau di manapun itu.
  8. Bawalah satu kantong plastik di saku anda sebagai antisipasi kalau di pantai tidak ada tempat sampah atau jauh dari tempat sampah.
  9. Tidak ada salahnya kita memungut sampah kalau disekitar kita ada sampah yang berserakan. Jadikan diri kita sebagai agen ramah lingkungan, kalau bukan kita siapa lagi?
  10. Bawalah tas belanja sendiri jika ingin membawa oleh-oleh. Dengan cara ini, kita dapat mengurangi penggunaan kantong plastik yang sulit didaur ulang.
  11. Terakhir, jangan meninggalkan jejak di pantai selain foto dan kenangan indah.
Dilarang Membuang Sampah Disini
coratcoretblog.blogspot.com

Simpel dan mudah untuk dilakukan bukan? Yang perlu dikuatkan hanya tekad kita untuk selalu menjaga lingkungan di manapun kita berada, agar kita dapat meninggalkan tempat itu dengan kenangan yang indah tanpa meninggalkan sampah.

Saat kita liburan bukan berarti kita semaunya sendiri mencari keseangan tanpa mempedulikan lingkungan. Selamat mencoba tips liburan kali ini ya.

BACA JUGA:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like