rute situ patenggang

Wisata Situ Patenggang, Harga Tiket Masuk dan Info Sebelum Berkunjung

Total
0
Shares

Situ Patenggang – Berada di Bandung akan terasa kurang jika belum mengunjungi beberapa lokasi wisata alamnya.

Di daerah bandung selatan ada beberapa wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata tervaforit di Bandung selatan salah satunya adalah wisata Situ Patenggang.

Tempat wisata yang terkenal akan indahnya alam Bandung ini, akan menyuguhkan pemandangan yang tak terlupakan dimulai dari di perjalanan hingga sampai ke lokasi.

Letaknya yang berada di dataran tinggi, anda bisa melihat beberapa pemandangan kebun teh yang hijau. Sehingga anda tidak akan dibuat bosan saat sedang di perjalanan bahkan akan ketagihan untuk datang kembali.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

Harga tiket situ patenggang
Sumber: hargatiket.net

Berkunjung ke sebuah tempat wisata, tidak akan komplit rasanya jika anda tidak mengetahui harga tiket masuk dari tempat tersebut.

Bagi beberapa orang mengetahui hal-hal dasar utama seperti harga tiket yang harus dibayarkan. Merupakan hal yang paling utama untuk meminimalisir kekurangan budget, dan bisa lebih tenang saat bermain:

Keterangan :

Senin – Jum’at

Wisatawan Lokal Rp.18.000/orang
Wisatawan Mancanegara Rp.135.000/orang

Sabtu – Minggu

Wisatawan Lokal Rp.20.500/orang
Wisatawan Mancanegara Rp.185.000/orang

Tarif Parkir

Roda 2 Rp.3.500
Roda 4 Rp.11.500
Bus/Truk Rp.22.000

Lokasi dan Rute Wisata Situ Patenggang

rute situ patenggang
Sumber: investor.id

Disaat anda berkunjung ke suatu tempat, alangkah baiknya jika mempelajari tentang lokasi dan rute dari tempat tersebut.

Hal ini akan mempermudah anda saat di perjalanan bahkan bisa meminimalisir waktu tempuh dalam perjalanan. Dengan mempelajarinya juga kita bisa memprediksi akan seberapa jauh dan apa saja hambatan yang ada di depan kita.

Untuk anda yang belum mengetahui arah dan jarak tempuh untuk menuju ke Wisata Situ Patenggang, perlu untuk anda ketahui bahwa wisata ini berada di Bandung bagian Selatan.

Tepat berada di dekat perkebunan teh Ciwalini, yang berjarak kurang lebih 5 KM dari wisata Kawah Putih. Sehingga anda tidak perlu dibuat khawatir dengan lokasinya yang berdekatan dengan tempat wisata lain.

Untuk lebih tepatnya tempat ini berada di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Ptengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Bahkan untuk anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi tidak perlu khawatir lagi. Saat ini jalan menuju tempat wisata ini bisa diakses oleh semua kalangan dengan menggunakan kendaraan umum.

Untuk menemukan lokasi dan rute yang tepat, anda bisa menggunakan bus dari Jakarta ke Bandung dari terminal manapun.

Pertama-tama carilah bus dengan jurusan Leuwi Panjang Bandung, setelah samai di terminal tujuan carilah mini bus dengan tujuan Ciwidey. Setelah ini anda hanya perlu untuk menunggu angkot yang mengarah tepat ke lokasi.

Untuk anda ketahui juga bahwa saat ini, untuk menempu sebuh lokasi tempat wisata alam dari Bandung Kota bisa memakan waktu sekitar 3-4 jam, hal ini biasanya akan lebih lama lagi saat dihari libur.

Dengan demikian antisipasi kebutuhan pokok diperjalanan, seperti makanan dan minuman sangatlah penting untuk di perhatikan.

Kunjungi Juga:

Daya Tarik Wisata Situ Patenggang

1. Nilai Sejarah

Batu Cinta Situ Patenggang
Sumber: javawisata.com

Dilihat dari sejarahnya, tempat ini memiliki legenda yang unik sehingga membuat orang penasaran untuk berkunjung.

Nama dari situ ini berasal dari kata “pateang-teang” yang diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “saling Mencari”.

Bahwa pada jaman dahulu ada dua orang titisan dewa bernama Raden Kian Santang dan Dewi Rengganis yang telah terpisah lama.

Sehingga pada akhirnya dengan ikatan cinta dan kasih sayang yang kuat, merka bisa mempertemukan satu sama lain di sebuah tempat, yang kini dinamai dengan Batu Cinta yang berada tepat di pinggiran situ.

Konon pulau yang kini berada di tengah situ memiliki sebuah kisah yang unik untuk diketahui, dan kini sudah banyak orang yang mengetahuinya.

Pada saat mereka bertemu, sang dewi memohon untuk dibuatkan sebuah danau beserta perahunya, yang kini perahu tersebut menjadi sebuah pulau di tengah Situ.

Ada beberapa orang yang memiliki keyakinan berbeda-beda. Sebagian dari mereka mempercayai cerita tersebut ada pula yang berfikir itu semua hanyalah sebuah cerita masyarakat.

Meski banyak orang yang memiliki stigma berbeda, hal ini tidak menurunkan pamor dari situs wisata di Bandung yang satu ini.

Bahkan Ciwidey sendiri tidak pernah sepi pengunjung, bahkan pada hari yang bukan merupakan hari berlibur.

Karena banyak dari kalangan masyarakat akan mementingkan keindahan alamnya, dibandingkan dari cerita rakyatnya itu sendiri.

2. Keanekaragaman Flora dan Fauna

Flora dan Fauna Situ Patenggang

Selain menjadi sebuah lokasi wisata, sekarang lokasi ini digunakan sebagai kawasan Cagar Alam bagi beberapa flora dan fauna di Bandung.

Kawasan ini telah dijadikan bagian dari Cagar Alam sejak lama, namun seiring berjalannya waktu dan betambahnya pengunjung, menjadikan tempat ini sebagai sebuah lokasi wisata alam sejak tahun 1981.

Untuk luas dari lokasi wisata ini sekitar 45.000 hektar, dengan berlokasi di Bandung bagian selatan sangatlah wajar jika tempat wisata ini memiliki lokasi yang luas.

Dengan berada di dataran tinggi mampu membuat lokasi ini memiliki keindahan yang tidak dimiliki oleh tempat lain. Bahkan bisa dibilang merupakan tempat yang cocok untuk pasangan kekasih.

Tidak ada salahnya jika anda memilih lokasi wisata yang satu ini, dengan pamornya yang tak akan pernah pudar. Apalagi jika dilihat dari nilai sejarah dan beragam aktifitas yang bisa anda lakukan disana.

Jika anda memang memilih berlibur ke tempat ini, kami sarankan untuk mencari hotel di dekat tempat wisata ini, dengan jarak yang agak jauh dari kota untuk meminimalisir waktu tempuh.

3. Rute yang Mudah Dijangkau


Dengan berada di kota wisata dan juga tempatnya yang sudah banyak dikenal oleh kalangan masyarakat, tidak akan sulit rasanya menemukan lokasi wisata yang satu ini.

Meskipun berada pada lokasi dataran tinggi, yang memungkinkan anda untuk kehilangan sedikit sinyal pada handphone anda, untuk mengakeses GPS tentunya ini bukanlah masalah yang besar untuk diatasi.

Saat anda menempuh perjalanan ke lokasi ini, anda hanya perlu menanyakan kepada warga setempat jika anda merasa kehilangan arah.

Tanpa melakukan hal tersebut pun anda sudah dapat menemukan lokasi tempat ini, dengan banyaknya petunjuk ara yang terpampang di pinggir jalan, sehingga anda tidak begitu perlu mengandalkan GPS.

Untuk anda yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, anda tidak perlu khawatir saat ini sudah banyak sekali alat transportasi umum yang bisa anda gunakan untuk sampai ke lokasi.

Biasanya para traveler yang menggunakan alat transportasi umum, mereka lebih memilih untuk menggunakan bus dari beberapa terminal di Bandung, khususnya dari terminal Leuwi Panjang.

4. Harga Terjangkau

Memilih lokasi wisata yang nyaman namun terjangkau biasa menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia.

Kebiasaan untuk membawa hampir seluruh keluarga untuk berwisata bersama, memang menjadi alasan tersendiri.

Hal ini memaksa beberapa lokasi wisata untuk menyuguhkan tempat yang menarik, namun dengan harga yang terjangkau.

Untuk tempat wisata yang satu ini, seperti yang telah dijelaskan diatas pada bagian harga tiket masuk anda sudah bisa menikmati fasilitasnya dengan harga yang murah.

Hal ini mampu menarik daya pikat masyarakat untuk datang ke lokasi, bahkan dalam kurun waktu yang singkat tempat ini mampu menjadi lokasi wisata dikalangan masyarakat modern.

Dengan harga yang terjangkau pula, anda hanya perlu memikirkan untuk membayar uang bensi kendaraan anda. Tanpa memikirkan besar atau kecilnya tiket masuk dan biaya parkir di lokasi.

Namun jika anda ingin berkunjung ke lokasi ini dengan harga yang cukup murah, kami sarankan untuk berkunjung tidak pada hari yang ramai atau di hari libur panjang.

Serunya lagi, sambil menikmati hari senja ditemani oleh cahaya matahari yang pas, anda bisa menikmati harga makanan yang cukup terjangkau.

Rata-rata makanan yang disediakan disini adalah menu makanan tradisional, seperti surabi, dan jagung bakar. Menu makanan ini sangat cocok untuk dinikmati ditengah udara dingin pegunungan Bandung, dengan harga yang cukup murah.

5. Spot Foto yang Menarik

Situ Patenggang
Sumber: airpaz.com

Hal terakhir yang menarik dan unik dari tempat wisata yang satu ini, anda bisa menemukan banyak sekali spot foto yang instagramable, dimulai dari yang terkeren hingga yang paling romantis sekalipun.

Yang pastinya anda tidak akan dibuat menyesal untuk berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini, dengan fasilitas menarik yang bisa anda dapatkan nantinya.

Sebelumnya pastikan untuk membawa kamera anda untuk mendapatkan hasil foto terbaik, dan jika anda tidak memiliki kamera anda tidak perlu merasa khawatir.

Disana sudah banyak tukang jasa foto yang akan menawarkan dirinya, terutama bagi para pasangan kekasih yang ingin mendapatkan hasil foto terbaik. Sebagai koleksi kenangan bersama kekasih.

Hal utama yang harus di perhatikan adalah perkiraan waktu untuk menempuh lokasi, dengan kondisi jalan yang macet akan menghambat waktu tempuh anda untuk mencapai lokasi.

Biasanya kemacetan akan semakin meningkat, terutama di kala musim liburan panjang dengan volume kendaraan yang meningkat. Maka mengantisipasi dengan memilih lokasi penginapan terdekat bisa menjadi pilihan.

Seperti yang telah dijelaskan, sebelum anda memutuskan untuk berkunjung ke sebua lokasi wisata wajib halnya untuk mengetahui lokasi dan rute. Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi ketika anda bermain bersama keluarga di Bandung.

Hal ini dilakukan agar dapat merasakan suasana berlibur yang lebih aman dan nyaman, selamat mencoba untuk menikmati indahnya alam di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like