5 Tempat Wisata di NTT yang Terkenal Hingga Mancanegara

Total
0
Shares

Wisata NTT – Nusa Tenggara Timur adalah salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Indonesia. Telah kita ketahui bahwa Indonesia adalah salah satu negara tujuan wisata terbaik yang ada di dunia.

Di Nusa Tenggara Barat (NTB), yang paling terkenal adalah wisata Lombok dengan keindahan alam dan pantainya yang sangat indah.

Di Nusa Tenggara Timur, juga tak kalah indahnya dengan wisata yang ada di NTB. Sebut saja Pulau Komodo misalnya, yang juga menjadi situs warisan dunia.

Lebih lengkapnya apa saja tempat wisata yang ada di NTT ini, baca sampai habis ulasan berikut:

1. Danau Kelimutu

Wisata NTT Danau Kelimutu
Sumber: liputan6.com

Danau Kelimutu merupakan salah satu objek wisata NTT yang paling sering dikunjungi wisatawan ketika berlibur ke Nusa Tenggara Timur.

Danau yang teletak di puncak Taman Nasional Kelimutu ini memiliki keindahan tiga warna. Danau ini dipopulerkan seorang warga Belanda bernama Van Such Telen pada tahun 1915.

Pada tahun 1929 Y. Bouman melukiskan keindahan dan perubahan warna air danau tersebut. Sehingga Danau Kelimutu ini semakin dikenal oleh luas oleh banyak kalangan.

Perubahan warna air Danau Kelimutu tidak dapat diprediksi. Kadang-kadang, warnanya biru, hijau, hitam dan lain waktu bisa berwarna putih, merah, biru maupun berwarna coklat tua.

Perubahan warna Danau Kelimutu ini, secara ilmiah merupakan faktor kandungan mineral, lumut, batu-batuan di dalam kawah dan pengaruh dari cahaya Matahari.

Para ilmuwan yakin bahwa danau ini terbentuk dari erupsi gunung vulkanik pada zaman purba.

Untuk mencapai lokasi danau, kamu dapat memulai dari Moni, kota kecil yang merupakan basecamp para backpacker.

Pemandangan di sepanjang jalan menuju lokasi danau ini sangatlah indah.

Danau yang ada paling barat memiliki nama Tiwu Ata Mbupu, yang berarti adalah ‘danau untuk jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal’.

Danau yang ada di tengah memiliki nama danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, yang berarti ‘danau untuk jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal’.

Sedangkan danau yang lokasinya paling timur memiliki nama Tiwu Ata Polo, yang berarti ‘danau untuk jiwa-jiwa orang yang selalu melakukan kejahatan’.

2. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo

Bebaskan pikiran Sobat Hello dari penatnya pekerjaan dengan berpetualang ke wisata NTT paling terkenal, Taman Nasional Komodo.

Ada keindahan menunggu kamu di sini, belum lagi kekayaan biota bawah airnya. Sementara di atasnya terpampang pulau-pulau indah berpasir putih dan yang berpasir merah muda yang sangat indah saat disapa matahari.

Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies langka yang hampir punah, hanya dapat kamu temukan di Taman Nasional Komodo.

Karena keunikan dan kelangkaannya, Pulau Komodo dinyatakan sebagai a World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986.

Pertama kali ditemukan dunia ilmiah tahun 1911 oleh JKH Van Steyn. Sejak saat itu kemudian memperluas tujuan konservasinya juga untuk melindungi seluruh keanekaragaman hayati, baik laut maupun darat.

Di awal kedatangan di Loh Buaya (Pulau Komodo) dan Loh Liang (Pulau Rinca), terdapat toko-toko cinderamata yang menjual kaos dengan gambar komodo dan patung kayu komodo.

Kaos – kaos yang dijual di sini memiliki kualitas yang bagus karenanya jangan sampai kamu tidak membelinya untuk oleh-oleh.

Baca Juga: Jalan-jalan Wisata ke Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

3. Pantai Koka

Wisata NTT Pantai Koka
Sumber: kompas.com

Pantai Koka di Desa Wolowiro disebut-sebut sebagai tempat yang bisa memanjakan mata pengunjung yang datang.

Tak banyak orang mengenal apalagi mengunjungi pantai berpasir halus dan putih keemasan ini sebabagi salah satu wisata NTT yang rekomended dikunjungi.

Keindahannya seolah tersembunyi dari keramaian dunia. Beberapa nelayan biasanya berteduh di bawah pohon di antara dua pantai yang melengkung seperti tersenyum satu sama lain.

Bisa dibayangkan nikmatnya ikan bakar segar dari laut disantap di bawah rindangnya pohon.

Pantai Koka ini merupakan tempat indah yang masih perawan dan sempat disinggahi oleh tamu Eropa khususnya dari Belanda pada tahun 90-an.

Pantai ini tepat bagi mereka yang gemar menyusuri pasir halus dan bersih. Di lain sisi tak jauh dari lokasi pantai ini, sebuah bibir pantai terlihat tersungging menyambut pengunjung.

Dua bukit batu membatasi ujung bibir pantai satu dengan yang lainnya. Tempat yang sangat reccommended bagi Sobat Hello yang tidak menyukai keramaian.

4. Alor

Alor
Sumber: travelingyuk.com

Wisata NTT selanjutnya adalah Alor. Alor merupakan sebuah pulau dengan kekayaan bawah laut yang mengagumkan dan berlokasi di bagian timur Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Meski belum tersohor seperti Raja Ampat atau Taman Nasional Komodo, akan tetapi para penyelam menceritakan bahwa keindahan Alor tak kalah dengan kedua tempat tersebut.

Bahkan bila dibandingkan dengan Kepulauan Karibia yang tersohor.

Alor memiliki daya tarik tersendiri seperti keindahan alam, budaya, dan sejarah yang diminati para petualang, peneliti, dan tentunya wisatawan.

Meski akses masih terbatas (umumnya dari Kota Kupang dengan pesawat atau kapal laut) tetapi itu tidak menyurutkan minat untuk menjelajahi keistimewaan dan keindahannya.

Salah satu keunikan pulau ini adalah ditemukannya banyak moko (benda pusaka). Sobat Hello dapat mengunjungi Museum 1000 Moko untuk melihat lansung kekayaan budaya Alor.

Termasuk juga tenunan indah dengan beragam warna dan corak. Bahkan tenunan khas Alor atau yang biasa disebut “kawate” ini sudah melanglangbuana hingga ke Jepang.

5. Pink Beach

Pink Beach

Birunya air laut nan jernih dibingkai hamparan pasir yang halus, mungkin sudah pernah kamu rasakan.

Lalu bagaimana apabila keindahan pantai tersebut dibingkai dengan hamparan pasir berwarna merah muda? Ini baru luar biasa.

Inilah salah satu keindahan wisata NTT yang bisa kamu dapatkan di kawasan Taman Nasional Komodo.

Tahukah kamu, kalau Pink Beach ini merupakan satu dari 7 pantai berpasir pink yang ada di dunia lho.

Bahkan tidak hanya kondisi pantainya yang indah dan cantik, kehidupan bawah laut di Pink Beach ini juga menyimpan keindahan dan kekayaan alam yang menarik untuk diselami.

Beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya ada di bawah laut Pink Beach ini.

Oleh sebab itu, snorkeling atau diving di Pink Beach ini merupakan aktivitas yang tidak boleh untuk dilewatkan saat berkunjung ke pantai cantik ini.

Dinamakan Pantai Pink karena memang pasir pantainya berwarna merah muda (pink). Namun masyarakat lokal lebih suka menyebutnya Pantai Merah, sementara wisatawan asing lebih suka menyebutnya Pink Beach.

Warna pinknya kian tampak jelas disaat pasir pantai tersapu oleh ombak.

Siapa yang mau coba?

Ada beberapa tips yang harus dipersiapkan dulu nih. Bawalah bekal makanan dan minuman.

Sebab belum tentu tempat yang akan kamu kunjungi menyediakan restoran atau tempat makan.

Kemudian yang harus dipersiapkan adalah obat-obatan. Ini penting banget jika sewaktu-waktu tubuh kamu sedang tidak fit.

Jangan lupa jika ke pantai siapkan sunblock, topi dan kacamata hitam untuk melindungi kamu dari panasnya sinar matahari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like