Sepeda Layang Coban Rais

10 Tempat Wisata di Malang – Batu yang Murah & Hits 2019

Total
0
Shares

Wisata Malang – Keindahan Jawa Timur tak lepas dari beragam destinasi wisata dengan keindahan panorama alamnya. Salah satu tempat yang menawarkan berbagai keindahan tersebut adalah Malang.

Wisata Malang menjadi salah satu pilihan banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung di akhir pekan.

Terlebih dalam beberapa tahun terakhir destinasi pariwisata Kota Malang telah menunjukkan kemajuan yang sangat progresif.

Sehingga hal ini membuat banyak wisatawan yang senang meski harus jauh-jauh datang ke kota tersebut. Selain itu, beragam obyek wisata di Malang memang memiliki daya tarik masing-masing.

Daftar Tempat Wisata di Malang yang Populer 2019

Gunung Bromo menjadi salah satu trendsetter pariwisata di Jawa Timur, tempat ini selalu menjadi idaman para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Keindahan panorama serta tantangan naik gunung hingga mencapai puncaknya menjadi salah satu dari beragam alasan tempat ini dikunjungi.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, kini banyak destinasi wisata yang dapat ditemui di Jawa Timur khususnya Kota Malang.

Beragam destinasi wisata ini patut dikunjungi para wisatawan bersama keluarga atau rekan baik di akhir pekan maupun di hari libur, jangan sampai kesibukan menyita waktu untuk liburan.

1. Goa Pinus

Goa Pinus
Sumber: bosniatravel.com

Wisata hutan atau sering kali disebut dengan wanawisata tengah menjadi trend atau naik daun, di Kota Malang pun menyajikan wisata alam dengan sajian pemandangan yang tentu tidak boleh dilewatkan bagi para wisatawan.

Goa pinus menawarkan keindahan hutan pinus dengan udara sejuk khas Kota Batu, mampu menyegarkan pikiran dan tubuh.

Sebelum dikelola dengan baik, obyek wisata Goa Pinus dulunya adalah sebuah kawasan penambangan pasir.

Seiring perhatian dinas pariwisata setempat, Goa Pinus kini menjadi salah satu obyek wisata Malang yang patut diperhitungkan dan banyak dicari oleh wisatawan, spot-spot yang bagus sangat cocok bagi pecinta fotografi.

Selain menyajikan pemandangan indah, Goa Pinus juga sudah dilenkapi dengan banyak fasilitas memadai seperti tempat ibadah, toilet hingga camping ground yang dapat digunakan bermalam menghabiskan waktu di tempat ini.

Letak Goa Pinus berada di Gunungsari, Bumuaji Kota Batu, biaya masuk ke tempat ini sangat murah hanya Rp5 ribu saja.

2. Sepeda Layang Coban Rais

Sepeda Layang Coban Rais
Sumber: tempatrekreasi.id

Kota Batu memang banyak menawarkan destinasi wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi, salah satunya adalah wisata air terjun atau juga disebut dengan istilah coban.

Wisata air terjun yang memiliki keindahan alam dan sangat patut untuk dikunjungi adalah Coban Rais. Akan tetapi tempat ini tak hanya menawarkan wisata air terjun.

Ikon yang menjadi daya tarik Coban Rais adalah terdapat fasilitas sepeda layang yang dapat digunakan dan dicoba oleh para pengunjung.

Sepeda ini dapat dikayuh diatas sebuah tali, mirip seperti flying fox tetapi menggunakan sepeda.

Selain itu keindahan bukit dengan hiasan utama yakni air terjun akan memanjakan mata setiap pengunjung, terletak di 16 km dari Kota Malang.

Wisata air terjun ini memiliki ketinggian hingga 20 meter dengan air yang mengalir deras melalui sebuah perbukitan asri.

Coban Rais memiliki gardu pandang yang berbentuk sebuah hati dan menghadap ke arah belantara.

Para wisatawan dijamin akan puas dengan spot-spot foto yan disediakan, bagi para pengunjung pastikan datang ketempat ini selain pada musim hujan karena air di tempat wisata ini akan berubah menjadi kotor apabila tengah dalam musim hujan.

3. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
Sumber: pantainesia.com

Wisata pantai biasanya erat kaitannya dengan daerah Gunungkidul Yogyakarta atau Bali.

Tetapi jangan salah sangka di Malang pun juga menyediakan wisata pantai yang berada di kawasan pesisir bagian selatan, tak kalah cantik dengan pantai-pantai terkenal lainnya di Indonesia.

Namun, perlu diketahui bahwa ombak pantai di Malang termasuk cukup besar ketimbang di pantai-pantai pulau Jawa atau Bali.

Ombak besar yang ada di pantai-pantai Malang ini dikarenakan letak dari pesisir pantai yang langsung menghadap ke samudra.

Pantai Balekambang menjadi salah satu tempat wisata yang tak boleh dilewatkan. Pantai ini sepintas memiliki bentuk yang mirip dengan pantai di Bali, tepatnya di Tanah Lot.

Selain itu, di pantai tersebut juga terdapat Pura yang terletak di pulau kecil yang berdekatan dengan pesisir.

Nama pura tersebut adalah Pura Amerta Jati dan berdiri diatas pulau yang bernama Pulau Ismoyo.

Pura ini masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu, baik di hari biasa atau upacara besar seperti Suroan atau secara kalender Jawa bertepatan dengan Hari Raya Nyepi.

Di pantai Balekambang para wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan sunser dan siluet dari bangunan khas Pura.

Selain itu, sepanjang pantai juga terdapat 3 pantai kecil yang dinamai dengan nama tokoh pewayangan yakni Pantai Anoman, Pantai Wisangeni dan Pantai Ismoyo.

4. Kampung Jodipan

Kampung Jodipan
Sumber: tribunnews.com

Pernahkah Anda menemui sebuah kampung unik dengan hiasan warna warni di setiap rumahnya? Mungkin hanya Kampung Jodipan saja yang memiliki keunikkan serta keindahan tersebur.

Kampung ini menjadi viral atau terkenal di Indonesia setelah pengelolaan kampung yang mulanya kumuh menjadi terawat dan enak dipandang.

Perlu diketahui bahwa pengelolaan kampung ini adalah gagasan dari sekumpulan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Mahasiswa itu berniat mengubah kampung yang dulunya kumuh dan tak terawat menjadi indah dengan lukisan mural dan warna-warni cat pada setiap rumah.

Hasilnya, kampung yang letaknya di pinggiran sungai Berantas ini kini menjadi idola, tak sedikit para wisatawan ke Malang dan menjadikan kampung ini sebagai destinasi wisata yang mereka kunjungi.

Banyak spot foto menarik yang ditawarkan objek wisata Malang ini, salah satunya Jembatang Embong Berantas.

Jembatan ini hanya berjarak 500 meter dari Stasiun Malang Kota Baru. Sangat mudah ditemukan bukan?

Sejak dibuka menjadi obyek wisata pada 2017 lalu, jembatan ini menjadi sarana umum yang menghubungkan Kampung Jodipan dengan Kampung Tridi.

5. Museum Angkut

Museum Angkut
Sumber: pagipegi.com

Daya tarik para wisatawan akan sejarah yang dimiliki Malang yang dulunya adalah kota pusat peradaban sejak zaman prasejarah melahirkan salah satu destinasi wisata yang kental akan sejarah masa lalu.

Museum Angkut menjadi destinasi wisata sejarah yang banyak dikunjungi para wisatawan selain wisata alam dan wisata kuliner Kota Apel.

Memiliki luas mencapai 3,8 hektare dan mempunyai koleksi yang cukup lengkap, museum angkut cukup terkenal di kalangan para wisatawan domestik atau bahkan luar negeri.

Mengapa dinamai museum angkut, karena museum ini menyediakan kendaraan dari berbagai negara dan berbagai era.

Total sebanyak 300 kendaraan dimiliki museum angkut, jumlah tersebut sekaligus mengukuhkan museum ini sebagai museum kendaraan terbesar se-Asia Tenggara.

Karena jumlah kendaraan yang banyak, museum ini dibagi menjadi 8 zona pameran, setiap zona pameran memiliki ciri-ciri dan karakteristik masing-masing.

Beberapa zona tersebut antara lain seperti, Main Hall yang menyimpan koleksi kendaraan antik, Eduaction Hall untuk kendaraan sarat akan sejarah transportasi.

Kemudian ada Euro yakni zona untuk koleksi kendaraan asal Eropa, salah satunya adalah Range Rover yang pernah digunakan Ratu Inggris.

Terletak di Jalan Terusan Sultang Agung Nomor 2, Kecamatan Batu, Kota Batu harga tiket tempat ini adalah Rp60 ribu untuk hari biasa dan Rp80 ribu untuk hari libur.

Selain banyak kendaraan, tempat ini juga memiliki pasar apung meski hanya replika dari pasar apung asli yang menjual makanan dan minuman.

6. Jawa Timur Park

Fasilitas Wisata Jatim Park 1
Sumber: tribuntravel.com

Jawa Timur Park merupakan salah satu destinasi wisata Malang yang terenal, bahkan tempat wisata ini menjadi tempat wajib yang dikunjungi oleh para wisatawan domestik terutama anak-anak sekolah yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama.

Jawa Timur Park atau terkenal dengan nama Jatim Park merupakan taman bermain dengan area yang luas.

Saking luasnya tempat hiburan ini, Jatim Park dibagi menjadi tiga kawasan yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3.

Tempat wisata ini kerap dipadati oleh para pengunjung terlebih jika musim liburan telah tiba, untuk itu disarankan untuk para wisatawan jangan datang kesini saat musim liburan, datang saja saat hari biasa.

7. Air Terjun Coban Putri

Air Terjun Coban Putri
Sumber: dakatour.com

Wisata air terjun mungkin akan banyak ditemukan jika para wisatawan datang mengunjungi Kota Malang, salah satunya adalah air terjun coban putri yang terletak di Desa Tlekung.

Air terjun ini memiliki air jernih yang belum terkontaminasi membuat tempat ini sangat cocok digunakan berendam atau sekadar berenang.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan spot-spot foto terbaik tepat di sisi air terjun. Salah satu spot foto yang menarik adalah Tangan Tuhan salah satu spot foto dengan beragam hiasan menarik. Untuk masuk ke tempat wisata ini wisatawan cukup membayar Rp8 ribu saja.

8. Rumah Makan Inggil

Rumah Makan Inggil
Sumber: dolandolen.com

Ingin menikmati masakan khas nusantara dengan ditemani benda-benda antik disekitarnya? Rumah Makan Inggil menjadi pilihan yang tepat bagi para wisatawan.

Rumah makan ini bukan sembarang rumah, tetapi sebuah rumah makan yang berada di dalam sebuah museum.

Di tempat ini para pengunjung dapat menikmati sajian khas nusantara dengan ditemani barang-barang antik.

Wisata Kuliner Malang yang satu ini memang terbilang unuk, benda antik seperti senjata kuno, mesin ketik kuno, jam kuno hingga perabotan masa lalu semuanya ada disini.

Tempatnya pun muda ditemukan yakni terletak di Jalan Gajah Mada No 4, Kota Malang.

9. Madam Wang Secret Garden

Madam Wang Secret Garden

Apabila berkunjun ke kafe ini para pengunjung akan disajikan pemandangan yang ada ketimbang memesan tempat.

Madam Wang Secret Garden memiliki dua area untuk para pengunjung, yakni area outdoor dan indoor, tentunya masing-masing memilik kenyamanan yang berbeda-beda.

Terletak di Jalan Telemoyo 12, Kota Maalang, harga yang ditawarkan kafe ini terbilang murang berkisar antara Rp 15 ribu hingga Rp30 ribu.

Makanan yang disediakan pun beragam mulai dari Gudeg Ayam Khas Jogja hingga makanan ringan seperti apple strudel yang sangat terkenal.

10. Gunung Semeru, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Gunung Semeru
Sumber: zonalibur.com

Siapa yang tak kenal dengan Mahameru? siapa pula yang tak ingin menaklukan puncak terkenal sekaligus tertinggi di Pulau Jawa ini?

Perjalanan mendaki akan diwarnai dengan beragam keindahan alam. Mulai dari Desa Ranu Pane, Ranu Kumbolo, Oro-oro Ombo hingga menemuka bunga Verbana Barisliensis Vell yang mirip dengan bunga Lavender. Bunga ini hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Untuk dapat menaklukan Mahameru para pendaki dapat menginap satu malam di Kalimati. Lalu memulai perjalanan mendaki mulai pukul 02.00 dini hari karena tidak disarankan menginap di puncak gunung, gunung ini masih dalam status aktif.

Para wisatawan yang mendaki diharap untuk berhati-hati karena tak jarang berguguran batu-batu besar yang dapat membahayakan nyawa pendaki.

Kunjungi Juga:

4 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like