10 Wisata Kuliner Jogja yang Hits di Tahun 2019

Total
0
Shares

Wisata Kuliner Jogja – Yogyakarta, salah satu kota di sudut Pulau Jawa yang memiliki keanekaragaman tempat wisata.

Tak hanya wisata alam dan wisata yang mengedukasi tetapi juga tempat wisata kuliner hits di awal tahun 2019 ini.

Kira-kira mana saja ya wisata kuliner Jogja yang patut untuk dikunjungi?

Beberapa tempat ini direkomendasikan karena memiliki cita rasa dan suasana tempat khas Yogyakarta.

Bahkan, banyak wisatawan yang berkunjung di tempat-tempat ini, bukan hanya wisatawan domestik tetapi juga wisatawan asing.

Deretan Wisata Kuliner Jogja Paling Hits 2019

Siapa yang tak kagum dengan Yogyakarta, pesona Kota Jogja memang tiada habisnya, selain memiliki kekayaan wisata alam dan tempat menarik yang melimpah.

Kota Pelajar ini menyimpan segudang wisata kuliner yang patut dicoba untuk dikunjungi para wisatawan baik domestik maupun dari mancanegara.

Bagi yang belum pernah ke Jogja atau sebelumnya sudah datang ke kota ini mungkin akan sedikit lupa dengan tempat-tempat wisata kuliner yang menarik, atau bahkan yang masih berencana untuk datang kesini.

Jangan khawatir, berikut ini deretan wisata kuliner Jogja yang paling hits bagi para wisatawan.

1. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

 

Meski disebut legendaris, Angkringan Lik Man masih tetap bertahan dengan segala cita rasa makanan yang ditawarkan.

Mengapa disebut legendaris, tempat wisata kuliner ini merupakan generasi awal pedagang angkringan di Yogyakarta.

Lik Man memiliki nama asli Siswo Raharjo anak dari putra Mbah Pairo. Letak angkringan lek man berada di samping stasiun Tugu, persis di sisi utara stasiun.

Selain itu, lokasi ini juga tidak jauh dari Malioboro, salah satu ikon tempat wisata Jogja.

Soal menu makanan, jangan disepelekan lho, karena beragam menu makan di tempat ini menggoda selera makan.

Selain sego kucing dengan lauk tempe dan teri dan beragam macam gorengan yang tersedia, menu makanan disini tak kalah lezat dengan tempat wisata kuliner di Jogja lainnnya.

Racikan bumbu pada sambal membuat ketagihan para wisatawan untuk mencicipinya.

2. Gudeg Wijilan dan Barek

Gudeg Jogja

Gudeg merupakan makanan khas dari Jogja sehingga tak heran menu yang satu ini menjadi andalan para penggila kuliner yang tengah berada di Jogja.

Makanan ini biasanya disantap dengan tahu, tempe, bacem sambal goreng krecek dan kuah areh yang gurih. Makanan ini juga anti dari pewarna buatan hlo.

Warna merah yang terdapat pada gudeg bukan dari pewarna buatan, akan tetapi dari pewarna alami daun jati yang menjadi alas nangka dan salah satu bahan pelengkap dimasak di atas tungku kayu.

Gudeg Wilijan dan Barek menjadi salah satu tempat wisata kuliner Kota Pelajar yang wajib dikunjungi.

Tempat gudeg wilijan dan barek berada tak jauh dari kompleks Keraton Yogyakarta, para pengunjung hanya perlu jalan selama 10 menit atau juga dapat naik becak.

Gudeg ini masih tetap kokoh berdiri sejak 1946 meski banyak competitor yang bermunculan.
Tak perlu khawatir akan dilayani lama, di sisi Jl. Wilijan berderet 17 warung gudeng.

Para pengunjung hanya tinggal memilih akan menikmati cita rasa gudeg ini di warung yang mana dan sesuai dengan selera masing-masing.

3. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klatah Pk Pong menyajikan sate spesial yang dijamin para pengunjung tidak akan mendapat sensasi cita rasa sate ini ditempat lain.

Sate ini memiliki rasa khas dan juga nikmat yang berasal dari racikan bumbu sederhana pada sate kambing ini.

Selain itu, alat yang digunakan memasak sate ini juga berbeda, biasanya kebanyakan sate kambing dibakar dengan menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, tetapi Pak Pong menggunakan jeruji besi sepeda, alasannya pun simple agar daging yang dibakar merata.

Meski menggunakan jeruji besi sebagai alat tusuk sate, alat ini terbukti ramah lingkungan dan dapat digunakan berkali-kali, tak seperti tusuk sate yang terbuat dari bambu sekali pakai.

Sate Klathak Pak Pong berada di wilayah Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta.

4. Bakso Klenger Ratu Sari

Bakso Klenger Ratu Sari

Tempat wisata kuliner Jogja yang satu ini tak boleh dilewatkan begitu saja bagi para penggemar bakso.

Di tempat ini para penggila bakso dapat mencicipi bakso terenak yang ada di Jogja, Bakso Klenger Ratu Sari, berbeda dengan tempat lain bakso yang ditawarkan bagi pengunjung bisa mencapai bobot 20 kg.

Tak heran mengapa salah satu tempat wisata kuliner Kota pelajar ini dinamakan bakso klenger. Tak perlu khawatir, para pengunjung tak mampu menghabiskan bakso sebanyak 20 kg dapat memillih menu bakso dengan beragam pilihan.

Bakso Klenger Ratu Sari bertempat di Jalan Wahid Hasyim No.296 Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Warung bakso ini melayani pembeli dari pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Perlu diperhatikan, para pengunjung harus benar-benar mengosongkan perut mereka sebelum menyantap bakso ini.

5. Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu

Tempat wisata kuliner Joglo Pari Sewu memiliki desain bangunan yang unik karena menggunakan material kayu tempat yang sangat cocok digunakan menikmati segala kuliner yang ditawarkan.

Ditempat ini, para pengunjung akan disambut oleh beragam tokoh-tokoh kartun seperti Doraemon, Teddy Bear dan lain sebagainya.

Selain dimanjakan dengan suasana nyaman dan asri, di tempat ini lidah para pengunjung juga akan dimanjakan dengan sajian sederhana namun terjamin kelezatannya.

Menu lokal seperti nasi pecel, ayam woku-woku dan lain sebagainya mampu mengenyangkan perut para pengunjung.

Berlokasi di dekat jembatan Sungai Kali Kuning di Desa Bromonilan, para pengunjung bisa turun ke area bawah tempat ini untuk mencari spot menarik dan sekaligus dapat menikmati sajian kuliner di pinggir sungai

6. D’Padukan Pie & Resto

D’Padukan Pie & Resto

Tempat wisata kuliner yang satu ini cocok bagi para pengunjung yang doyan makanan pencuci mulut atau dessert.

Beragam sajian pie yang ditawarkan D’Padukan Pie & Resto tidak boleh dilewatkan oleh para pengunjung.

Beragam pastry seperi pie disajikan dengan beragam pilihan topping, seperti the hijau, red velvet dan double cheese.

Beragam sajian ini sangat cocok dinikmati para wisatawan domestic maupun luar negeri sambil menemani waktu istirahat mereka.

Interior ala vintage tentu memanjakan mata para pengunjung, suasana yang ditawarkan pun mampu membuat mereka berlama-lama ditempat ini.

Selain itu, tempatnya yang fotogenik membuat para pengunjung dapat menemukan spot foto yang bagus-bagus.

7. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti

Tempat wisata kuliner yang satu ini masuk menjadi daftar wisata kuline Jogja yang perlu dikungjungi para wisatawan dan sangat terkenal seantro Yogyakarta.

Oseng Mercon Bu Narti terletak di Jl. K.H Ahmad Dahlan, dang Purwodiningrat.

Menu kuliner yang ditawarkan ditempat ini adalah oseng mercon, tapi bukan sembarang oseng mercon. Masakan oseng mercon degan cita rasa pedas bahkan dapat dibilang sangat pedas.

Oseng Meron Bu Narti dibuat dari berbagai macam bahan olahan. Seperti daging sapi, kikil sapi, lidah sapi dan jeroan sapi hingga tulang-tulang sapi yang masih muda terdapat di dalam olahan oseng mercon ibu yang satu ini.

Tak lupa, cabe rawit yang sangat banyak menjadi bahan yang tak boleh tertinggal. Untuk mengatasi rasa super pedas.

Tempat ini juga menyajikan menu pendaming seperti babat goreng ati ampela gorang, tahu tempe goreng dan lain sebagainya.Sangat cocok bagi para pengunjung penggila pedas.

Baca Juga: Mencicipi Pedasnya Oseng-oseng Mercon dan Segarnya Bakmi Kadin Jogja

8. Saoto Bathok Mbah Karto

Saoto Bathok Mbah Karto

Ingin menyantap makanan dengan media yang anti mainstream? Para penikmat kuliner dapat bertandang ke Saoto Bathok Mbah Karto.

Kuliner asli Solo yang memadukan harmoni kuah being dan kenyalnya daging sapi ini disajikan dengan berbeda.

Jika kebanyakan tempat wisata menyajikan saoto di dalam sebuah mangkuk, maka Saoto Bahtok Mbah Karto ini menggunanakn sebuah bathok kelapa atau tempurung kelapa.

Cita rasa yang khas membuat para pengunjung menikmati sensasi berbeda makan saoto.

Tak hanya saoto, menu pelenkap sajian ini terdiri dari beragam macam, mulai dari tempe goreng, sate usus hingga sate telur puyuh.

Mata para pengunjung juga akan dimanjakan dengan nuansa lesehan dalam sebuah saung di tengah sawah.

9. Soto Sampah

Soto Sampah

Jangan salah duga dulu dengan nama yang digunakan, wisata kuliner di kota ini memang memiliki nama yang sangat unik, Soto Sampah.

Akan tetatpi, sajian menu makanan yang disediakan disini jauh dari kesan jorok atau menjijikan lho. Soto Sampah menjadi salah satu destinasi kuliner terkenal yang terdapat di Jogja.

Nama yang digunakan juga bukanlah nama yang serius, karena Soto Sampah merupakan nama kiasan yang dipilih saat para pengunjung memesan menu makanan ini.

Para pengunjung dapat memilih apa saja bahan tambahan yang akan dimasukkan ke dalam soto.

Jika tertarik, para pengunjung dapat mengunjungi wisata kuliner ini pada malam hari. Soto Sampah berlokasi di Jl. Kranggan No.2 Cokrodiningratan.

Tempat ini berada di sekitar SPBU Kranggan, harganya dibanderol sangat mudah mulai dari Rp.5 ribu.

10. House of Raminten

House of Raminten

Tempat wisata kuliner yang satu ini juga menjadi satu-satunya kuliner malam yang berdiri di Yogyakarta dan berada di sepanjang pinggiran jalan kota ini.

House of Raminten menjadi tempat yang patut dan layak dikunjungi para wisatawan.

Terlebih mereka yang suka dengan wisata malam di sebuah kota, tempat ini dapat dikatakan mirip dengan sebuah galeri dengan segudang pernak-pernik antik khas Jawa yang ditawarkan.

Untuk itulah, House of Raminten disebut tempat wisata kuliner yang tidak biasa. Menu makan di tempat ini juga beragam dan memiliki cita rasa tinggi yang khas.

Beberapa menu utama House of Raminten antara lain seperti, nasi liwet, nasi kucing ayam koteka, es dawet, jejamuran hingga segala jenis wedang terdapat disini.

Nuansa khas Jawa sangat kental di tempat ini terlebih ketika para pengunjung akan menyantap sajian kuliner.

Mereka akan ditemani iringan musik dari gamelan sepanjang waktu. Namun, terdapat satu hal yang perlu diperhatian para pengunjung.

Jika para pengunjung penasaran dengan sensasi menyantap kuliner di House of Raminten, disarankan untuk menuju ke lokasi yang bertempat di Jl. F.M Noto Nomor 7, Kotabaru.

Karena hanya ditempat ini House of Raminten melayani para pelanggan hingga 24 jam nonstop.

Beragam tempat wisata kuliner Jogja diatas dapat menjadi referensi para pengunjung dalam menikmati suasana liburan di Kota Yogyakarta.

Tempat wisata kuliner yang menyajikan beragam sajian khas tetapi juga dibanderol dengan harga relative murah.

Baca Juga:

8 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like