Ini Lho 15 Objek Wisata Semarang yang Hits di 2019! Ayok Berlibur

Wisata Semarang – Berlibur ke Semarang, memang tak pernah ada bosannya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Semarang memang dikenal sebagai salah satu kota dengan perindustrian tersibuk di Pulau Jawa. Tak hanya itu, Semarang juga dikenal sebagai surganya wisata yang menarik dan juga ciamik.

Ada beragam pilihan wisata di sekitar Semarang yang bisa Anda pilih sebagai destinasi liburan akhir pekan. Antara lain seperti wisata alam, wisata sejarah dan budaya, wisata religi, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa daftar wisata Semarang yang perlu Anda ketahui.

1. Vanaprastha Gedong Songo Park

Vanaprastha Gedong Songo Park

Wisata Semarang yang pertama ada Vanaprastha Gedong Songo Park. Lokasinya tak begitu jauh dari objek wisata Ayana Gedong Songo. Terletak di kawasan Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan.

Disini, Anda bisa berkeliling mengunjungi rumah-rumah kayu yang dibangun di tengan hutan pinus. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja untuk bisa menikmati pemandangan dan suasana yang sejuk di sekitar objek wisata. Selain itu, Anda juga bisa berfoto ria di Vanaprastha.

2. Klenteng Sam Po Kong

klenteng sam po kong

Berikutnya, ada Klenteng Sam Po Kong. Sebagian besar wisatawan dari luar kota selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini. Berlokasi di Jalan Simongan, Bongsari, Semarang Barat, klenteng ini masih sangat kental akan sejarah Nusantara.

Perlu Anda ketahui bahwa lokasi tersebut merupakan bekas tempat persinggahan pertama Laksamana asal China yang menganut agama Islama. Bernama Laksamana Cheng Ho. Anda juga bisa berfoto ria di beberapa spot yang ada di objek wisata ini. Jangan lewatkan juga untuk menyewa pakaian khas China yang disediakan di dekat loket utama. Sangat pas dan menyenangkan jika mengunjungi klenteng ini di sore hari.

3. Ayana Gedong Songo

Ayana Gedong Songo

Berlibur ke Semarang, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Ayana Gedong Songo. Terletak di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, objek wisata ini memiliki banyak spot-spot unik yang instagramable.

Ayana Gedong Songo

Pihak pengelola Ayana memang sengaja menyediakan spot-spot tersebut agar para pengunjung dapat berfoto ria. Adapun spot tersebut seperti balon udara, bubble tent, tempat duduk unik yang berada di tengah kolam, hingga hammock. Pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk nan asri menjadikan Ayana sangat cocok dijadikan tempat refreshing melepas penat dari padatnya wilayah perkotaan.

4. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara

Berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang. Pagoda Avalokitesvara ini juga merupakan salah satu wisata Semarang yang patut dikunjungi. Sama halnya dengan Sam Po Kong, objek wisata ini juga biasa dijadikan spot berfoto bagi para pengunjung. Pagoda ini didirikan pada tahun 1995, memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan bertingkat tujuh. Uniknya, di setiap tingkatan terdapat empat buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap empat penjuru mata angin.

5. New Sabana Rawa Pening

New Sabana Rawa Pening

Objek wisata Semarang yang wajib Anda kunjungi berikutnya adalah New Sabana di Rawa Pening. Spot wisata satu ini memang sedang populer di kalangan masyarakat. Adapun Anda akan melihat sebuah danau yang mengering dan ditumbuhi tanaman-tanaman liar sehingga rupanya hampir mirip seperti sabana.

Saat kondisi cuaca cerah, Anda bisa berfoto ria di sabana ini dengan background Gunung Telomoyo, Ungaran, dan juga Merbabu. Namun, jika musim penghujan telah tiba, danau tersebut akan tertutup air kembali. Sehingga, sangat disarankan bagi Anda untuk menentukan prakira cuaca yang pas sebelum berkunjung kemari.

6. Curug Lawe

Curug Lawe

Sumber: Travelingyuk.com

Curug Lawe merupakan salah satu objek wisata air terjun yang terkenal di Semarang. Lokasinya tak begitu jauh dari Kebun The Medini. Anda bisa menuju ke lokasi dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit lamanya dari pintu masuk perkebunan teh. Hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 4.000 saja, Anda bisa menikmati pemandangan indah dan suasana segar dari air terjun ini.

7. Watu Gunung

Watu Gunung Semarang

Sumber: myimage.id

Objek wisata yang satu ini terletak di Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang. Di Watu Gunung ini juga terdapat kolam pemandian dengan panorama khas Pegunungan Ungaran. Sangat cocok dijadikan tempat refreshing dan terapi. Selain jauh dari perkotaan, suasana di kawasan Watu Gunung ini sangat tenang dan damai sehingga tak jarang para pengunjung betah berlama-lama disini.

8. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm

Sumber: Explorewisata.com

Perlu Anda ketahui juga bahwa Semarang memiliki kebun bunga yang biasa dijadikan sebagai spot berfoto yang keren. Berlokasi di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, kebun bunga ini sangat indah dan selalu ramai pengunjung jika musim liburan tiba. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp7.000 dan bisa berfoto ria bersama jejeran bunga krisan yang sangat indah.

9. Old City 3D Trick Art Museum

Old City 3D Trick Art Museum

Sumber: Blog.Reservasi.com

Selanjutnya, ada objek wisata Semarang terbaru yang berada di kawasan Kota Lama Semarang, bernama Old City 3D Trick Art Museum. Terletak di Jl. Letjen Suprapto No.26, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah, tempat wisata ini sangat unik dan menyenangkan. Lokasinya berdekatan dengan Gereja Blenduk sekitar 50 meter ke arah Barat.

Jika Anda sedang berlibur ke Kota Lama, di Semarang kini telah tersedia berbagai koleksi ilusi mata yang bisa Anda jadikan sebagai bahan berselfie alias narsis di Museum 3 Dimensi. Uniknya, museum ini juga menyediakan beraneka ragam gambar yang jika difoto akan terkesan sungguhan. Tempat ini memang sekilas hampir mirip dengan Alive Museum Ancol yang berada di Jakarta.

Anda perlu membayar harga tiket masuk berkisar Rp 40ribu per orangnya. Jam operasional objek wisata ini yaitu mulai dari pukul 10.00 – 22.00 WIB.

10. Kebun Teh Medini

Wisata Semarang Kebun Teh

Semarang juga memiliki perkebunan teh yang biasa disebut Kebun Teh Medini. Kebun ini terletak di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, tepatnya di perbukitan Pegunungan Ungaran. Pemandangan yang cantik dan suasana yang menyejukkan menjadikan objek wisata ini sangat cocok dikunjungi untuk aktivitas refreshing. Anda bisa berselfie ria di tengan perkebunan yang hijau. Selain itu, Anda juga bisa camping disekitar kebun teh.

11. Bantir Hills

Bantir Hils Semarang

Berikutnya, juga ada objek wisata alam terbaru di Semarang bernama Bantir Hills. Wisata Semarang satu ini menyediakan spot foto berlatar belakang perbukitan dan sedang populer di kalangan traveler muda. Anda juga bisa hunting foto keren lainnya dengan berlatar alam perbukitan dan juga pepohonan hijau.  Berlokasi di di Jalan Bantir, Desa Losari, Kec. Sumowono, Semarang, Jawa Tengah.

Bantir Hills ini memang sekilas hampir mirip dengan objek wisata baru di Kulonprogo Yogyakarta yang bernama Desa Wisata Kalibiru. Disini, Anda juga akan menjumpai rumah-rumah pohon untuk berfoto, Rencananya kawasana wisata ini akan dilengkapi dengan fasilitas menarik lain seperti spot sunset, jembatan pohon, gardu pandang, gazebo, gembok cinta, hingga area camping.

12. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco

Sumber: Dolanyok.com

Jika Jakarta memilik TMII atau Taman Mini Indonesia Indah, sama halnya dengan Semarang yang juga memiliki Puri Maerokoco. Berlokasi  di Jalan Yos Sudarso Semarang kurang lebih berjarak 5 Km dari Tugu Muda. Objek wisata ini menampilkan Jawa Tengah dalam versi kecil atau mini.

Disini, Anda bisa berkeliling melihat-lihat aneka rumah adat dan anjungan dari 35 kabupaten dan Kota Madya yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, di bagian dalam rumah adat sudah dilengkapi dengan berbagai hasil industri seperti kerajinan tangan yang diproduksi oleh tiap-tiap daerah.

Anda juga bisa menikmati fasilitas rekreasi air seperti perahu, sepeda air, dan lain sebagainya. Objek wisata ini juga menyediakan kereta bagi para pengunjung. Terdapat juga taman bunga, taman kaktus, apotek hidup, hingga taman burung, dan lain sebagainya.

Salah satu yang lagi populer di Puri Maerokoco ini adalah wisata mangrove-nya. Untuk bisa menikmati wisata ini, Anda perlu membayar tiket paket wisata sebesar Rp 15ribu saja. Sangat terjangkau bukan.

13. Wisata Lereng Kelir

Lereng kelir Semarang

Ada juga wisata Lereng Kelir yang merupakan salah satu objek wisata yang seringkali ramai pengunjung, terutama saat musim liburan tiba. Tempatnya sangat bagus buat dijadikan spot foto. Berlokasi di Desa Brangkol Kecamatan Jambu, Ambarawa, Semarang, Lereng Kelir atau Gunung Kelir.

Wisata ini juga menyediakan gardu pandang yang sedang hits digunakan untuk berfoto para traveler. Sekilas, objek wisata ini hampir sama dengan suasana di Tebing Keraton Bandung. Tak hanya gardu pandang, Anda juga bisa menikmati kerlap-kerlip lampu di malam hari. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sunrise yang indah dan pemandangan cantik di sekitar objek wisata.

Tak jarang juga, para pengunjung menjadikan tempat ini sebagai area camping. Bagi Anda yang berminat kemah di Puncak Lereng Kelir ini, sebaiknya perlu mempersiapkan perbekalan yang cukup sebelum naik ke puncak. Untuk tariff tiket masuk wisata Lereng Kelir ini dipatok harga sekitar Rp 5ribu saja ketika weekdays dan Rp 7ribu saat weekend.

14. Umbul Sidomukti

Wisata umbul sidomukti semarang

Berkunjung ke Semarang, tak afdol rasanya jika tidak singgah ke Umbul Sidomukti. Objek wisata yang satu ini adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang sangat menarik dijadikan destinasi liburan akhir pekan. Berlokasi tak jauh dari pusat kota Semarang, Umbul Sidomukti ini dapat Anda capai sekitar 1 jam dengan menggunakan sepeda motor atau pun mobil.

Adapun aktivitas yang bisa Anda lakukan selama di Umbul Sidomukti antara lain berenang di kolam dengan ketinggian 1.200 meter di bawah permukaan laut, bermain flying fox, camping, hingga duduk santai sembari menikmati kopi. Umbul Sidomukti ini memang terletak di dataran tinggi, sehingga wajar saja jika cuacanya cenderung lebih sejuk ketimbang di Semarang bawah.

15. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park

Sumber: ayodolan.net

Tak perlu berpergian jauh ke Trans Studio Bandung atau pun Dufan Ancol Jakarta, kini Semarang juga memiliki taman rekreasi keluarga terbaru yang tak kalah seru, bernama Saloka Theme Park. Terdapat 20 buah lebih wahana yang siap memacu adrenalin Anda sekeluarga.

Berlokasi di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah. Objek wisata ini buka mulai dari pukul 10.00 – 18.00 WIB (weekdays) dan 10.00 – 20.00 WIB (weekend). Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.120.000,- (weekdays) dan Rp.150.000,- (weekend). Tunggu apalagi, liburan ke Semarang dijamin bikin susah move on.

Leave a Reply