wisata karimunjawa

√ 15+ Tempat Wisata Karimun Jawa yang Menakjubkan

Wisata Karimun Jawa – Karimun jawa adalah sebuah kepulauan yang terdiri atas 27 pulau.

Kepulauan karimunjawa terletak di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Laut Jawa, sekitar 80 km sebelah Utara Jepara.

Keindahan Kepulauan Karimunjawa memang menyimpan pemandangan alam dan pemandangan perairan laut Jawa yang layak untuk disebut sebagai The Carribbean of Java. Karna perairannya yang bening, tenang serta keindahan alamnya yang penuh eksotis.

Sebenarnya masih banyak spot-spot keren di kawasan wisata karimun jawa yang tersembunyi. Sehingga masih banyak para traveller yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di pulau ini.

Kawasan wisata karimun jawa memang mempunyai banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs bersejarah, situs budaya, wisata pantai, spot foto sampai bukit yang sangat memanjakan mata.

Dibawah ini kami berikan gambaran spot objek wisata keren yang ada di kawasan wisata karimun jawa, yang tentunya dengan suasana yang eksotis, sangat cocok untuk sobat dan keluarga kunjungi.

1. Bukit Annora

Bukit Annora Karimun Jawa

Tidak hanya pantai, sobat juga bisa mendaki bukit yang indah di Annora.

Di sini sobat bisa melihat pemandangan sekitar pantai yang indah ditambah agi dengan hembusan semilir angin yang sepoi-sepoi.

Lebih indah lagi jika sobat datang ke tempat wisata Karimun jawa ini saat matahari sedang terbit, hmmm kebayang betapa indahnya ya sobat …..

2. Pantai Annora

Pantai Annora

Wisata Karimunjawa selanjutnya yang bisa sobat kunjungi adalah Pantai Annora yang terletak di Dusun Cikmas, pantai berdekatan dengan bukit annora.

Di pantai ini selain airnya yang jernih dan pasirnya yang bersih, juga memiliki ciri khas tersendiri yaitu banyaknya ayunan.

Sampai terkadang orang menyebut wisata pantai ini dengan sebutan Pantai Ayunan Annora, karna saking banyaknya ayunan di pulau ini.

3. Pantai Legon Lele

Pantai Legon Lele

Menurut catatan sejarah, di Pantai inilah Sunan Nyamplungan atau Syekh Amir Hasan singgah pertama kalinya di Pulau Karimun jawa.

Di pantai ini sobat bisa menikmati sebuah pantai dengan pemandangan pasir putih yang sangat luas, lebih-lebih saat air laut sedang surut.

Pantai ini juga bisa sobat jadikan spot untuk melihat sebuah sang mentari yang perlahan keluar dari lautan.

Letaknya memang agak terpencil, tapi yakin sobat tidak akan menyesal saat sudah sampai di lokasi pantai ini.

4. Bukit Joko Tuwo

Bukit Joko Tuwo

Bukit joko tuwo adalah satu bukit yang menghadap ke kota Karimunjawa. Disini sobat bisa dengan jelas melihat bentuk utuh dari pulau-pulau yang ada di kepulauan Karimun jawa.

Pemandangan alam yang indah seolah seperti hamparan biru langit yang menyatu dengan birunya air pantai.

Selain pemandangan yang indah, tempat ini juga menyuguhkan berbagai daya tarik lainnya, seperti Tasbih Raksasa, Kerangka Ikan Joko Tuo, dan wahana olahraga alam.

5. Pulau Tengah

Pulau Tengah karimun jawa

Wisata karimunjawa berikutnya adalah pulau tengah, disini sobat tidak hanya bisa bermain air saja, tapi juga bisa memancing ikan sendiri atau menangkap cumi-cumi.

Kawasan pulau ini sudah tertata rapi dan indah, juga sudah terdapat dermaga kecil yang terbuat dari kayu, jadi sobat bisa berjalan di dermaga sambil berfoto yang sobat seolah berjalan di tengah pantai, asyik bukan ………

6. Pulau Menjangan Besar

Pulau Menjangan Besar

Wisata alam Karimunjawa yang satu ini tidak hanya indah tetapi juga unik, di pulai ini adalah tempat penangkaran ikan-ikan hiu.

Bahkan sobat bisa berenang bersama ika hiu tersebut, Selain ikan hiu sobat juga bisa berenang dengan penyu dan binatang laut lainnya.

Mungkin difikiran sobat yang terlintas adalah rasa seram ketika mebayangkan berenang bersama ikan hiu, sobat tidak usah khawatir, karna ikan hiu disini sudah jinak.

7. Bukit Love Karimunjawa

Bukit Love Karimunjawa

Salah satu tempat keren yang ada di kawasan wisata Karimunjawa selanjutnya adalah bukit love, ya …. sobat bisa mengunjunginya bersama pasangan masing-masing.

Selain menyuguhkan keindahan nuansa alam yang indah dan asri, sama seperti namanya tempat ini terdapat semacam patung yang bertuliskan ‘love’.

Sobat bisa menjadikan objek patung tersebut sebagai spot foto yang indah bersama orang yang sobat sayangi.

8. Pantai Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam di Karimunjawa jawa ini menjadi salah satu pantai yang terkenal dan paling keren.

Pantai ini paling cocok didatangi sambil melihat matahari terbenam. Tak hanya itu, sobat juga bisa berselfie di atas bebatuan karang yang bejejer seolah seperti ada didekat matahari.

Pantai ini memiliki keindahan pasir putihnya yang berstruktur lembut layaknya lembutnya tepung terigu

9. Pantai Batu Topeng

Pantai Batu Topeng

Letak pantai ini masih satu garis pantai dengan Pantai Ujung Gelam dan juga jaraknya yang tidak terlalu jauh, pantai ini bisa diakses dengan menyusuri garis Pantai Ujung Gelam.

Keunikan dari pantai ini adalah adanya gazebo yang menjorok ke laut, serta disini kamu bisa bersantai ria di gazebo tersebut sambil menunggu matahari sunset.

Karena masih satu garis pantai dengan Pantai Ujung Gelam, pasir di pantai ini pun juga berwarna putih.

Di pantai ini sobat bisa berenang ataupun berjemur dengan santai, hal itu karna di Pantai Batu Topeng ini pengunjungnya tidak begitu ramai.

10. Makam Sunan Nyamplungan

Makam Sunan Nyamplungan

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Sunan Nyamplungan atau Syekh Amir Hasan putra dari Sunan Muria.

Beliau adalah sosok penting di pulau Karimunjawa, juga beliaulah yang berkontribusi tentang nama Karimunjawa itu sendiri dan penyebaran agama Islam disini.

Sebenarnya ini bukan tempat wisata di Karimunjawa tetapi sobat bisa kesini sekedar untuk berziarah dan mendalami tentang sejarah Karimunjawa, sungguh wahana yang komplit untuk dikunjungi.

11. Pantai Bunga Jabe

Pantai Bunga Jabe

Tempat wisata di kepulauan Karimunjawa selanjutnya adalah Pantai Bunga Jabe. Pantai ini perpaduan antara keindahan alam, kesenian dan budaya.

Keindahan alam yang dimaksud memang sudah tercipta sedemikian rupa, Mulai dari hamparan pasir putih yang membentang luas saat air laut surut sampai lebatnya pepohonan yang menjadi peneduh dari teriknya matahari.

Kesenian, karena pengelola disana yang memiliki darah seni, mereka menyalurkan kesenianya itu kedalam sebuah instalasi unik sebagai hiasan dan sebagai teman bagi pengunjung.

Sobat bisa mencoba hasil karya seni sang kreator ini di Pantai Bunga Jabe. Mulai dari ayunan, sampan, rumah panggung, rumah kurcaci, meja makan, dan lainnya.

Tempat wisata di Karimunjawa yang satu ini cocok sekali bagi kamu yang ingin bermalas-malasan, he he he …….

12. Pulau Cemara Besar

Pulau Cemara Besar

Keindahan pantai yang luar biasa terpancar dari pulau ini, Kamu bisa ber Snorkeling di wisata air Pulau Cemara Besar.

Air lautnya yang begitu jernih dan pemandangan laut yang menakjubkan, sehingga Pulau Cemara ini sangat cocok untuk sobat jadikan sebagai pilihan destinasi tempat wisata saat di Karimunjawa.

13. Pulau Geleang

Pulau Geleang

Saat sobat berlibur di Karimunjawa, jangan lupa mengunjungi pulau yang satu ini, pulau keren nan indah yang ada di Karimunjawa.

Sobat bisa berenang di air yang biru dan jernih, Pulau yang memiliki ukuran kecil dibanding pulau yang lainnya ini bernuansa unik dan menakjubkan.

Pantai ini menjadi salah satu destinasi yang kerap sekali dikunjungi para wisatawan.

14. Kampung Bugis Karimunjawa

Kampung Bugis Karimunjawa

Tepatnya di Dusun Ujung Batu Lawang, Pulau Kemujan itu banyak penduduk orang bugisnya.

Mereka membangun arsitektur rumah mereka dengan gaya bugis, Ya …. walaupun sudah tidak murni 100%, tetapi paling tidak sobat bisa merasakan dan menambah pengetahuan sobat tentang budaya Bugis.

15. Pantai Ujung Batu Lawang

pantai ujung batu lawang

Letak wisata yang satu ini memang ada di bagian paling ujung utara Pulau Kemujan.

Pantai ini sebenarnya konsepnya dibuat menyerupai Tracking Mangrove Karimunjawa. Tempat untuk melakukan kegiatan tracking yang asyik yang ujungnya di Pantai Ujung Batu Lawang.

Pepohonan yang tumbuh menjulang seperti tidak terawat menambah kesan natural dan wild banget bagi sobat pecinta petualangan alam bebas.

16. Dermaga Mrican

Dermaga Mrican

Dermaga Mrican ini adalah tempat bersandarnya kapal para nelayan setelah mencari ikan.

Ketika ada kapal bersandar, warga akan berdatangan satu persatu untuk membeli hasil tangkapan ikan nelayan tersebut, Biasanya saat pagi hari.

Bagi sobat yang sudah mengambil paket wisata Karimunjawa, mungkin agak sulit datang ke Dermaga Mrican ini di pagi hari, Tetapi tenang sobat bisa datang ke tempat wisata di Karimunjawa ini saat sore hari.

Itulah spot-spot indah yang bisa sobat kunjungi saat berwisata di kepulauan karimunjawa, semoga perjalanan sobat seru dan menyenangkan, tapi jangan lupa tetep jaga kelestarian lingkungan disana ya ……….

KUNJUNGI JUGA ARTIKEL TERKAIT : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like