Batik Semarang 16

Serunya Wisata Belanja Batik Khas Semarang

Total
0
Shares

Hello Semarang – Kamu masih extend di Semarang atau udah prepare mau pulang nih?

Eitss, jangan buru-buru pulang dulu sebelum belanja oleh-oleh buat teman atau kerabat. Di Semarang bukan hanya oleh-oleh kuliner aja yang bisa dibawa pulang.

Kalo kamu pengen oleh-oleh yang tahan lama dan bisa tetap dikenang oleh penerimanya, bisa loh belanja kain batik Semarang.

Yuk saya ajak kamu menikmati serunya wisata belanja batik khas Semarang.

Nah, Batik Semarang udah beberapa tahun ini mulai ngehits. FYI, dulunya Semarang udah memiliki perkampungan yang memproduksi batik khas Semarangan.

Setelah sempat mati suri puluhan tahun, Pemkot mulai kembali mengangkat Batik Semarangan sekitar tahun 2005.

Sentra produksi batik pun mulai tumbuh di beberapa tempat di kota Semarang. Begitu juga toko tempat menjual Batik Semarang, ada di berbagai tempat di Semarang.

Saya akan rangkum beberapa tempat di mana kamu bisa belanja batik khas Semarang.

Maksudnya sih agar kamu bisa langsung mengunjungi tempat penjualan batik tanpa pusing menentukan pilihan. Hehe

1. Kampoeng Semarang

pusat oleh oleh Semarang
Kampoeng Batik Semarang

Pusat belanja oleh-oleh yang terletak di jalan Kaligawe no. 96 ini menjadi ruang kreasi pelaku usaha mikro kecil dan UMKM.

Terdapat beberapa outlet yang menyediakan oleh-oleh dari kuliner, craft, tshirt, hingga kain atau busana batik.

Outlet yang menjual batik di Kampoeng Semarang menyediakan beragam model busana dan jenis kain batik khas Semarang.

2. Batik Semarang 16

Batik Semarang 16
Batik Semarang 16

Tempat belanja batik khas Semarang ini terletak di wilayah cukup jauh dari pusat kota Semarang.

Untuk mencapai Batik Semarang 16, kamu bisa memilih naik taksi. Tapi kalo pengen naik transportasi umum, bisa memilih BRT dari Simpang Lima yang menuju ke Penggaron.

Nanti kalian bisa turun dekat gerai resto pizza dan nyebrang jalan untuk ganti transportasi lagi menuju daerah Meteseh.

Nama unik Batik Semarang 16 berasal dari salah satu surat dalam Al Quran. Yaitu surat ke 16 An-Nahl yang berarti lebah madu.

Pemilihan nama juga berarti penggunaan bahan pewarna yang berasal dari alam.

3. Batik Jayakarta

Batik Jayakarta
Batik Jayakarta via bikinpinter.info

Sebenarnya di Batik Jayakarta, kalian nggak hanya bisa belanja batik khas Semarang aja, koleksi batik di sini cukup lengkap.

Selain Batik Semarang, ada juga Batik Lasem, Solo, Pekalongan, Sragen, Banjarnegara, Banyumas, dan daerah lain di Propinsi Jawa Tengah.

Toko batik yang terletak dekat pintu keluar Tol Banyumanik ini terdiri dari dua lantai.

Batik Jayakarta merupakan outlet dari batik Jakarta yang memiliki tempat berjualan di Pasar Johar Semarang.

Harga kain atau busana jadi batik di sini terbilang miring dengan kualitas yang bermutu.

4. Batik Lesmono

Batik Lesmono
Batik Lesmono

Terletak di jalan Pandanaran dan dekat dengan pusat oleh-oleh Semarang ini menampilkan pilihan batik yang cantik.

Warna-warna cerah dan mode kekinian, menjadikan Batik Lesmono punya konsumen anak muda atau pekerja kantor.

5. Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang
Kampung Batik Semarang

Nah, kalo kamu belanja di Kampung Batik ini pasti bakal puas. Dalam satu gang yang identik dengan satu wilayah, terdapat sentra produksi Batik Semarangan.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Kampung Batik Semarang, bisa belanja batik sambil wisata.

Kampung yang tertata rapi dan menjadi kampung tematik ini mulai berbenah dan tampil cantik.

Tidak hanya wisata belanja, kamu juga bisa mengikuti pelatihan membuat kain batik. Dengan mendonasikan uang sebesar 20.000 rupiah, kamu bisa belajar membuat batik khas Semarang.

Kemarin saya sempat mengikuti kegiatan bikin batik di Batik Handayani. Belajar menekuni proses pembuatan sehelai kain batik.

Mulai dari menciptakan motif, menggambar desain di kain putih polos, melelehkan malam, membatik, hingga proses pewarnaan.

Kemudian dilanjutkan dengan mencuci malam dengan air bersih dan menjemurnya hingga kering..

Batik khas Semarang memiliki ciri unik dengan warna-warna cerah dan berani. Motifnya kebanyakan mengambil tema flora dan fauna.

Seperti Burung Blekok, asam kranji, asam Jawa, dan yang lain. Ada juga yang mengangkat tema ikon kota Semarang.

Yaitu motif Tugu Muda, Warak Ngendog, atau bahkan Lawang Sewu.

Kampung Batik sangat mudah dicapai, karena terletak dekat dengan bundaran Bubaan. Merupakan kampung yang berada di belakang hotel NJ Horison.

Di Kampung Batik Semarang ini terdapat beberapa toko yang menawarkan beragam jenis kain dan busana jadi. Harga mulai dari 30.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Pokoknya siapin aja duit yang cukup buat belanja baju batik atau kain yang cantik dengan warna memikat.

Pasti teman atau kerabat yang mendapat oleh-oleh batik Semarang bakal mengulaskan senyum senang.

Nah, jangan lupa ya sempatkan waktu untuk wisata belanja oleh-oleh berupa kain atau busana Batik Semarang sebelum kembali ke kota asal.

Yuk wisata belanja batik khas Semarang!

Kunjungi Juga:

3 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like